Wednesday, October 19, 2016

Cara "Konfirmasi Selesai" tanpa menggunakan "Tukar Pengguna" untuk Peserta Didik pada Aplikasi PMP 1.4 Tahun 2016

Cara "Konfirmasi Selesai" tanpa menggunakan "Tukar Pengguna" untuk Peserta Didik pada Aplikasi PMP 1.4 Tahun 2016 - Aplikasi PMP 1.4 sudah mengalami banyak pembaruan, diantaranya adalah mengenai pengisian kuesioner bagi Komite Sekolah sudah tidak ada kendala karena sebelumnya muncul pengisian belum 100% menjadikan data tidak valid karena pada kuesioner C tidak muncul.

Sedangkan pada Verifikasi & Kirim Data versi 1.3 tidak dapat muncul akibat jumlah kuesioner pada Peserta Didik kelebihan yang awalnya ditentukan pada aplikasi PMP 1.3 hanya 12 anak cukup sedangkan informasi yang berkembang adalah 10 anak/kelas dan diambil kelas atas (4,5,6) jadi total adalah 30 anak.

Ini mengenai jumlah pengisian kuesioner yang benar sesuai dengan Aplikasi PMP 1.4, berikut:
1. Kepala Sekolah : 1
2. Pengawas Sekolah : 1
3. Komite Sekolah : 6
4. Peserta Didik : 10/kelas atau 30 anak
5. PTK : 6 guru kelas

Itu adalah jumlah pengisian kuesioner untuk Aplikasi PMP 1.4, sekarang pertanyaannya adalah dengan adanya upgrade 1.3 menjadi 1.4 menjadikan tombol "Konfirmasi Selesai" yang bermanfaat untuk mensubmit bahwa Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, Komite Sekolah, PTK, dan Peserta Didik sudah mengisi kuesioner atau semua jawaban sehingga masuk ke Verifikasi & Kirim Data.

Baca Juga : Manfaat "Konfirmasi Selesai" Pada Label Aplikasi PMP 1.4 Tahun 2016

Setelah membaca artikel diatas manfaat Konfirmasi, sekarang anda pasti akan melakukan Konfirmasi Selesai untuk setiap kuesioner yang sudah dikerjakan pada Aplikasi PMP 1.3. Hal ini yang membuat banyak operator harus double kerjaan karena dengan sistem Konfirmasi Selesai menjadikan kita mengulang login setiap masing-masing kuesioner.

Jika untuk Kuesioner Kepala Sekolah adalah login Operator sangat mudah sekali untuk Konfirmasi Selesai, juga pada pengawas kita harus login di beranda Pengawas tinggal klik Konfirmasi Selesai dan beres.

Termasuk juga pada Komite Sekolah dan PTK sangat mudah tinggal masuk ke satu-persatu dari akun Komite dan PTK dan klik tombol Konfirmasi Selesai.

Sekarang pertanyaannya adalah "Bagaimana dengan Peserta Didik untuk Melakukan Konfirmasi Selesai?"

Ternyata kali ini ada solusi mengenai "Tukar Pengguna" pada Aplikasi PMP 1.4 dan belum banyak orang menggunakan cara ini di Aplikasi PMP 1.4.

Misalkan disini kita memiliki 900 Peserta Didik, pastinya namanya ngacak dan tidak pasti ada nama anaknya di bagian atas, pasti nama anak diacak. Kalo secara manual pasti anda akan mencari nama anak satu-persatu. Dan akan menyebabkan pembengkakan waktu sehingga kita menjadi bosan dan malas mengerjakan PMP.

Begini Solusinya supaya anda cepat mengerjakan untuk "Konfirmasi Selesai" tanpa menggunakan cara "Tukar Pengguna" untuk Peserta Didik.

Sekarang anda masuk ke Aplikasi PMP, cari:
1. Verifikasi & Kirim Data, setelah ketemu klik Peserta Didik

2. Atau bisa juga dengan anda melakukan unduh Peserta Didik pada tombol kiri atas

3. Setelah berhasil di Unduh dari laman Peserta Didik, cari nama anak yang sudah mengisi kuesioner dengan mencopy NISN dari siswa sudah pernah mengisi kuesioner begitupun bagi Peserta Didik yang akan mengisi Kuesioner dengan cara mencopy NISN Peserta Didik tersebut agar data cepat ditemukan tanpa mencari di Tukar Pengguna yang memakan banyak waktu.

4. Jika sudah punya NISN anak yang akan di Konfirmasi Selesai/yang baru akan mengisi kuesioner, sekarang kita keluar dulu pada login Operator karena nanti kita login menggunakan NISN dari siswa tersebut, caranya yaitu dengan,

5. Contoh misalnya nama Peserta Didik dari SDN Tambaharjo, sudah mengisi kuesioner dan belum konfirmasi selesai, "Aldi Dwi Saputra" dan NISN "0062039147",

6. Sekarang ke login awal PMP, masukkan username dengan NISN siswa tersebut juga pada password dengan menggunakan NISN Peserta Didik

7. Sekarang sudah masuk dan jika anda ingin mengisi kuesioner silahkan isi seperti biasa, namun jika anda hanya akan mengklik tanda "Konfirmasi Selesai" silahkan klik pada label sebelah kiri, jika sudah selesai keluar dan lakukan pada semua Peserta Didik yang akan kita isi kuesioner maupun Konfirmasi Selesai.

