Sunday, November 29, 2015

Download Data Peserta UN SD dan SMP Tahun 2015/2016

Sudah lama saya vakum dari blog ini, bukannya tidak mau mengisi artikel yang saya ketik sendiri, namun sedang banyak tugas di luar sehingga saya tidak bisa update rutin, mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada teman saya yang ada di Sulawesi Tengah karena memesan artikel mengenai Peserta UN jenjang SMP.

Ujian Nasional bagi Sekolah pada jenjang masing-masing masih belum ditentukan namun menurut Kalender Pendidikan akan dilaksanakan pada Bulan Mei 2016.

Persiapan sudah dilakukan terutama bagi Siswa-Siswi tingkat SMA/MK yang beberapa waktu yang lalu suda melakukan Tes Uji Coba (TUC) untuk tahap 1. Jenjang Sekolah Dasar biasanya melakukan TUC pada akhir bulan Desember setelah melakukan Tes Akhir Semester 1 yang menurut kalender pertengahan Bulan Desember.

Untuk itu saya akan memberikan tutorial mengenai "Download Data Peserta UN SD dan SMP Tahun 2015/2016" agar dapat di download sehingga mudah untuk di cek/validasi sehingga nantinya data peserta UN semua jenjang tidak ada kekeliruan.

Terkadang sudah berkali-kali kita cek ternyata juga masih ada saja yang salah, apa karena kelelahan atau karena kurang teliti, ada baiknya memang harus dilakukan sejak awal walopun dalam perintah sampai tanggal 31 Desember 2015.

Saya sendiri belum melihat Juknis yang dikeluarkan oleh Kemendikbud tentang Ujian Nasional tahun 2015/2016. Tapi saya mendengar bahwa Pendaftaran Calon Peserta Ujian Nasional dilakukan melalui Aplikasi Dapodik pada jenjang pendidikan masing-masing.

Pada jenjang Pendidikan di SDN Tambaharjo khususnya siswa-siswi kelas 6 harus benar-benar teliti jangan sampai ada kesalahan dan kekeliruan karena jika sampai sudah menjadi ijazah maka akan menjadi masalah seumur-umur. Seperti yang dialami oleh salah satu Guru kami yang baru saja menyelesaikan Studi S1 nya, karena kesalahan Tempat lahir maka ijazah sudah tidak bisa dicetak lagi lalu ditambahkan hanya Surat Keterangan kesalahan Tempat Lahir. Tentunya anda tidak mau kan jika hal itu terjadi pada siswa-siswi anda, diri anda sendiri, dan orang lain.

Solusi jika data peserta anda tidak valid bisa diperbaiki melalui Aplikasi Dapodik Versi terbaru yaitu 401, saya belum edit tapi sudah ganti menjadi 402, tapi jangan khawatir karena Versi 402 justru malah sudah terbuka semuanya termasuk NUPTK masing-masing PTK. Segera lakukan Upgrade versi terbaru di Aplikasi Dapodik anda supaya jangan ketinggalan berita.

Namun jika sudah tidak bisa/expired mau tidak mau harus menggunakan Verval Dapodik, misal mengajukan Nama/TTL/lainnya yang berhubungan dengan calon peserta UN untuk semua jenjang.

Untuk mengetahui bahwa di VervalPD tidak ada masalah, cek di http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id pada menu Residu dan Konfirmasi usahakan sudah tidak ada daftar siswa, namun jika masih ada kemungkinan akan menyebabkan masalah dan segera harus diselesaikan dengan cara melakukan konfirmasi data.

Pastikan bahwa data anda pada VervalPD dan di Aplikasi Dapodik sudah benar sehingga anda dapat melakukan "Download Data Peserta UN SD dan SMP Tahun 2015/2016" dengan cara sebagai berikut:
2. Maka akan muncul seperti dibawah ini

3. Anda bisa melakukan login dengan menggunakan email dan password untuk login di Aplikasi Dapodik namun juga ada alternatif lainnya yaitu dengan memasukkan "KODE REGISTRASI".

