Tuesday, August 11, 2015

Kendala dan Solusi Pada Dapodikdas V4.0.0 Tahun 2015

Posted by Blogger Name. Category: ,

Mungkin agak sedikit terlambat informasinya tentang informasi Aplikasi Dapodikdas Ver. 4.0.0, mudah-mudahan dapat sedikit bermanfaat rangkuman singkat dapodikdas dan kegiatan yang terkait dapodik berikut ini :

1. Dahulukan input kelas I dan kelas 7 baru dan Luluskan kelas 6 dan kelas 9 (yang memang sudah lulus), - informasi = Dapodikdas dngan desain baru yaitu Desain incrimental yang intinya pengerjaan dan sinkronisasi dapat dilakukan bertahap, tanpa menunggu pengerjaan selesai 100% atau bisa dikerjakan secara bertahap dan disinkronkan bertahap, karena sistem dengan Desain Incrimental sistem aplikasi hanya akan mengirimkan hasil sikronisasi data baru dan data yang mengalami perubahan saja, sehingga lebih praktis dan efisien.
PASTIKAN ISIAN DATA PESERTA DIDIK DIISI DENGAN DASAR DOKUMEN RESMI KEPENDUDUKAN YANG SAH (KTP,KK, Etc).
Khusus utk kelas 6 - 9 dan 12, untuk kelulusan NISN yang 3 digit depan masih tdk sesuai tahun lahir, dinyatakan valid oleh PDSP Kemdikbud selama data kedalamannya sudah sesuai dan sdh diverval melalui vervalpd.data.kemdikbud.go.id atau apabila akan disesuaikan sesuai dengan tanggal lahir, jg dapat dilakukan edit NISN pada alamat yang sama.
 
2. Alamat untuk download Aplikasi dan panduan nya dapat didownload disini : http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/cms/detail/3
untuk alamat alternatif aplikasi dapat didownload disini : https://www.dropbox.com/s/qmcat3h3hjm0e79/Dapodikdas400.exe
Panduan Aplikasi Dapodikdas download alternatif :
https://www.dropbox.com/…/Panduan%20Lengkap%20Dapodik%204G.…
PASTIKAN MEMBACA MANUAL PANDUAN SEBELUM MENGERJAKAN.
3. Untuk keperluan Program Indonesia Pintar (BSM/PIP) - Kartu Indonesia Pintar(KIP) Tahap IV, ditunggu data softcopy untuk Kelas 1 baru yang terdaftar di sekolah dengan mengisikan No. KPS Orang Tua / Wali (juga wajib diinput di aplikasi Dapodikdas). Format isian KPS 2015 Tahap 1V dapat didownload disini : https://www.dropbox.com/s/24azpjy5…/Format%20KPS%202015.xls…
Quota Penerima KIP Tahap IV Kab.Kebumen =
A) 11.718 siswa untuk kelas 1 Baru tahun ajaran 2015/2016 yang memiliki KPS.
B) 7.303 siswa untuk kelas 2 s.d 6 tahun ajaran 2015/2016 yang memiliki KPS/FUS.
untuk kelas 2-6 yang belum sempat terisi sebelumnya pada versi 3.00 silahkan diisikan kelengkapan nya pada kolom isian KPS Peserta Didik di aplikasi Dapodikdas Versi 4.0.0. Hardcopy-Softcopy dikirimkan ke UPTD Paling Lambat tanggal 20 Agustus 2015
 
4. Kendala kendala dan solusi (FAQ) :
- Keterangan menerima BOS : Tidak Menerima, solusi : isi lengkap data profil sekolah termasuk NPWP.
- Hasil Install ada keterangan "beberapa data tidak ditemukan", dan muncul can't create file C://program file (x86)/dataweb/postgr...... : Install ulang dapodikdas, check dan hapus manual folder "dapodikdas" di C://program files (x86)/dapodikdas (jika masih ada) dan lanjut install ulang versi 4.0.0 yg terakhir (atau copy dari tmpat lain, bisa jadi karena copy paste kita di FD sdh error /rusak filenya. jangan lupa klik kanan pada icon installer pilih "run as administrator"
- untuk Ops baru = silahkan register menggunakan email yang baru, dan pastikan di sdm.data.kemdikbud.go.id jg diupdate register ulang dengan menggunakan SK OPs nya, untuk pengelolaan vervalpd NISN.
-kendala edit data PTK tdk bisa disimpan, muncul keterangan "tidak bisa disimpan" : solusi 1. ubah dulu PTK tsb menjadi status yg berlawanan
lalu save, kemudian kembalikan lagi ke status semula, save lagi. 2. buka lgi PTK tsb dan cek adakah kolom merah (mungkin di kolom NIP dan nomor ada tanda strip yg terhiden atau ada spasi)
 
5. Sumber-sumber informasi Dapodikdas dan yang terkait :
Cek progress : http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id
Generate prefill : http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/prefill_final
Verifikasi Validasi NISN : http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id
Forum Pendataan: http://sdm.data.kemdikbud.go.id
PIP/BSM-KIP : http://pip.kemdikbud.go.id/vip/
Grup DAPODIKDAS Facebook: https://www.facebook.com/groups/infopendataan.dikdas
 
6. Untuk Data Sarpras agar di perbaharui sesuai kondisi riil nya, pada inputan kondisi Sarana dan informasi terhadap bantuan2 yang pernah diterima di halaman isian profil sekolah.
 
7. Persiapkan data isian Pendataan Laporan Individu Tahun 2015 (Pastikan data isian Laporan Individu Padati datanya sama dengan isian DAPODIK baik jumlah PD-PTK-Sarpras dan kondisinya) - agenda awal Bulan September 2015
 
8.Data Siswa Miskin (baik yang menerima ataupun belum menerima bantuan dari kelas 1 s.d 9) dan Data Siswa Putus Sekolah Tahun Pelajaran sebelumnya (by name by address). agenda awal Bulan September 2015.
 
9. apabila masih ada kesulitan (*case by case pada aplikasi DAPODIK) yang lain, silahkan dikoordinasikan dengan Koordinator Dapodikdas di tingkat UPTD, atau dengan Relawan2 DAPODIK, atau dapat berkonsultasi langsung ke TIM KK Datadik Kab.Kebumen, atau langsung menghubungi Helpdesk Dapodikdas Pusat di Email :
sekretariat.dikdas@gmail.com,
infopendataan.dikdas@gmail.com,
koderegistrasi@gmail.com,
dapodikdas2014@gmail.com,
synchelperdapodikdas2013@gmail.com(khusus kasus sinkronisasi)
SMS Center : 085721025035
 

1 comments:

RIFQI PROJECT said...

trims gan....

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Wong Ndelok

BBM Contact