Artikel ini berdasarkan dengan yang tertera pada Aplikasi PMP 1.4 Tahun 2016 pada Menu Tukar Pengguna Peserta Didik bagian bawah,
Perhatian: Data peserta didik yang ditampilkan adalah:
  • peserta didik yang telah terdaftar di sekolah
  • telah terpetakan ke dalam rombel kelas di dalam dapodik
  • telah memiliki NISN

  • Username PD adalah NISN yang tersedia di aplikasi dapodik
  • Password PD adalah NISN yang tersedia di aplikasi dapodik

Bagaimana menurut anda, apakah informasi mengenai "Cara "Konfirmasi Selesai" tanpa menggunakan "Tukar Pengguna" untuk Peserta Didik pada Aplikasi PMP 1.4 Tahun 2016", bermanfaat? Jika ya silahkan share artikel ini dan jangan lupa sertakan saran dan kritik supaya blog ini berkembang. Terima kasih atas kunjungannya...

Friday, October 14, 2016

Cara Penambahan Komite Sekolah pada Aplikasi PMP Versi 1.4 Tahun 2016

Cara Penambahan Komite Sekolah pada Aplikasi PMP Versi 1.4 Tahun 2016 - Untuk penambahan Komite Sekolah pada Aplikasi PMP 1.4 yang diperlukan adalah anda menyiapkan:
1. Email
2. Data Komite yang mengisi kuesioner (bisa menggunakan Kartu Keluarga) karena nanti didalamnya mengisi banyak data seperti,
  • Nama : 
  • Peran : Komite Sekolah
  • Username (email) : 
  • Password : 
  • Ulang Password : 
  • NIK : 
  • NIP : (jika memiliki)
  • Tanggal lahir : (formatnya MM/DD/YYY = 12/25/1980)
  • Nama Ibu : 
  • NUPTK : (bagi yang memiliki)
Keterangan:
Yang diberi tanda * artinya wajib diisi.

Cara untuk menambahkan pengguna pada Komite Sekolah adalah pada Login Operator, cari Manajemen Pengguna dengan mengklik Komite Sekolah selanjutnya pilih menu Tambah, seperti gambar dibawah ini:

Isi sesuai dengan petunjuk seperti penjelasan pada nomor 2,



3. Jika sudah terisi semua, klik save

4. Jika sudah maka data Komite Sekolah akan muncul pada "Manajemen Pengguna", lalu bagaimana cara kita mengisi kuesioner Komite Sekolah.

5. Caranya adalah dengan klik "Keluar" pada Login Sekolah,

6. lalu masuk lagi dengan email (username) dan password yang kita buat untuk pengisian Komite Sekolah.

7. Jika sudah masuk maka akan muncul seperti ini,

Isi Kuesioner Komite Sekolah sampai selesai, jika sudah selesai klik Konfirmasi Selesai guna melakukan submit pada Login Sekolah sehingga nanti akan masuk ke laporan bahwa Komite Sekolah yang bernama MUNFAKINAH sudah selesai melakukan pengisian Kuesioner, lanjutkan pada Kuesioner Komite Sekolah lainnya.

Selesai, selamat mencoba jika artikel ini bermanfaat silahkan share dan jangan lupa saran dan kritik membangun blog sdn-tambaharjo.blogspot.co.id.

Cara Cepat Pengiriman Aplikasi PMP Versi 1.4 Tahun 2016

Cara Cepat Pengiriman Aplikasi PMP Versi 1.4 Tahun 2016 - Jika ada niat pasti segala sesuatu dapat dikerjakan dengan cepat, seperti hari ini saya berniat ingin menyelesaikan pengisian instrument pada Aplikasi PMP 1.4 Tahun 2016. Sudah beberapa minggu ini vakum untuk mengerjakan PMP karena ada kepentingan keluarga.

Saking semangatnya karena tahu pengisian Kuesioner PMP pada Aplikasi untuk operatod dihargai dengan keringat uang sebesar Rp 300.000,- dan kita tinggal laporan saja ke Bendahara Sekolah bahwa pengerjaan pada Aplikasi PMP sudah selesai dengan menampilkan progress dan hasil pengiriman instrument pada label "Verifikasi & Kirim Data".

Oleh karena itu saya tidak akan berlama-lama mengenai materi kita sekarang yang berjudul "Cara Cepat Pengiriman Aplikasi PMP Versi 1.4 Tahun 2016", berikut cara saya:
1. Pastikan internet stabil, jangan menggunakan jaringan yang lemot maksudnya akses internet lancar dibuktikan dengan saat anda melakukan pengiriman ada kata seperti dibawah ini

2. Lanjut klik "Kirim Data" tunggu 2 menit saja loadingnya jangan terlalu lama, biarkan saat loading sambil cek cara nomor 4.

3. Pasti nanti akan muncul loading yang sangat lama sekali, dan pada progress di beranda depan tidak muncul keterangan berhasil dikirim atau tidak, pasti anda akan semakin bingung karena loading lama dan tidak ada laprorannya, tenang ini ada solusinya, anda tidak usah bingung atau lemas.

4. Sekarang anda menuju ke Google, ketikkan progress pengiriman PMP, nanti akan muncul seperti gambar dibawah ini


6 . Tinggal cari (pada pencarian atau menggunakan manual) pilih Propinsi sekolah anda, Kabupaten/Kota, Kecamatan, Sekolah anda

7. Jika sudah ketemu "Profil Sekolah" anda silahkan cek pada sisi sebelah kiri pojok bawah, ada status pengiriman progress pengiriman

8. Dibawah muncul Keterangan "5 Pengiriman Terakhir" jika sudah sukses sekarang kembali ke beranda Aplikasi PMP anda, stop pengiriman dengan mengklik F5 atau reload Aplikasi PMP, tenang tidak usah khawatir karena progress sudah benar-benar terkirim,

9. Di beranda tidak ada laporan sukses mengirim, yang penting progress pada Website PMP sudah ada keterangan terkirim dan ada jam pengirimannya.