4. Muncul Beranda yang berisi Informasi Operator Sekolah kalau mau melengkapi tinggal klik edit saja

5. Jika ingin melihat calon peserta klik Menu Calon Peserta UN disebelah kiri selanjutnya pada tabel sebelah kanan maka akan ditampilkan data siswa kelas VI di Sekolah anda masing-masing. Silahkan cek satu persatu apakah sudah benar data calon peserta UN pada sekolah anda. Supaya mudah dalam pengecekan data calon peserta UN silahkan melakukan download pada daftar peserta Ujian Nasional dengan cara mengklik Menu Unduh Peserta UN. Pada kolom Calon Peserta UN jika muncul tulisan merah berarti data kelengkapan siswa anda belum benar masih ada kekurangan segera lakukan syncronisasi dan menambahkan kekurangan data pada Calon Peserta UN.


6. Sebelum anda melakukan download sebaiknya anda mengatur urutan kursi, jika belum maka daftar peserta tidak akan bisa di download, caranya dengan meng klik menu Pengaturan No Kursi seperti dibawah ini. Untuk melakukan pengaturan urutan kursi bisa dengan melakukan double klik pada kolom Nama Urut Rombel sehingga akan muncul secara otomatis List Number berdasarkan urutan kelas misal 1,2,3,dst.

7. Jika sudah benar semua klik Simpan, lalu anda bisa mendownload data Calon Peserta UN.

Mungkin itu saja yang dapat saya bagikan informasinya mengenai "Download Data Peserta UN SD dan SMP Tahun 2015/2016" semoga bermanfaat, dan jangan lupa share yah artikel ini jika bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya.

Thursday, November 5, 2015

Cek Langsung Estimasi Hak Pensiun & THT Anda Saat Ini

Cek Langsung Estimasi Hak Pensiun & THT Anda Saat Ini - Tentunya membaca kata TASPEN
Akan teringat dengan Dana Pensiunan. Dana Pensiunan Pribadi anda sebagai PNS atau pekerja pada sebuah Perusahaan juga mendapatkan yang namanya TASPEN.

Cek Langsung Estimasi Hak Pensiun & THT Anda Saat Ini


PT TASPEN (Persero) atau Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak pada bidang asuransi tabungan hari tua dan dana pension bagi PNS.

Jadi TASPEN adalah suatu program yang dibentuk untuk memberikan jaminan hari tua bagi PNS ketika sudah memasuki usia pension sebagai penghargaan jasa-jasanya selama mengabdi sebagai PNS yang ditetapkan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1969 tentang pemberian pensiun PNS dan Pensiun Janda/Duda PNS.

Sasaran dan Tujuan TASPEN

Menurut pasal 1 ayat 44 No 25 Tahun 1981 bahwa dana pensiun adalah penghasilan yang diterima oleh pensiunan setiap bulan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Selanjutnya sebagai syarat yang harus dipenuhi oleh pegawai untuk memperoleh hak pensiun penuh adalah sebagai berikut:
1.    Telah mencapai usia pensiun
2.    Memiliki masa kerja yang cukup untuk pensiun
3.    Telah diberhentikan dengan hormat

Selanjutnya pada Pasal 10 PP No 25 Tahun 1981 disebutkan tentang PNS yang berhak mendapatkan pensiunan adalah:
1.    Peserta atau PNS
2.    Janda/Duda penerima pensiunan
3.    Yatim/Piatu dari peserta dan yatim/piatu dari penerima pensiunan
4.    Orang tua dari peserta yang tewas yang tidak meninggalkan janda/duda/anak yatim piatu yang berhak menerima pensiunan

Bagi anda yang penasaran dengan Estimasi penerimaan dari TASPEN, bisa langsung di cek Estimasi Hak Pensiun anda sesuai masa kerja dan pangkat jabatan dengan cara dibawah ini:
1. Login dengan memasukkan link ini http://e-klim.taspen.com/eklim/estimasi/index.php
2. Jika sudah akan muncul seperti gambar, yang perlu anda lakukan hanya memasukkan NIP lama berjumlah 9 digit/no KPE tanpa spasi ke dalam kolom yang disediakan, misal seperti dibawah ini klik LOGIN

3. Dapat dilihat jika sudah pensiun pada akun PNS dibawah ini mencapai total yang dahsyat karena hampir 66 juta lebih dengan TMT 1980.

4. Anda juga bisa cek Data Keluarga mulai dari Suami/Istri, Anak Pertama, Anak Kedua.

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel yang berjudul "Cek Langsung Estimasi Hak Pensiun & THT Anda Saat Ini" semoga bermanfaat.

