Wednesday, October 28, 2015

Contoh Surat Keterangan Tidak Mampu KPS dari Kepala Sekolah

Contoh Surat Keterangan Tidak Mampu KPS dari Kepala Sekolah - Baru-baru ini kami SDN Tambaharjo melakukan usulan berupa lampiran pencairan BSM Tahap 3. Salah satu syaratnya adalah dengan membuat "Surat Keterangan Tidak Mampu KPS dari Kepala Sekolah".


PEMERINTAH KABUPATEN KEBUMEN

DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH RAGA
UPTD KECAMATAN ADIMULYO
SEKOLAH DASAR NEGERI TAMBAHARJO
Alamat : Desa Tambaharjo Rt. 01 Rw. 01 Kecamatan Adimulyo 54363


SURAT KETERANGAN
NOMOR : 800/143/2015


Yang bertanda tangan dibawah ini Kepala Sekolah Dasar Negeri Tambaharjo menerangkan:

Nama                               :   Aqila Hidayah
Tempat, tanggal lahir      :    Kebumen, 21 November 2001
Kelas                               :    I (satu)
NIS                                  :   4567
NISN                               :    0013341866
Nama Orang Tua            :    Samingin
No. Rekening                  :    20301170C010039Ai1

Bahwa anak tersebut di atas berasal dari keluarga tidak mampu yang mempunyai Kartu Jaminan Sosial (KPS) dan menerima bantuan Beasiswa Miskin dari pemerintah.

Demikian Surat Keterangan ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.


Tambaharjo, 22 Oktober 2015

Kepala Sekolah


..................................

NIP. ..............................

Contoh Surat Keterangan Tidak Mampu KPS dari Kepala Sekolah


Atau bisa download melalui link ini

Baca juga : Syarat Pencairan BSM/PIP Tahap IV dan V Tahun 2015

Jangan lupa untuk share artikel "Contoh Surat Keterangan Tidak Mampu KPS dari Kepala Sekolah" supaya dapat dimanfaatkan oleh banyak orang dan sekolah terima kasih atas kunjungannya.

Daftar Nominatif Peserta PLPG di Rayon 111 Universitas Negeri Yogyakarta

Daftar Nominatif Peserta PLPG di Rayon 111 Universitas Negeri Yogyakarta - PLPG di Rayon 111 Universitas Negeri Yogyakarta akan segera dilakukan, maka dari pada itu perlu adanya persiapan untuk menunjang Diklat yang akan dilaksanakan selama 10 hari. Peserta PLPG adalah guru yang telah terdaftar sebagai peserta PLPG tahun 2015 pada database konsorsium sertifikasi guru (ksg.dikti.go.id).


Daftar Nominatif Peserta PLPG di Rayon 111 Universitas Negeri Yogyakarta


PLPG diselenggarakan selama 10 hari dengan bobot 90 Jam Pelajaran (JP). PLPG akan dilaksanakan di lokasi-lokasi diklat di seputaran DIY yang telah me;akukan kontrak kerjasama dengan pihak panitia rayon 111 UNY. Semua peserta diharuskan menginap di lokasi PLPG. Registrasi peserta dilaksanakan di ruang sekretariat di setiap lokasi PLPG. Registrasi dilayani pada hari ke-1 mulai pukul 11.00 WlB.

Selama kegiatan PLPG, pakaian peserta ditentukan sbb :
Hari ke-1 & ke-2 = batikHari ke-3 & ke-4 = pakaian atas putih, bawah hitamHari ke-5 & ke-6 = baju dinas sekolah (pakaian dinas hari senin)Hari ke-7 & ke-8 = atas putih, bawah hitamHari ke-9              = baju batik.