Jika anda tidak percaya silahkan lakukan cara ini berkali-kali atau paling banyak 3x ya silahkan, kalo tidak silahkan anda backup data sebelum menutup Aplikasi PMP, gunanya untuk berjaga-jaga saja jika diperlukan/dibutuhkan sudah memilki backupan.

Materi selanjutnya adalah mengenai "Cara Penambahan Komite pada Aplikasi PMP Versi 1.4 Tahun 2016", ini yang diperlukan anda untuk mengisi. Simak dan jangan lupa share jika artikel ini bermanfaat,

Manfaat "Konfirmasi Selesai" Pada Label di PMP Versi 1.4 Tahun 2016

Manfaat "Konfirmasi Selesai" Pada Label di PMP Versi 1.4 Tahun 2016 - Sore bro, kembali jumpa dengan saya mengenai pembahasan PMP, saya kali ini sedang mengerjakan PMP untuk yang kemarin pernah mengirim saya kira gagal karena tidak ada berita di beranda bahwa data saya terkirim dengan sempurna, namun setelah saya kembali mengecek ternyata ada kabar bahwa pengiriman/progress pengiriman saya menggunakan Aplikasi PMP 1.3 berhasil dilakukan.

Kali ini saya tidak mau berbelit-belit mengenai Manfaat "Konfimrasi" Pada Label di PMP Versi 1.4 Tahun 2016, karena baru kali ini saya mengerjakan dan syukur belum menemukan kendala karena pada Aplikasi PMP versi 1.4 ini sudah mendapatkan perbaikan dan pembaruan pada:

Perbaikan

  1. [Perbaikan] Jumlah pertanyaan pada daftar validasi komite dan pengawas sekolah
  2. [Perbaikan] Optimasi proses pada verifikasi kuesioner PTK dan Peserta Didik
  3. [Perbaikan] Bug pada saat backup data
  4. [Perbaikan] Bug pertanyaan tidak tampil pada pertanyaan bagian C13 - C19
  5. [Perbaikan] Bug pada fitur restore data

Pembaruan

  1. [Pembaruan] Tabel verifikasi kuesioner pengawas sekolah
  2. [Pembaruan] Tabel verifikasi kuesioner komite sekolah
  3. [Pembaruan] Menu Daftar Pembaruan
  4. [Pembaruan] Keterangan username dan password hasil salin pengguna PTK dan Peserta Didik
  5. [Pembaruan] Indikator koneksi ke aplikasi dapodik pada saat login
  6. [Pembaruan] Isian untuk pertanyaan dan pilihan lainnya
  7. [Pembaruan] Modul submit untuk setiap responden kuesioner
  8. [Pembaruan] Modul pengecekan jumlah pertanyaan terjawab dan sisanya di modul submit
  9. [Pembaruan] Verifikasi kirim data mengacu pada submit setiap responden yang telah mengerjakan
  10. [Pembaruan] progress bar di setiap bagian kuesioner

Dengan data diatas menyatakan bahwa Aplikasi PMP versi 1.4 sudah jarang ditemukan bug/masalah. Sehingga aman untuk melakukan instal jika aplikasi anda masih 1.2 jika sudah 1.3 silahkan download instalannya pada LINK INI atau melalui gambar dibawah ini

atau


Jika sudah download langsung instal/pasang Aplikasi diatas, jika sudah update silahkan kerjakan pada Aplikasi PMP. Usahakan pada bagian atas saat anda akan melakukan login muncul tulisan hijau yang menandakan bahwa Aplikasi PMP terhubung dengan Aplikasi Dapodik.


Berbicara mengenai konfirmasi, pada Aplikasi PMP 1.3 tidak ada label "Konfirmasi Selesai" dan sekarang versi 1.4 muncul Konfirmasi. Ternyata tombol konfirmasi sangat membantu kita untuk dapat segera melakukan Verifikasi & Kirim Data.

Untuk dapat mencapai tanda silang pada Verifikasi & Kirim Data yang perlu anda lakukan adalah dengan menekan Konfirmasi Selesai, gunanya adalah untuk memverifikasi bahwa instrument yang diisi oleh kuesioner sudah selesai diisi semuanya. Berikut adalah proses "Konfirmasi Selesai" yang saya coba kerjakan pada semua Kuesioner, termasuk Login Operator (Isian Kuesioner Kepala Sekolah), Pengawas, PTK, Peserta Didik, dan yang belum saya kerjakan sekarang adalah Komite Sekolah karena baru saja membuat email.

Ini bukti sebelum saya melakukan konfirmasi pada (Pengawas, Peserta Didik, dan PTK) Komite saya belum mengerjakan.

Ini adalah contoh "Konfirmasi Selesai" pada pengisian Kuesioner Pengawas Sekolah:
1. Login Pengawas Sekolah

2. Konfirmasi Selesai di Klik ----> Konfirmasi

3. Muncul tulisan "Apakah Anda yakin ingin mengonfirmasi instrumen penyelesaian kuesioner yang telah Anda kerjakan?", jawab YA

4. Submit telah dilakukan

5. Sekarang kita coba cek di "Verifikasi & Kirim Data"

Lakukan "Konfirmasi Selesai" pada semua instrument kuesioner seperti (Pengawas, Kepsek, PTK, dan Peserta Didik) satu-persatu lakukan Konfirmasi Selesai guna mensubmit bahwa pengisian sudah benar-benar selesai dan nanti akan masuk ke dalam menu "Verifikasi & Kirim Data".

Bagi anda yang sudah bisa mengirim data dan untuk anda yang belum mengerjakan misalnya Komite atau jumlah siswa anda belum cukup anda sudah bisa mengirim asalkan "Kirim Data" berfungsi. Jangan menunggu sampai selesai, takutnya terjadi error yang tidak bisa kita tanggulangi, untuk jaga-jaga ada baiknya anda melakukan back up setiap kali anda melakukan perubahan pada Aplikasi PMP dengan cara klik back up dan simpan hasil back up annya.

