Sunday, November 29, 2015

Download Data Peserta UN SD dan SMP Tahun 2015/2016


Sudah lama saya vakum dari blog ini, bukannya tidak mau mengisi artikel yang saya ketik sendiri, namun sedang banyak tugas di luar sehingga saya tidak bisa update rutin, mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada teman saya yang ada di Sulawesi Tengah karena memesan artikel mengenai Peserta UN jenjang SMP.

Ujian Nasional bagi Sekolah pada jenjang masing-masing masih belum ditentukan namun menurut Kalender Pendidikan akan dilaksanakan pada Bulan Mei 2016.

Persiapan sudah dilakukan terutama bagi Siswa-Siswi tingkat SMA/MK yang beberapa waktu yang lalu suda melakukan Tes Uji Coba (TUC) untuk tahap 1. Jenjang Sekolah Dasar biasanya melakukan TUC pada akhir bulan Desember setelah melakukan Tes Akhir Semester 1 yang menurut kalender pertengahan Bulan Desember.

Untuk itu saya akan memberikan tutorial mengenai "Download Data Peserta UN SD dan SMP Tahun 2015/2016" agar dapat di download sehingga mudah untuk di cek/validasi sehingga nantinya data peserta UN semua jenjang tidak ada kekeliruan.

Terkadang sudah berkali-kali kita cek ternyata juga masih ada saja yang salah, apa karena kelelahan atau karena kurang teliti, ada baiknya memang harus dilakukan sejak awal walopun dalam perintah sampai tanggal 31 Desember 2015.

Saya sendiri belum melihat Juknis yang dikeluarkan oleh Kemendikbud tentang Ujian Nasional tahun 2015/2016. Tapi saya mendengar bahwa Pendaftaran Calon Peserta Ujian Nasional dilakukan melalui Aplikasi Dapodik pada jenjang pendidikan masing-masing.

Pada jenjang Pendidikan di SDN Tambaharjo khususnya siswa-siswi kelas 6 harus benar-benar teliti jangan sampai ada kesalahan dan kekeliruan karena jika sampai sudah menjadi ijazah maka akan menjadi masalah seumur-umur. Seperti yang dialami oleh salah satu Guru kami yang baru saja menyelesaikan Studi S1 nya, karena kesalahan Tempat lahir maka ijazah sudah tidak bisa dicetak lagi lalu ditambahkan hanya Surat Keterangan kesalahan Tempat Lahir. Tentunya anda tidak mau kan jika hal itu terjadi pada siswa-siswi anda, diri anda sendiri, dan orang lain.

Solusi jika data peserta anda tidak valid bisa diperbaiki melalui Aplikasi Dapodik Versi terbaru yaitu 401, saya belum edit tapi sudah ganti menjadi 402, tapi jangan khawatir karena Versi 402 justru malah sudah terbuka semuanya termasuk NUPTK masing-masing PTK. Segera lakukan Upgrade versi terbaru di Aplikasi Dapodik anda supaya jangan ketinggalan berita.

Namun jika sudah tidak bisa/expired mau tidak mau harus menggunakan Verval Dapodik, misal mengajukan Nama/TTL/lainnya yang berhubungan dengan calon peserta UN untuk semua jenjang.

Untuk mengetahui bahwa di VervalPD tidak ada masalah, cek di http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id pada menu Residu dan Konfirmasi usahakan sudah tidak ada daftar siswa, namun jika masih ada kemungkinan akan menyebabkan masalah dan segera harus diselesaikan dengan cara melakukan konfirmasi data.

Pastikan bahwa data anda pada VervalPD dan di Aplikasi Dapodik sudah benar sehingga anda dapat melakukan "Download Data Peserta UN SD dan SMP Tahun 2015/2016" dengan cara sebagai berikut:
2. Maka akan muncul seperti dibawah ini

3. Anda bisa melakukan login dengan menggunakan email dan password untuk login di Aplikasi Dapodik namun juga ada alternatif lainnya yaitu dengan memasukkan "KODE REGISTRASI".

4. Muncul Beranda yang berisi Informasi Operator Sekolah kalau mau melengkapi tinggal klik edit saja

5. Jika ingin melihat calon peserta klik Menu Calon Peserta UN disebelah kiri selanjutnya pada tabel sebelah kanan maka akan ditampilkan data siswa kelas VI di Sekolah anda masing-masing. Silahkan cek satu persatu apakah sudah benar data calon peserta UN pada sekolah anda. Supaya mudah dalam pengecekan data calon peserta UN silahkan melakukan download pada daftar peserta Ujian Nasional dengan cara mengklik Menu Unduh Peserta UN. Pada kolom Calon Peserta UN jika muncul tulisan merah berarti data kelengkapan siswa anda belum benar masih ada kekurangan segera lakukan syncronisasi dan menambahkan kekurangan data pada Calon Peserta UN.


6. Sebelum anda melakukan download sebaiknya anda mengatur urutan kursi, jika belum maka daftar peserta tidak akan bisa di download, caranya dengan meng klik menu Pengaturan No Kursi seperti dibawah ini. Untuk melakukan pengaturan urutan kursi bisa dengan melakukan double klik pada kolom Nama Urut Rombel sehingga akan muncul secara otomatis List Number berdasarkan urutan kelas misal 1,2,3,dst.

7. Jika sudah benar semua klik Simpan, lalu anda bisa mendownload data Calon Peserta UN.

Mungkin itu saja yang dapat saya bagikan informasinya mengenai "Download Data Peserta UN SD dan SMP Tahun 2015/2016" semoga bermanfaat, dan jangan lupa share yah artikel ini jika bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya.

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Wong Ndelok

BBM Contact