Untuk kepertuan pencetakan sertifikat pendidik, peserta diwajibkan mengisi form verifikasi biodata peserta. Pelaksanaan verifikasi biodata peserta ditentukan oleh panitia lokasi.
Daftar Nominatif Peserta PLPG di Rayon 111 Universitas Negeri Yogyakarta

Kelengkapan vang dibawa peserta :
1. Surat tugas dari Kepata Dinas Pendidikan Kab./Kota atau Kepala Sekolah
2. Foto copy ljasah terakhir yang telah dilegatisir perguruan tinggi yang mengeluarkan.
3. Foto copy SK sebagai guru yang tetah diLegatisir (sk pertama sampai dengan sk terakhir).
4. Surat keterangan sehat dari dokter. Bagi peserta yang sedang hamil, harus menyertakan surat ijin dari suami.
5. Biodata. Contoh form biodata terlampir.
6. SPPD. Contoh SPPD terlampir.
7. Pas foto berwarna ukuran 3x4 = 2 lembar dan 4 x 6 = 1 lembar.
8. Obat-obatan pribadi.
9. Disarankan membawa laptop, buku guru, buku siswa dan perangkat tain yang relevan (SKL, standar isi, standar proses, standar penilaian, dan contoh RPP) sesuai kurikulum 2013. Khusus guru BK membawa buku yang terkait dengan BK, permendiknas no. 27 tahun 2008, program penyelenggaraan BK, contoh laporan pelaksanaan BK, contoh instrumen assesmen, dan media pembelajaran BK.
10.Untuk peserta PLPG yang berlokasi di Taman Eden 2 disarankan membawa jaket atau selimut tebat karena suhu udaranya retatif dingin di bawah rata-rata.
11. Pensil 28.

Untuk lebih lengkapnya, anda bisa download dibawah ini:

Terima kasih atas kunjungannya semoga bermanfaat, jangan lupa share artikel "Daftar Nominatif Peserta PLPG di Rayon 111 Universitas Negeri Yogyakarta".

Syarat Pencairan BSM/PIP Tahap IV dan V Tahun 2015

Syarat Pencairan BSM/PIP Tahap IV dan V Tahun 2015 - BSM/PIP pada tahap sebelumnya di SDN Tambaharjo belum dicairkan karena terkendala Manajemen Sekolah yang masih baru sehingga dipastikan akan mendapatkan beasiswa pada Tahap 2 sebanyak 50 anak tertunda. Namun dengan adanya Beasiswa diharapkan prestasi belajar siswa semakin mumpuni. Tidak hanya karena tercukupi dalam hal pendidikan namun juga dalam segi keuangan.

Pada Tahapan penerimaan Beasiswa PIP memiliki tahapan-tahapan pencairan yang disesuaikan dengan keadaan masing-masing Sekolah bahkan sampai ke jenjang SMA/K. Bukan hanya itu kelebihan dari BSM/PIP Tahun 2015 adalah dimudahkan dalam hal pencairannya. Pada akhir 2014 pencairan BSM dilakukan serentak di kantor-kantor UPTD Kecamatan padahal dari sekian banyak penerima BSM adalah memang dari keluarga tidak mampu sehingga pencairannya terkendala pada transportasi karena harus di ikuti orang tua/wali dan siswa menuju kantor UPTD Kecamatan beberapa kali untuk membuat rekening dan tanda tangan pemohon. Pada tahun 2015 ini pencairan BSM lebih mudah karena setiap siswa akan memiliki yang namanya rekening virtual. Rekening virtual biasanya diawali dengan nomor NPSN Sekolah tempat siswa belajar. Syarat Pencairan BSM/PIP Tahap IV dan V Tahun 2015

Langsung menuju topik bahwa pada bulan Oktober ini sebenarnya hanya ada 2 pencairan tahapan. Yaitu Tahap 4 dan Tahap 5, dari semua tahap SDN Tambaharjo hanya mendapatkan pada Tahap 2 itupun belum dicairkan karena kendala Manajemen Sekolah yang masih baru.
Syarat Pencairan BSM/PIP Tahap IV dan V Tahun 2015

Surat Kerjasama antara Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), TBK melalui perjanjian kerjasama:
Tahap IV dan VNomor: 674/C2/KU/2015 dan Nomor  : B.350-DIR/HBL.1/06/2015 pada tanggal 3 Juni 2015, tentang Penyaluran Dana BSM/PIP Sekolah Dasar tahun 2015.