Saya akan memberikan tips dan trik mengenai "Cara Cepat Pengiriman Aplikasi PMP Versi 1.4 Tahun 2016" simak dan jangan lupa share jika artikel ini bermanfaat. Manfaat "Konfirmasi Selesai" Pada Label di PMP Versi 1.4 Tahun 2016

Wednesday, October 12, 2016

Cara Cepat Memunculkan NISN di Aplikasi Dapodik Tanpa Input Satu-Persatu

Cara Cepat Memunculkan NISN di Aplikasi Dapodik Tanpa Input Satu-Persatu - Sore sahabat operator, kali ini saya kembali aktif dan segera melakukan penyegaran terhadap postingan saya yang sering bolong. Berbicara mengenai postingan sebenarnya saya tidak mengerjakan pada 1 blog ini saja namun saya mengerjakan pada banyak blog lain sehingga menjadikan saya jarang upload postingan di blog ini. Meskipun temanya berbeda-beda namun untuk kembali lagi ke blog ini membutuhkan materi yang sesuai dengan keadaan di Sekolah.

Saat ini sedang gencar-gencarnya mengenai PMP dan Dapodik karena sebentar lagi pencairan Tri III untuk Guru yang memiliki tunjangan profesi, meskipun belum beredar kabar namun sudah tampak jelas di wajah-wajah guru Sertifikasi.

Oh ya mengenai PMP, di tempat saya kesepakatan bersama bersama dengan operator kecamatan dan K3S yang memberikan honor bagi operator yang menginput hasil PMP sampai dengan pengiriman progress selesai akan mendapatkan honor tambahan sebesar Rp. 300.000,- dipotong untuk amal.

Bagaimana dengan hasil honor penginputan PMP di tempat masing-masing?

Kembali ke topik yaitu mengenai masalah NISN, untuk lebih jelasnya mengenai NISN bahwa sebenarnya sudah lama, namun saya baru sempat sekarang untuk memberitahu bahwa NISN sekarang sudah muncul terutama untuk Kelas 1 SD.

Anda bisa mengeceknya di Verval PD pada Google atau anda bisa melalui klik LINK INI dengan memasukkan email+password sekolah lalu cek di Referensi.

Setelah muncul maka NISN kelas 1 akan jelas dan anda tinggal menuju ke Aplikasi Dapodik anda, berikut langkah lengkapnya:
1. Aplikasi Dapodik masuk dan menuju ke Peserta Didik cari kelas 1 SD

2. Masuk ke Sinkronisasi, jika muncul cek per tabel silahkan klik validasi satu persatu agar tidak terjadi invalid, namun jika hanya warning biarkan saja asalkan bukan data penting, biasanya warning pada jumlah rombel peserta didik kurang dari 20.

3. Klik Sinkronisasi, pastikan sudah muncul tulisan connect pada bagian atas



Selesai syncronisasi


4. Setelah selesai syncronisasi, silahkan cek tabel dibawah maka akan ada perubahan, pada tabel muncul perubahan penambahan data yang masuk ke lokal sebanyak 17 Anak dan lain-lain.

5. Sekarang kita buka Peserta Didik,

6. Perubahan Kolom NISN, jika belum muncul silahkan klik F5 atau Refresh komputer anda
Sebelum


Sesudah



7. Jika sudah keluar semua, sekarang yang perlu anda lakukan adalah mengecek apakah data siswa kelas 1 yang baru sesuai dengan data di Akte Kelahiran, jika ada perubahan data silahkan lakukan cara ini.

Baca Juga : Panduan Proses Validasi NISN Kelas 1 SD

Selamat mencoba dan jangan malu bertanya...

Friday, October 7, 2016

Syarat Penerbitan NUPTK 2016 Surat Resmi Ditjen GTK Kemdikbud

Syarat Penerbitan NUPTK 2016 Surat Resmi Ditjen GTK Kemdikbud - Cara Usul NUPTK Tahun 2016 ini Menindaklanjuti surat kami sebelumnya tentang penggunaan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Guru dan Tenaga Kependidikan dan tindak lanjut dari pengelolaan dan penerbitan NUPTK di tahun 2016, dapat kami sampaikan beberapa hal-hal sebagai berikut;
1. Program dan kegiatan di lingkungan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan pada tahun 2016 menggunakan Dapodik Guru dan Tenaga Kependidikan yang terintegrasi dengan Dapodik yang dikelola oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK), Ditjen Dikdasmen dan Ditjen PAUD dan DIKMAS. inilah mekanisme penerbitan usul NUPTK Baru Tahun 2016
2. Sesuai hasil kesepakatan rapat sebelumnya, penerbitan NUPTK akan menjadi tugas dari Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) dengan tetap berkoordinasi kepada Tim Dapodik Unit Utama yang akan dilaksanakan mulai tahun 2016.
3. Adapun syarat dan ketentuan penerbitan NUPTK bagi Guru dan Tenaga Kependidikan adalah sebagai berikut;
I. Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah pada jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK, PLB
II. Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan pendidikan Non Formal
(KB/TPA/SPS,PKBM/TBM, Kursus, dan UPT)
III. Guru PNS/CPNS,Pengawas PNS, dan Guru bukan PNS
IV. Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan pendidikan Non Formal PNS/CPNS
dan bukan PNS
V. S-1/D4 dari LPTK/PTN yang memiliki prodi terakreditasi atau dari LPTK /PTS yang terakreditasi Kopertis setempat bagi guru dan tenaga kependidikan yang diangkat setelah Januari 2006
VI. Guru dan tenaga kependidikan yang aktif dalam dapodik Dikdasmen dan Paud-Dikmas dengan ketentuan;
A. Belum memiliki NUPTK melalui proses verval GTK oleh PDSPK
B. Kandidat guru dan tenaga kependidikan penerima NUPTK melengkapi persyaratan dengan memindai (meng- upload) dokumen persyaratan melalui aplikasi verval GTK:

i. Guru dan tenaga kependidikan PNS, SK CPNS/PNS + SK Penugasan dari Dinas Pendidikan
ii. Guru dan tenaga kependidikan non PNS,
a. di sekolah negeri: SK Pengangkatan dari; Bupat/Walikota/Gubernur
b. di sekolah swasta: SK Pengangkatan GTY selama 4 tahun secara terus menerus dihitung sampai dengan bulan Januari 2016 (SK tidak berlaku surut).