Jadwal TRY OUT Ujian Kompetensi Guru (UKG) Tahun 2015

Jadwal TRY OUT Ujian Kompetensi Guru (UKG) Tahun 2015 - Ternyata sambil menyelam minum air, itu kata pepatah yang diutarakan pada judul artikel kali ini. Berbicara mengenai UKG 2015 banyak sekali orang mempersiapkan sekaligus mempertanyakan manfaat dilaksanakannya UKG bagi guru. Sebagian menyatakan UKG untuk Kompetensi Guru dan sebagian lagi untuk penyaringan Sertifikasi.

Jadwal TRY OUT Ujian Kompetensi Guru (UKG) Tahun 2015


Awal saya membuka facebook, dan menemukan artikel yang menarik mengenai Jadwal TRY OUT Ujian Kompetensi Guru (UKG) Tahun 2015 dan saya mencoba akan membagikan artikel ini kepada pengguna internet bahwa untuk Try Out UKG Tahun 2015 hanya dilakukan oleh Kota Administrasi Jakarta Barat. Adapun jadwal Try Out bagi Guru sebagai berikut:

Jumat, 06 November 2015
SMA 07.00 s/d 12.00
SMK 13.00 s/d 18.00

Sabtu, 07 November 2015
SD 07.00 s/d 12.00
SMP 13.00 s/d 18.00


Informasi saya himpun dari Panduan Try Out UKG

Informasi Peserta :
1. Try Out dapat dilaksanakan dimana saja, dapat dilakukan selama anda memiliki koneksi internet.
2. Pastikan koneksi internet anda stabil selama mengikuti Try Out.
3. Pastikan jadual Try Out Anda, sebelum melakukan login kedalam sistem
4. Dalam jangka waktu jadual Try Out , Anda dapat melakukan lebih dari 1 x.
5. Hasil Analisa Jawaban Try Out hanya dapat Anda lihat pada 1 kali sesi login.
6. Apabila pada saat Try Out koneksi anda terputus / menutup browser, hasil yang anda kerjakan tidak dapat dilihat selain oleh operator Try Out UKG. Silahkan mengulangi kembali
7. Anda dapat menghubungi operator pelaksanaan Try Out, sesuai dengan Surat Edaran yang berikan.

Jika anda sudah melakukan registrasi maka silahkan masukkan sesuai dengan petunjuk pada gambar di bawah ini.
 Jika anda belum pernah melakukan registrasi, lakukan registrasi dengan cara klik registrasi lalu masukkan sesuai petunjuk pada gambar di bawah ini
Penjelasan mengenai tampilan pada laman UKG saat anda sudah memasuki tahap login, perlu dipahami bahwa keterangan pada gambar dibawah ini wajib kita perhatikan karena jika sampai salah kemungkinan data nilai anda juga mempengaruhi.


Saya ulangi lagi bahwa Try Out hanya khusus untuk wilayah Jakarta Barat, untuk lainnya belum tahu tapi yang jelas pasti akan ada dan menyusul karena sebentar lagi akan diadakan UKG Tahun 2015 disetiap Kabupaten dan Provinsi pada semua jenjang Pendidikan baik SD, SMP, SMA/K diseluruh Indonesia.

Terima kasih sudah berkunjung semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel Jadwal TRY OUT Ujian Kompetensi Guru (UKG) Tahun 2015.

Sunday, November 1, 2015

Langkah-langkah dan Cara Mengerjakan Soal UKG Tahun 2015

Langkah-langkah dan Cara Mengerjakan Soal UKG di Tahun 2015 - Tempat Uji Kompetensi (TUK) sudah banyak muncul termasuk saat anda memiliki Kartu Uji Kompetensi Guru yang dikeluarkan oleh Dinas Kabupaten Pendidikan di tempat masing-masing. Jika sudah memiliki Kartu UKG maka anda sudah pasti memiliki Nomor UKG dan Validasi.