Berkaitan   dengan  hal terse but kami  informasikan   sebagai  berikut  :
  1. lembaga  penyalur  BSM/PIPSD     tahun  2015  adalah  Bank  Rakyat  Indonesia   (BRI);
  2. Surat  Keputusan   (SK)  penerima   BSM/PIP-SD   Tahap  IV dan V kami  kirimkan   melalui  email  tim operator  BSM/PIP-SD    Dinas  Pendidikan   Kabupaten/Kota;
  3. 3. berkoordinasi     dengan   unit  cabang   BRI   terdekat    untuk   penyaluran    dana   BSM/PIP-SD
Tahap  IV dan V
Dana  BSM/PIP-SD    diambil langsung     oleh  siswa  penerima   bantuan  dengan  syarat  :
  • membawa  surat  keterangan   dari  kepala  sekolah;
  • membawa   fotocopy   raport  lembar  biodata;
  • KTP  orangtua/wali.
  • apabila   terjadi ketidaksesuaian       data,  siswa  meninggal    dunia,   siswa  keluar   sekolah,   dan siswa  belum  sekolah,   maka    tidak  ada   penggantian     nama    siswa    penerima     BSM/PIP SD,   dana   BSM/PIP-SD     tersebut  dikembalikan/disetor     ke kas  negara;
  • apabila  terdapat   siswa  terdaftar   sebagai   penerima   BSM/PIP   dua  kali  (data  ganda)   maka siswa  tersebut   hanya  dapat   mencairkan    dana  BSM/PIP    satu  kali.   Selanjutnya   kelebihan dana   BSMlPIP    dimaksud   dikembalikan/disetor     ke kas negara;
  • menginformasikan      ke   Unit   Pelaksana    Teknis   Daerah    (UPTD)    tempat    wilayah    tugas
Saudara  agar  segera  menginformasikan     ke sekolah  tempat  siswa  penerima   BSMIPIP-SD. Atas  perhatian  dan kerjasama   Saudara,   karni mengucapkan   terima  kasih.

Terima kasih atas kunjungannya pada artikel yang berjudul "Syarat Pencairan BSM/PIP Tahap IV dan V Tahun 2015" semoga bermanfaat, jangan lupa share yah.

Daftar Sekolah Pengimplementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di Jawa Tengah Tahun 2015

Daftar Sekolah Pengimplementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di Jawa Tengah Tahun 2015 - Kali ini saya akan berbagi info mengenai “Daftar Sekolah Pengimplementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di Jawa Tengah Tahun 2015”.


Apa itu MBS?

Di dalam suatu organisasi juga harus memiliki manajemen. Manajemen adalah sesuatu yang mendasari semua kegiatan dalam sebuah organisasi. Dengan adanya manajemen maka diharapkan organisasi dapat mencapai tujuan yang diinginkan dan dapat terjaga keseimbangan antara tujuan yang bertentangan dan dapat mencapai efisiensi dan efektifitas. Organisasi yang akan kita bahas kali ini adalah di dalam Sekolah yang menggunakan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS).

Menurut pendapat para ahli MBS adalah:1.    Nurkolis (2006:11) mengemukakan bahwa Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) adalah model pengelolaan sekolah dengan memberikan kewenangan yang lebih besar pada tingkat sekolah untuk mengelola sekolahnya sendiri secara langsung.2.    Mulyasa (2002), Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) merupakan suatu konsep yang menawarkan otonomi pada sekolah untuk menentukan kebijakan sekolah dalam rangka meningkatkan mutu, efisiensi, dan pemerataan pendidikan agar dapat mengakomodasi keinginan masyarakat setempat serta menjalin kerja sama yang erat antara sekolah masyarakat dan pemerintah.3.    Sudarwan Danim (2005) MBS dapat didefinisikan sebagai suatu proses kerja komunitas sekolah dengan cara menerapkan kaidah-kaidah, otonomi, akuntabilitas, partisipasi, dan sustainabilitas untuk mencapai tujuan penddikan dan pembelajaran secara bermutu. (kompasiana.com)
Daftar Sekolah Pengimplementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di Jawa Tengah Tahun 2015

Dapat disimpulkan bahwa Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) adalah proses kerja komunitas sekolah yang memberikan kewenangan lebih besar pada sekolah dalam rangka mutu pendidikan, efisiensi, pemerataan agar supaya lebih baik dan lebih memadai sehingga dapat mengakomodasi keinginan masyarakat setempat serta dapat menjalin kerjasama yang erat antara sekolah, masyarakat dan pemerintah. Daftar Sekolah Pengimplementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di Jawa Tengah Tahun 2015

Tujuan Sekolah mengadakan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) adalah untuk mendongkrak prestasi belajar siswa selain sebagai pemberdayaan sekolah. MBS berhasil jika sekolah sudah dikelola dengan baik sementara prestasi belajar bukan efek tujuan utama diadakannya MBS.

Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di Sekolah akan berjalan baik apabila komunitas sekolah juga ikut berpartisipasi. Yang dimaksud dengan Komunitas Sekolah disini adalah mencakup Kepala Sekolah, Guru, dan Komite Sekolah. Masing-masing Komunitas Sekolah juga harus memiliki rasa tanggung jawab dan tugas pokok sesuai dengan fungsinya.

Dengan di adakannya Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) pekerjaan akan semakin mudah. Komunitas juga tidak disuruh bekerja berat sesuai peraturan namun mereka bekerja dengan efektif dan efisien dan niat yang ikhlas. Dengan cara seperti itu maka Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dipastikan berjalan mudah dan lancar.

Daftar Sekolah Pengimplementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di Jawa Tengah Tahun 2015:
Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah akan menyelenggarakan kegiatan Workshop Implementasi MBS Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2015, berikut diinformasikan tentang :
  • Format Permintaan Data Daftar Sekolah Pengimplementasi MBS Jenjang SD dan SMP di Jawa Tengah Tahun 2015, dapat diunduh di sini.

Untuk lebih mudahnya anda dalam pengadaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) maka kami lampirkan "Instrumen Penilaian Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)" merupakan instrumen yang dapat digunakan sebagai alat ukur keterlaksanaan atau implementasi MBS di sekolah dasar (SD). 
 Lampiran 2013 UNICEF Instrumen 01 Komponen Kurikulum & Pembelajaran.pdf 2013 UNICEF Instrumen 02 Komponen Peserta Didik.pdf 2013 UNICEF Instrumen 03 Komponen PTK.pdf 2013 UNICEF Instrumen 04 Komponen Sarpras.pdf 2013 UNICEF Instrumen 05 Komponen Pembiayaan.pdf 2013 UNICEF Instrumen 06 Komponen Humas.pdf 2013 UNICEF Instrumen 07 Komponen Budaya & Lingkungan.pdf

Daftar Pustaka
Mulyasa. 2002. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurkolis. 2006. Manajemen berbasis Sekolah. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Sudarwan Danim. 2005. Visi Baru Manajemen Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.


Sekian artikel yang berjudul "Daftar Sekolah Pengimplementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di Jawa Tengah Tahun 2015" terima kasih atas kunjungannya semoga bermanfaat.

Saturday, October 24, 2015

Download Berkas Usulan Pencairan Triwulan 3 Tunjangan Sertifikasi 2015

Download Berkas Usulan Pencairan Triwulan 3 Tunjangan Sertifikasi 2015 - Kali ini saya akan membagikan mengenai Tunjangan Sertifikasi pada tahap 3 sesuai dengan jadwal Bulan Juli - September 2015. Pencairan Tunjangan Sertifikasi pada Triwulan 3 kali ini sedikit rumit namun menguntungkan, karena selain harus mengumpulkan banyak data juga akan ada rapelan jika pada Tri 1 dan Tri 2 ada kekurangan gaji pokok atau kekurangan rapelan.

Download Berkas Usulan Pencairan Triwulan 3 Tunjangan Sertifikasi 2015


Berikut berkas usulan pencairan Triwulan 3:
1. Daftar hadir bulan juli s.d september (untuk Triwulan 3)
2. Daftar hadir bulan januari s.d september (untuk Triwulan 1, 2 & 3) (rapel)
3. Surat pertangungjawaban mutlak
4. Daftar nominatif (ttd ks dan pengawas dabin)
5. Jilid jadi satu per uptd/sub rayon untuk smp dan smk, sementara sama oleh mkks
6. Dibuat rangkap 2 (dua)
7. Warna untuk TK kuning, SD merah, SMP hijau, SMK biru, dan SMA putih.
8. Dikumpulkan pada tanggal 26 oktober 2015 di aula dinas dikpora kab. Kebumen pkl 08.30 wib sd selesai.