VII. Guru 
yang aktif tidak dalam dapodik (Guru Kemenag)
A. B. C. Diajukkan oleh Belum memiliki Kandidat guru operator Disdik melalui aplikasi verval GTK NUPTK melalui proses verval GTK oleh PDSPK

penerima NUPTK melengkapi persyaratan dengan memindai
(meng- upload) dokumen persyaratan melalui aplikasi verval GTK:

i. Guru PNS, SK CPNS/PNS + SK Penugasan dari Disdik
ii. Guru nonPNS,
a. di sekolah negeri: SK<Pengangkatan dari Bupati/Walikota/Gubernur
b. di sekolah swasta: SK Pengangkatan GTY selama 2 tahun secara terus menerus dihitung sampai dengan bulan Januari 2016 (5K tidak berlaku surut)

VIII. Diverifikasi dokumen persyaratannya oleh Disdik Kab/Kota, Ditjen GTK sesuai kebijakan yang ada.
4. Adapun persyaratan dan ketentuan penonaktifan NUPTK adalah sebagai berikut;
I. Guru Kemendikbud
A. mengajukan surat penonaktifan NUPTK ke Disdik dengan melampirkan surat pengantar dari Kepala Sekolah;

B. Operator Disdik melalui aplikasi verval GTK mengajukan penonaktifan
NUPTK dengan memindai (meng- upload) dokumen penonaktifan dari: guru ybs, surat pengantar Kepsek, Surat Persetujuan dari Disdik
II. Guru Kemenag
A. mengajukan surat penonaktifan NUPTK ke disdik dengan melampirkan surat pengantar dari Kepala Madrasah dan surat persetujuan dari Kanwil Kemenag;
B. Operator Disdik melalui aplikasi verval PTK mengajukan penonaktifan
NUPTK dengan memindai (meng- upload) dokumen penonaktifan dari: guru ybs, surat pengantar Kepala Madrasah, Surat Persetujuan dari Kanwil Kemenag dan Surat Persetujuan dari Disdik

Mengingat NUPTK adalah syarat mutlak bagi Guru

Wednesday, October 5, 2016

Panduan Proses Verifikasi dan Validasi Data Pokok Pendidikan pada Fungsi Verval di PDSP Kemdikbud RI

Panduan Proses Verifikasi dan Validasi Data Pokok Pendidikan pada Fungsi Verval di PDSP Kemdikbud RI - Siang teman-teman Operator kali ini saya akan membagikan Langkah-langkah dalam panduan proses verifikasi dan validasi Peserta Didik di PDSP.

Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini dengan runtut, setelah melakukan login pada alamat https://sso.data.kemdikbud.go.id/sys/login?appKey=348310F2-0262-4F5D-B7D1-41F92ECDCA93

Jika sudah masuk selanjutnya anda ikuti langkahnya, berikut:
1. Masuk ke Kolom siswa belum memiliki NISN, 
2. Klik Pilihan Status Validasi
3. pilih Kab - Kota - Kecamatan sekolah/madrasah asal (untuk Mutasi)

4. Pilih sekolah/madrasah tempat siswa berasal.. 
5. Chek nama Siswa ada atau tidak, di data sekolah-madrasah awal/asal..
6. apabila tidak ada data pilih "tidak ditemukan", apabila ada "pilih sekolah". Kalau ada kekeliruan penyampaian, silahkan dikoreksi. 

7. Check nama Siswa ada atau tidak
8. Pilih siswa jika ada namanya

9. Klik OK

10. Check progress sesuai gambar.....

Selesai

Silahkan anda coba cara diatas atau bisa melakukan,
Download Panduan Vervalpd Terbaru tahun 2016.... didownload dan lalu kemudian dibaca2 dulu http://sdm.data.kemdikbud.go.id/index.php?r=site/panduan (panduan2 proses Verifikasi dan Validasi Data Pokok Pendidikan pada Fungsi Verval di PDSP Kemdikbud RI
dan yang lain2 dapat langsung konek ke alamat diatas.

salam satu data

Tuesday, October 4, 2016

Panduan Verval PD Versi 2016 dan Pertanyaan Jawaban Masalahnya

Panduan Verval PD Versi 2016 dan Pertanyaan Jawaban Masalahnya
1. "Menu residu"

- untuk Sekolah Dasar, tidak ada menu residu
- SMP,SMA/SMK, menu residu masih ada dan dibutuhkan kebijakan dalam melakukan match/notmatch

2. Menu "Belum memiliki NISN"
- Apabila ada peserta didik yang tidka muncul NISNnya di referensi, check menu Belum memiliki NISN, dan lakukan prosedur pengusulan NISN dengan meng-klik nama yang tercantum dalam tabel tersebut.

3. NISN Kelas 1 Jenjang SD sudah turun gunung semua (seharusnya)
-apabila masih ada yang tertinggal, sampaikan ke admin dinas.