Langkah-langkah dan Cara Mengerjakan Soal UKG di TUK Tahun 2015


Sedikit catatan untuk anda yang akan melaksanakan UKG agar saat melaksanakan UKG tidak kewalahan, berikut Langkah-langkah dan Cara Mengerjakan Soal UKG Tahun 2015 :
1. Masukkan 16 Digit ID Ujian, dan 14 digit kode Validasi (Ralat yang benar menjadi 12 Digit ID Ujian dan 10 digit kode Validasi) (Terdapat di Kartu Ujian) untuk memulai ujian lihat pada tampilan dibawah ini

2. Muncul pilih ujian/Uji Coba. UKG tahun ini semua peserta wajib dan otomatis harus mengikuti uji coba terlebih dahulu. Setelah melakukan uji coba secara otomatis maka akan log out (keluar). Lakukan login lagi seperti cara yang pertama. Barulah kita bisa melakukan mengklik ikut ujian

3. Pilihan-pilihan jawaban tersebut pada sisi kanan dan perhatikan waktu yang tersedia untuk mengerjakan, jangan lupa lihat navigasi keterangan serta dicermati.

4. Pastikan mengetahui fungsi tombol pilihan dalam proses menjawab agar mudah nantinya saat melakukan dan mengerjakan soal UKG. Jika sudah selesai gunakan navigasi tombol kirim, yakinlah terlebih dahulu sebelum mengirim jawaban.

5. Jika anda sudah yakin maka akan muncul pilihan konfirmasi akhir bahwa telah melaksanakan ujian, selanjutnya maka akan muncul nilai yang diperoleh peserta.

Keterangan:
a. Tampilan balok bernomor di sebelah kanan monitor merupakan jumlah soal yang diujikan. Jika berwarna merah berarti belum melakukan pilihan pada soal nomor ujian tersebut, jika berwarna hijau berarti sudah dijawab.
Peserta bisa langsung memiliki soal nomor berapa dulu yang akan dikerjakan dengan cara melakukan klik pada nomor yang akan dikerjakan pada balok nomor yang tertuju.
b. Peserta bisa memilih jawaban dengan cara mengklik pointer atau menggunakan keyboar dengan cara menekan (A, B, C, D) dan spasi pada keyboard dengan maju ke soal berikutnya.
c. Jawaban yang dipilih akan berkedip warna merah
d. Manfaatkan waktu dengan bijak dan sebaik-baiknya


Baca jugaKartu Peserta UKG Dikdas Kabupaten Kebumen 2015


Jangan lupa untuk share artikel ini yang berjudul "Langkah-langkah dan Cara Mengerjakan Soal UKG Tahun 2015" semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.

Kartu Peserta UKG Dikdas Kabupaten Kebumen 2015

Kartu Peserta UKG Dikdas Kabupaten Kebumen 2015 - Pelaksanaan UKG Tahun 2015 sebentar lagi akan dimulai, oleh karena itu bagi guru PNS wajib mengikuti untuk memudahkan Pemerintah dalam memetakan guru yang berprestasi dan guru yang banyak prestasi.

Kartu Peserta UKG Dikdas Kabupaten Kebumen 2015


Berikut kami kirimkan Kartu peserta UKG SD dan SMP Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kebumen, Adapun Tempat, Tanggal dan Jam Pelaksanaan ada di dalam Kartu Peserta di setiap TUK, untuk pencarian Kartu Peserta silahkan cari TUK terdekat di wilayah masing-masing. Adapun kalau ada revisi, maka yang di pakai adalah data perubahaan terakhir.

Download Kartu Peserta UKG Dikdas Kabupaten Kebumen Tahun 2015 disini (dihapus)
Download Juklak Pedoman Pelaksanaan UKG disini



Sedikit tambahan, meskipun tampak luar SMP semua karena lokasi ujian ada di SMP semua, namun didalamnya terdapat file dengan jenjang SD, silahkan coba saja di find dengan cara tekan CTRL+F dan masukkan nama/tempat tugas anda pada semua file pdf yang ada pada file diatas, jika tidak ada kemungkinan anda belum masuk pada tahap ini. Jangan lupa untuk belajar dan membaca kumpulan-kumpulan soal UKG tahun 2015.

Baca juga Langkah-langkah dan Cara Mengerjakan Soal UKG di TUK Tahun 2015

Demikian yang dapat saya kabarkan semoga bermanfaat, terima kasih sudah berkunjung dalam artikel yang berjudul "Kartu Peserta UKG Dikdas Kabupaten Kebumen 2015", titip buat teman-teman dengan melakukan share.
◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Wong Ndelok

BBM Contact

Copyright 2013 SD Negeri Tambaharjo: November 2015 Template by Desa. Powered by Blogger