Pembahasan UTN PLPG 2017 Perkembangan Kognitif dan Moral Peserta Didik
1. Kemampuan berikut ini yang merupakan perkembangan kognitif adalah…
A. kemampuan berkomunikasi
B. kemampuan berinteraksi
C. kemampuan untuk mengintegrasikan diri
D. Kemampuan untuk memecahkan masalah
2. Kemampuan berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan
obyek-obyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia
A. 0 - 2 tahun
B. 2 -- 7 tahun
C. 7 -- 11/12 tahun
D. 11/12/ -- 14/15 tahun
3. Faktor utama yang memengaruhi perkembangan kognitif peserta didik adalah . . .
A. perasaan
B. gaya pengasuhan
C. psikologis
D. individu
4. Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut
pembelajaran IPA serta IPS sebagai media adalah sesuai dengan tahapan perkembangan
berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan
A. Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap lingkunganya (sensomotor)
B. Dominasi pengamatan bersifat egosentris
C. Anak memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)
D. Kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan obyek yang
bersifat konrit (operasional formal)
5. Peserta didik telah memiliki yang memiliki moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan kemudian memutuskan berdasarkan suatu kode moral pribadi.
Hal ini merupakan contoh perilaku moral-spritual pada tahapan ...
A. penalaran pascakonvensional
B. penalaran konvensional
C. penalaran prakonvensional
D. penalaran interkonvensional
6. Individu memandang apa yang diharapkan oleh keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia mendukung aturan social bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang berharga. Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan moral
A. Prekonvensional
B. Konvensional
C. Pascakonvensional
D. Interkonvensional
Kunci Jawaban UTN PLPG 2017 Perkembangan Kognitif dan Moral Peserta Didik
0 comments:
Post a Comment