4. NISN peserta didik SMP, SMA/SMK belum muncul karena alasan 
-Mutasi dari Sekolah ke sekolah- pastikan NISN atau individu tidak ganda, check dilaman http://nisn.data.kemdikbud.go.id
- Mutasi asal sekolah dibawah binaan Kemenag, apabia NISN tidak ditemukan atau tidak memiliki NISN karena ops sekolah asal belum melakukan verval atau alasan teknis lainnya, Ops bisa melakukan pengajuan NISN manual melalui aplikasi vervalPD, dan selanjutnya akan diverifikasi oleh adminDisdik,

Copas Info Admin Vervalpd PDSP Kemdikbud RI

Note : - Lakukan Sinkronisasi untuk aliran data ke localhost dapodik sekolah.

- poin 1 untuk OPs SMP dan SMA/SMK, sdh dishare pada bbrp 
kesempatan bahasan di grup FB, WA, dll utk proses match/notmatch 
yang bijak. (khusus utk yang terdeteksi tdk aktif NISN nya, kelas 12 ke 
atas-yang sudah lulus SMA/SMK bisa mengajukan pengaktifan kembali)



Pertanyaan jawaban mengenai masalah VervalPD versi 2016:
Pertanyaan : Bagaimana Solusi siswa masuk data residu?
Jawab : coba disinkronkan dulu dapodikdasmen nya... kemudian check lagi besok di vervalpd. kalau masih ada keterangannya di residu vervalpd di jenjang SD

Pertanyaan : Apakah siswa kelas 6 sudah masuk data US?
Jawaban : bahwa untuk revisi data peserta US untuk tahun 2016/2017 di verval PD, batas akhir revisi tanggal 15 Oktober 2016 (masing-masing wilayah)

KUMPULAN SOAL-SOAL OLIMPIADE IPA SD 2016 DAN KUNCI JAWABAN

KUMPULAN SOAL-SOAL OLIMPIADE IPA SD 2016 DAN KUNCI JAWABAN


Materi : Hubungan Antar Mahluk Hidup
51. Hubungan saling menguntungkan terjadi antara …
A. Tali putrid dengan pohon teh
B. Pohon anggrek dengan inangnya
C. Lumut dengan batu
D. Kupu-kupu dengan bunga
JAWAB : D
52. Untuk dapat menarik perhatian serangga agar mau membantu proses penyerbukan, maka bunga dari tanaman mempunyai cirri-ciri sebagai, kecuali …
A. Mengeluarkan bau yang khas
B. Memiliki nektar / kelenjar madu
C. Mahkota bunga kecil
D. Warna mahkota dengan menyolok
JAWAB : C
53. Pernyataan di bawah ini yang tepat dan benar adalah …
A. Tumbuhan parasit, tumbuh p0ada tumbuhan lain tak merugikan tumbuhan ditumpanginya
B. Tumbuhan epifit, tumbuh pada tumbuhan lain dan merugikan tumbuhan ditumpanginya
C. Tumbuhan saprofit tumbuh pada tumbuhan lain yang telah lapuk
D. Tumbuhan benalu tergolong tumbuhan sapofit
JAWAB : C
54. Contoh simbiosis komensalisme yang benar adalah …
A. bakteri pembusuk dalam usus besar dengan manusia
B. Anggrek dengan pohon inangnya
C. Cacing kremi yang hidup pada usus manusia
D. Benalu dengan pohon inangnya
JAWAB : B
55. Jika populasi tikus punah, kemungkinan yang terjadi pada padi adalah …
A. Hasil padi meningkat
B. hasil padi menurun
C. Populasi ular tetap
D. padi lambawt tumbuh
JAWAB : A
56. Perhatikan bagan berikut.
Padi ð tikus ð ular ð elang.
Jadi konsumen tingkat pertama habis. Hewan penggantinya adalah …
a. Kucing
b. Anjing
c. Burung pipit
d. Rajawali
JAWAB : C
57. Di antara urutan rantai makanan yang benar adalah …
A. Produsen – karnivora – herbivora
B. Herbivora – karnivora – produsen
C. Karnivora – produsen – herbivira
D. Produsen – herbivora – karnivora
JAWAB : D
58. Dasar piramida makanan ditempati oleh …
A. Produser
B. Konsumer
C. Pengurai
D. Predator
JAWAB : A
59. Berikut ini yang menunjukkan urutan rantai makanan adalah …
A. Padi ð ayam ð musang ð ular
B. Padi ð ayam ð ular ð musang
C. Padi ð ular ð ayam ð musang
D. Padi ð musang ð ayam ð ular
JAWAB : B
60. Di daerah laut yang sangat dalam dan gelap, ornganisme yang hidup di dalam bersifat …
A. Herbivora dan saprovora
B. Karnivora dan herbivore
C. Saprovora dan karnivora
D. Omnivora dan saprovora
JAWAB : C
61. Dari tumbuhan berikut, yang memiliki persamaan menyimpan makanan cadangan makanan adalah …
A. Kentang, kacang, singkong
B. Tebu, sagu
C. Apel, lidah buaya
D. Bawang, kacang
JAWAB : B
62. Kelompok hewan yang menempati konsumen tingkawt pertama dalam suatu ekosistem darat adalah …
A. Kucing, anjing, gajah, kelelawar
B. Serigala, elang, singa, kluda
C. Burung, harimau, elang, ular
D. Tikus, sapi, ulat, kuda
JAWAB : D
63. Penyebab kekurangan lahan dan makanan di suatu tempat antara lain …
A. Populasi konsumen berkurang, populasi produsen bertambah
B. Populasi konsumen bertambah, populasi produsen berkurang
C. Populasi konsumen berkurang, populasi produsen berkurang
D. Populasi konsumen berkurang, populasi produsen bertambah
JAWAB : B
64. Serofit adalah tumbuhan yang hidup di tempat yang kurang kadar airnya misalnya kaktus. Cara beradaptasi tumbuhan xerofit antara lain …
A. Memiliki stomata yang lebih banyak
B. Mematikan bagian tubuhnya yang terletak di atas tanah
C. Akar yang luas, yang memungkinkan mengisap air dari tanah yang luas
D. Laus bagian tumbuihan di atas permukaan tanah relative besar, memiliki banyak cabang
JAWAB : C
65. Bentuk paruh burung kakatua menunjukkan jenis burung pemakan …
A. Biji-bijian
B. Daging
C. Buah
D. Tumbuh-tumbuhan
JAWAB : A
66. Pada musim kemarau, pohon randu …
A. Menyuburkan tanah
B. Melindungi akarnya
C. Merangsang pertumbuhan daun baru
D. Mengurangi penguapan
JAWAB : D
67. Perhatikan bentuk paruh burung berikut ini. Gambar manakah bentuk paruh pemakan daging ? 
http://1.bp.blogspot.com/-DrFjHMvE920/Tz9_YNRL2KI/AAAAAAAABRY/rjBvXUmRzR4/s320/Presentation1.jpg
           