9. Jika ada perbuhan gaji mohon untuk melampirkan sk pangkat terakhir yang dimiliki sebelum 01 januari 2015, dan melampirkan fc buku rekening jika ada perubahan rekening.

Download Kelengkapan Persyaratan:
1. SK Tunjangan Sertifikasi Triwulan III Jawa Tengah (jika membutuhkan cari saya di facebook Koko Jayuz dan sertakan NUPTK/Peg. ID anda jika ingin mendownload karena bersifat rahasia)

Terima kasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat pada artikel yang berjudul "Download Berkas Usulan Pencairan Triwulan 3 Tunjangan Sertifikasi 2015".

Kunci Jawaban Soal UAS I Bahasa Jawa Kelas VI SD Semester 1 TA 2015/2016

Kunci Jawaban Soal UAS I Bahasa Jawa Kelas VI SD Semester 1 TA 2015/2016 - Sebentar lagi kita akan menghadapi Ujian Akhir Sekolah untuk Semester 1 pada Tahun Pelajaran 2015/2016. Untuk itu kami akan berbagi mengenai "Kunci Jawaban Soal Bahasa Jawa untuk Kelas 6 SD" dan juga akan kami lengkapi dengan "Soal Bahasa Jawa Kelas 6 SD pada UAS I TA 2015/2016".

Kunci Jawaban Soal UTS I Bahasa Jawa Kelas VI SD Semester 1 TA 2015/2016



I.
1.
a
6.
b
11.
b
16.
b
21.
d
2.
b
7.
a
12.
d
17.
a
22.
d
3.
c
8.
b
13.
d
18.
a
23.
c
4.
d
9.
c
14.
c
19.
c
24.
c
5.
a
10.
d
15.
c
20.
b
25.
d

II.
26.
Madukara
27.
nitih
28.
adus
29.
Raden Janaka
30.
Prabu Kresna
31.
pitutur kang becik
32.
becik lan santun
33.
ktitikan
34.
fabel
35.
ketara


III.
36.
a.    Puntadewa

b.    Werkudara

c.    Arjuna

d.    Nakula

e.    Sadewa


37.
?su/tilgimsk\.




38.
·         ditulis kanthi basa kang becik lan santun

·         ditulis kanthi basa kang cetha.

·         ditulis kanthi runtut lan komplit.


39.
a.    tela

b.    budin

c.    gembili

d.    uwi

e.    kenthang

(kebijakan guru)


40.
Bapak kondur saking kantor jam gangsal sonten.

Persekoran :
I.   Setiap butir jawaban benar X 1 = 25 X 1 = 25
II.   Setiap butir jawaban benar X 2 = 10 X 2 = 20
III.  Setiap butir jawaban benar X 3 =   5 X 3 = 15
                                                                                       +
      Jumlah sekor maksimal                              = 60
           
Nilai Akhir :
Jumlah skor perolehan
X 100 = 60/60  X 100 = 100
Jumlah skor maksimal


Baca juga : Soal UAS I Bahasa Jawa Kelas VI SD Semester 1 TA 2015/2016



Terima kasih sudah berkunjung pada artikel yang berjudul "Kunci Jawaban Soal UAS I Bahasa Jawa Kelas VI SD Semester 1 TA 2015/2016" semoga bermanfaat

Soal UAS I Bahasa Jawa Kelas VI SD Semester 1 TA 2015/2016

Soal UAS I Bahasa Jawa Kelas VI SD Semester 1 TA 2015/2016 - Sebentar lagi kita akan menghadapi Ujian Akhir Sekolah untuk Semester 1 pada Tahun Pelajaran 2015/2016. Untuk itu kami akan berbagi mengenai "Soal Bahasa Jawa untuk Kelas 6 SD" dan juga akan kami lengkapi dengan "Kunci Jawaban Soal Bahasa Jawa Kelas 6 SD pada UAS I TA 2015/2016".