A. Gambar  a
B. Gambar  b
C. Gambar  c
D. Gambar  d
JAWAB : A
68. Jarak pagar yang biasanya ditanam sebgai tanaman pagar dapat dikembangbiakkan dengan cara menanam potongan/bagian tanaman induk langusng di tanah. Pilih pernyataan di bawah ini yang paling benar …
A. Cara perkembangbiakkan di atas disebut mencangkok, sifat tanaman yang baru sama dengan tanaman induk
B. Cara perkembangbiakan diatas disebut mengenten, sifat tanaman yang baru berbeda dengan tanaman induk
C. Cara perkembangbiakkan di atas disebut menempel, sifat tanaman yang baru berbeda dengan tanaman induk
D. Cara perkembangbiakkan di atas disebut stek, sifast tanaman yang baru sama dengan tanaman induk
JAWAB : D
69. Tumbuhan kaktus menyesuaikan diri pada lingkungan dengan cara …
A. Tidak berhijau daun
B. Tidak mempunayi cacang
C. Daunnya berbentuk duri
D. Banyak bergetah
JAWAB : C
70. Pohon jati menyesuaikan diri pada lingkungan dengan cara …
A. Mempunyai daun yang tipis dan lebar
B. Mempunyai daun yang kecil dan berminyak
C. Menggugurkan daunnya pada musim kemarau
D. Mempunyai akar yang kuat
JAWAB : C
71. Kelompok tanaman yang daunnya peka terhadap rangsangan gelap atau sentuhan adalah …
A. Akasia, cemara, dan mangga
B. Putri malu, turi dan lamtoro
C. Tomat, terung dan cabai
D. Pohon jati, mahoni, dan lengkeng
JAWAB : B
72. Simbiosis mutualisme terjadi antara …
A. Akar dan rayap
B. Lebah an bunga
C. Rayap dan lebah
D. Bunga dan rayap
JAWAB : B
73. Manakah dari pernyataan berikut ini yang merupakan adaptasi fisiologi ?
A. Gurat sisi pada ikan
B. Mimikri pada bunglon
C. Gerakan menutup daun waktu senja hari pada tumbuhan petai
D. Adanya flagellate pada usus rayap
JAWAB : A
74. Kamuflase sangat berguna karena …
A. Hwan dapat berburu tanpat terlihat
B. Induk hewan dapat bersembunyi dari anaknya
C. Hewan terlindung dari pemasangnya
D. Hwan dapat mengamati masangsa
JAWAB : C

75. Pernyataan di bawah ini benar, kecuali …
A. Hewan menyelamatkan diri dair bahaya hanya dengan cara menyerupai tempat yang
     ditempatinya
B. Tumbuhan berakar tunggang ditandai adanya cambium antara kayu dan kulit
C. Batang tebu, umbi pada ketela pohon sebagai tempat menyimpan cadangan
 makanannya
D. Tumbuahn dapat menyesuaikan diri dengan musim, dengan cara meranggas
JAWAB : A