Soal UTS I Bahasa Jawa Kelas VI SD Semester 1 TA 2015/2016


I. Wenehana tanda ping (x) ana ing aksara a, b, c, utawa d sangarepe jawaban kang trep !

Wacana kanggo pitakon no 1-5
Raden Janaka
Jenengan liyane Raden Janaka antara liya : Arjuna, Permadi, Pamade, Kombang Ali-ali lan isih akeh maneh. Dheweke iku Pandhawa sing nomer telu. Amarga Pandhawa iku ana lima lan Janaka iku nomer telu, mula dheweke uga disebut panengah Pandhawa.
Janaka iku pinter manah, sekti, lan uga pinter perang. Senajan awake cilik lan sawangane tumindake nglemer, nanging sejatine trengginas lan trampil, saben perang mesti menang. Gamane antarane keris pulanggeni lan panah pasopati. Dheweke uga duwe aji panglimunan sing bisa ngilang.

1. Jenengan liya Raden Janaka yaiku ....
a. Arjuna c. Puntadewa
b. Bimasena d. Antareja

2. Pandhawa iku cacahe ana ....
a. 6 c. 4
b. 5 d. 3

3. Panengah Pandhawa iku jenenge ....
a. Puntadewa c. Janaka
b. Werkudara d. Nakula

4. Kapinteran Raden Arjuna yaiku ....
a. prigel ngolahake gada c. duwe kuku pancanaka
b. trampil ing d. pinter manah

5. Pusakane Raden Arjuna yaiku ....
a. Panah Pasopati c. Ketug Lindu
b. Gadha Ruakpolo d. Kuku Pancanaka

6. Bu Guru ... amarga murid-murid padha rame.
a. nesu         c. ngomel
b. duka    d. muni-muni

Pelapuran Hasil Pengamatan1. Sing diamati : Tim Basket SD Budi Mulya Kebumen
2. Pelatih : Bapak Sabar
3. Pemain : 1. Falih (Kapten) nomor dhadha 3
2. Danang nomor dhadha 5
3. Dhani nomor dhadha 6
4. Nanang nomor dhadha 8
5. Galih (cadangan) nomor dhadha 10
6. Fendi nomor dhadha 7
4. Latihan : Selasa lan Setu
5. Kahanan tim : Kompak, pinter-pinter lan sregep
6. Prestasi : Juara 1 tingkat kabupaten, juara 2 tingkat propinsi.

7. Kang diamati miturut wacana ing dhuwur yaiuku ....
a. tim basket SD Budi Mulya Kebumen
b. tim voli SD Nusa Taruna Cilacap
c. tim basket SD Nusa Dua Semarang
d. tim voli SD Budi Mulya Kebumen

8. ?kf=tnilgia=gruswh.
 Tulisan jawa ing dhuwur diwaca .... 
a. Kadang tani saweg nggaru lemah.
b. Kadang tani lagi hanggaru sawah.
c. Kadang tani agi hanggaru lemah.
d. Kadang tani agi nggaru sawah.

Wacana pethilan crita iki kanggo wangsulan pitakon nomor 9-10.
Nonton Badminton
Gandung lagi nonton pertandingan badminton ing TV. Sing main Taufik Hidayat musuh Lin Dan saka negara Cina. Pertandingan mau dianakake ing Indonesia, ngrebutake Piala Sudirman.
9. Irah-irahan wacana ing dhuwur yaiku ....
a. Pertandingan tenis
b. Pertandinga bulu tangkis
c. Nonton Badminton
d. Nonton bal-balan

10. Pertandingan badminton kuwi ngrebutake piala ....
a. Ahmad Yani c. Sudarman
b. Supratman d. Sudirman

11. Umahku karo sekolahan dohe udakara 500 m. Tembung udakara pada tegese ....
a. dawane c. adohe
b. kira-kira d. yen diukur

12. Pak Bardi pegaweane nebang kayu ing alas, mula diarani ....
a. blantik c. pekathik
b. cantrik d. blandhong

13. Dadi bocah aja seneng colong ..., mundhak ora duwe kanca.
a. colonan c. maling
b. njaluk d. njupuk

14. Dedege dhuwur kencur tegese ....
a. dhuwur banget c. cendhek banget
b. dhuwur cendhek d. cendhek dhuwur

15. Senajan wong liya, yen ana usahane melu ngrasakake. Ukara ing dhuwur yen diparibasake ...
a. Durung ilang puput lempuyange.
b. Dudu beras ditempurake.
c. Dudu sanak dudu kadang, yen mati melu kelangan.
d. Dom sumurup ing banyu.