E. Jawablah pertanyaan – pertanyaan ini dengan benar !
76. Simbiosis antara 2 jenis organism dapat dibedakan menjadi 3 macam, yaitu …
JAWAB :
Simbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme, dan simbiosis parasitisme
77. Apakah yang dimaksud dengan simbiosis mutualisme ?
JAWAB :
Kerja sama di antara dua mahluk hidup yang saling menguntungkan
78. Sebutkan 2 contoh ketergantungan manusia pada tumbuhan dan hewan !
JAWAB :
Manusia membutuhkan oksigen dari tumbuhan dan makanan dari hewan
79. Apakah nama pola kehidupan saling ketergantungan antara kupu-kupu dengan bunga rose ? Jelaskan !
JAWAB :
Simbiosis mutualisme, Karnea di antara keduanya sam-sama mendapatkan kentungan (kupu-kupu mendapat makanan sedangkan bunga terbantu proses penyerbukannya).
80. Sudah sejak lama manusia bersaing dengan mahluk hidup lain untuk mendapatkan makanan. Misalnya dengan wereng dan tikus.
A. Coba sebutkan cara-cara yang dilakukan oleh petani untuk menjaga hasil pertaniannya !
B. Jelaskan pula dampak (akibat) positif dan negative dari cara-cara yang dilkukan itu!
JAWAB :
Melakukan pemberian pestisida misalnya menggunakan insektisida (untuk serangga), Fungisida ( untuk jamur ).
- Dampak positif hama terkendali sehingga hasil panen dapat meningkat, sedangkan
- Dampak negative menyebabkan polusi udara, membuat hama menjadi resisten, dan dapat menyebabkan matinya organisme lain yang menguntungkan
81. Kalpataru adalah lukisan pada Candi Mendut yang melukiskan pohon kehidupan yang melambangkan alam dan segala yang dilimpahkan kepada manusia, merupakan penghargaan yang diberikan pemerintah kepada …
JAWAB :
Orang yang berhasil melestarikan lingkungannya
82. Hubungan langsung dan sangat erat diantara mahluk hidup yang berlainan jenis disebut simbiosis. Berdasarkan untung rugi antara kedua mahluk yang bersimbiosis (simbion), maka simbiosis dapat dibagi menjadi simbiosis mutualisme, komensalisme dan parasitisme. Jelaskandan berikan contoh dari ketiga simbiosis tersebut!
JAWAB :
a. Simbiosis mutulisme meruakan kerja sama di antara mahluk hidup yang saling menguntungkan, misalnya burung jalak dengan kerbau.
b. Simbiosis parasitisme, kerja sama di antara mahluk hidup yang mana satu mendapat untung dan yang lain dirugikan, misalnya benalu dengan inangnya.
c. Simbiosis komensalisme, merupakan kerja sama di antara mahluk hidup yang mana satu mendapat untung dan yang lain tidak mendapat untung juga tidak dirugikan misalnya ikan remora dengna ikan hiu.
83. Hubungan saling ketergantungan antara mahluk hidup terjadi antara mahluk hidupyang satu dengan mahluk hidup lainnya. Tetapi juga terjadi antara mahluk hidup dengan lingkungan abiotiknya. Coba jelaskan dengan contohnya bahwa mahluk hidup bergantung pada lingkungan abiotiknya!
JAWAB :
a. Manusia membutuhikan udara (oksigen) untuk bernafas.
b. Tumbuhan membutuhkan cahaya, air dan karbondioksida untuk fotosintesis
84. Hubungan antara burung jalak dengan kerbau disebut …
JAWAB : Simbiosis mutualisme
85. Reboisasi adalah …
JAWAB :
Upaya untuk menanam kembali wilayah yang gundul dengan tanaman
86. Menanami tanah dengan tanaman secara bergilir disebut …
JAWAB : Rotasi tanaman
87. Hubungan dua mahluk hidup yang tidak saling merugikan termasuk simbiosis …
JAWAB : Simbiosis Komensalisme
88. Buatlah rantai makanan untuk organism : ayam, cecak, nyamuk, manusia!
JAWAB : Nyamuk ð Cecak ð ayam ð manusia
89. Berikut adalah komponen biotic yang terdapat pada suatu ekosistem : ayam rumput anjing belalang tikus kucing sapi kelinci. Kalau tanda ð berarti menunjukkan peristiwa dimakan, maka lengkapilah komponen biotic di atas dengan tanda ð sehingga terbentuk jaring-jaring makanan.
JAWAB : Musang
90. Hewan yang langsung mendapat makanan dari produsen digolongkan sebagai …
JAWAB : Konsumen tingkat pertama
91. Tuliskan 3 jenis alat yang menyebabkan burung dapat terbang!
JAWAB : Pundi-pundi udara, dua sayap, otot sterni
92. Agar dapat mempertahankan hidup, setiap jenis mahluk hidup harus mampu menyesuaikan diri terhadap lingkungannya. Coba jelaskan mengapa mahluk hdiup harus menyesuaikan diri dengan lingkungannya!
JAWAB : Agar mahluk hdiup tersebut dapat tetap hidup sehingga dapat berkembang dan melestarikan diri
93. Jelaskan cara tumbuhan hijau mambuat makanan sendiri!
JAWAB : Melalui proses fotosintesis
94. Coba kamu jelaskan kenapa pohon cemara tidak menggugurkan daun, kalaupun di musim kemarau, sedangkan beberapa tumbuhan lain seperti mahon dan flamboyan selalu menggugurkan daun di musim panas!
JAWAB :
Karena pohon cemara ukuran daunya kcil sehingga penguapan tidak terlalu banyak sedangkan tumbuhan lain permukaan daunnya cukup luas sehingga harus digugurkan untuk mengurangi proses penguapan
95. Batang kaktus berwarna hijau, apakah pada batang kaktus dapat berfotosintesis ? Berikan alasannya!
JAWAB : Dapat, jika pada batang tersebut terdapat klorofil
96. Jelaskan secara singkat!
Adaptasi / cara penyesuaian dirinya

Adaptasi / Cara Penyesaian Dirinya
Kadal

Teratai

JAWAB : :


Adaptasi / Cara Penyesaian Dirinya
Kadal
Melepaskan sisik pada waktu tertentu
Teratai
Melakukan proses penguapan yang besar

97. Hewan-hewan menyesuaikan diri dengan lingkungan hidupnya. Penyesuaian diri hewan unta berupa …
JAWAB :
Memiliki lemak di punggung yang tebal, memiliki kulit yang tebal, dan membuat kotorngan dengan padat untuk menghemat pengeluaran air.

98. Mimikri pada bunglon dimaksudkan untuk …
JAWAB : Mengelabui musuhnya

99. Semua mahluk hidup mempunyai alat pelindung diri. Sebutkan alat pelindung diri dari hwan di bawah ini.
Nama Hewan
Alat Pelindung Diri
Kucing

Cicak

Cumi-cumi

Nyamuk

Buaya

         JAWAB :
Nama Hewan
Alat Pelindung Diri
Kucing
Cakar yang tajam
Cicak
Dapat memutuskan ekor
Cumi-cumi
Mempunyai kantung racun
Nyamuk
Tipe mulut tajam
Buaya
Ekor bergerigi
◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Wong Ndelok

BBM Contact

Copyright 2013 SD Negeri Tambaharjo: October 2016 Template by Desa. Powered by Blogger