16. Pak Jono wungu sare ....
a. Pak Jono lagi turu. c. Pak Jono mapan turu.
b. Pak Jono tangi turu. d. Pak Jono nembe turu.

17. Abang kupinge, tegese ....
a. nesu c. seneng
b. loro d. sedih

18. Yen ora bisa, aja (pinter). Tembung ing jero kurung kudune ....
a. kuminter c. pinter-pinteran
b. dipinteri d. minterake

19. Pak Guru durung rawuh, aku wis ....
a. tindak c. teka
b. kondur d. wangsul

20. Pak Guru : “Kenangapa kowe wingi ora mangkat sekolah, Na ?”
Nana : “ ....”
Pak Guru : “Saiki bapakmu ing endi ?”
Nana : “Wonten griyo sakit”.
Wangsulan Nana ....
a. Bapak badhe gerah. c. Bapak sampun gerah.
b. Bapak saweg gerah. d. Bapak ketingalipun gerah.

21. Watak drengki srei, jail ... kudu disingkirake saka ati.
a. ngeyel c. jawil
b. cethil d. methakil

22. ?s/tinitukugequk\.
Tulisan jawa ing dhuwur diwaca .... 
a. Parti tuku gule. c. Sarti tuku gule.
b. Partini tuku gethuk. d. Sartini tuku gethuk.

23. Bapak ora mihak marang Bambang lan Maman.
Jejer ukara ing dhuwur yaiuku ....
a. Maman lan Bambang c. Bapak
b. Maman d. Bambang

24. Buku diwaos mbah kakung.
Diowah dai ukara tanduk yaiku ....
a. Mbah kakung maca buku. c. Mbah kakung maos buku.
b. Bukune mbah kakung diwaos. d. Waosane mbah kakung buku.

25. Piweling utawa pesen kang ana ing crita, diarani ....
a. tema c. watak
b. alur d. amanat

II. Isenana ceceg-ceceg ing ngisor iki nganggo tembung-tembung kang mathuk!
26. Raden Janaka satria ing ....
27. Bapak kondur saking Semarang ... sepedha motor.
28. Ibu sampun siram, Tini wis ....
29. Keris Pulanggeni iku gamane ....
30. Sing dadi kusire Arjuna ing perang Baratayuda jenenge ...
31. ?pitutu/k=becik\.
Tulisan jawa ing dhuwur iku wacane .... 
32. Nulis laporan panaliten iku nggunakake basa kang ....
33. Manawa ora sarujuk tumrap perkara kang diandharake wong lia awake dhewe bisa ngajoakake tanggapan kang awujud ....
34. Cerita Kancil lan Keong iku klebu jenise cerita ....
35. Becik ketitik ala ....

III. Wangsulana pitakon-pitakon ing ngisor iki kanthi bener!
36. Aranana sapa bae kang kalebu pandhawa !
Jawab : ...........................................................................................................
...........................................................................................................
37. Tulisen nganggo aksara jawa ukara ing ngisor iki !
Surti lagi masak.
Jawab : ...........................................................................................................
...........................................................................................................
38. Apa wae syarat-syarate kanggo nulis laporan kang becik ?
Jawab : ...........................................................................................................
...........................................................................................................
39. Tulisen 3 bae tanduran kang kalebu pala kependhem !
Jawab : ...........................................................................................................
...........................................................................................................
40. Bapak mulih saka kantor jam lima sore.
Ukara ing dhuwur iku gantinen nganggo basa krama alus !
Jawab : ...........................................................................................................
...........................................................................................................


Baca juga : Kunci Jawaban Soal UAS I Bahasa Jawa Kelas VI SD Semester 1 TA 2015/2016



Terima kasih sudah berkunjung pada artikel yang berjudul "Soal UAS I Bahasa Jawa Kelas VI SD Semester 1 TA 2015/2016" semoga bermanfaat
◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Wong Ndelok

BBM Contact

Copyright 2013 SD Negeri Tambaharjo: October 2015 Template by Desa. Powered by Blogger