Sunday, August 28, 2016

INFO GURU PEMBELAJAR ONLINE

Berdasarkan hasil rapat koordinasi dengan Dinas Pendidikan Bidang PPTK hari Kamis, 25 Agustus 2016 perihal Guru Pembelajar , berkaitan dengan hal tersebut maka kami beritahukan sbb :

1. Kepada Guru yang Nilai Merah 1 – 5 mengikuti Diklat Moda Daring (Online ), Nilai Merah 6 – 7 mengikuti Diklat Model Campuran (Moda Daring dan Tatap Muka ).
2. Berkenaan dengan ini maka masing-masing guru untuk mempersiapkan diri dengan berlatih TIK ( Tekhnologi Informasi Komputer ) dan Mempersiapkan perangkat TIK yaitu PC/Laptop yang ada web camnya, atau Smart Phone Android/ios (front Camera) yang bisa digunakan untuk model streaming atau video call serta jaringan pendukungnya.
3. Diklat ini rencananya di laksanakan tanggal 7 September 2016
4. Jadwal akan tertera pada akun GPO nya masing2 PTK setelah login.
5. Mengingat waktu yang sudah mendesak mohon setiap PTK untuk segera berlatih login akunnya masing2 dan pastikan setiap PTK sudah memegang akun GPO nya sendiri2 apabila belum memiliki akun segera menghubungi koordinator Gugus nya masing2. Bila Koordinator Gugus/KKG mengalami kesulitan bisa konsultasi langsung ke UPTD.
6. Kepada Guru yang Nilainya Merah 8-10 akan mengikuti diklat Tatap Muka penuh ( jadwal menyusul )
Mohon yang menjadi anggota Grup ini untuk diteruskan kepada KS dan Masing2 Guru di sekolah, terima kasih

Friday, August 26, 2016

Soal Ulangan Harian IPS Ketampakan Alam dan Buatan

Soal Ulangan Harian IPS Ketampakan Alam dan Buatan

I. Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang benar!
1.     Rumah, gedung, dan jembatan termasuk ketampakan ...
2.     Gunung, sungai, dan laut termasuk ketampakan ...
3.     Jembatan berfungsi untuk menghubungkan ...
4.     Membuang sampah ... dilakukan disembarang tempat.
5.     Rumah bermanfaat sebagai tempat ...
6.     Hutan yang lebat dan mencegah …
7.     Ketertiban dan keamanan lingkungan harus …
8.     Melestarikan lingkungan alam dan buatan bermanfaat untuk …
9.     Perkebunan teh diusahakan didaerah yang udaranya …
10. Tanpa udara semua makhluk hidup akan …

II. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar!
11. Sebutkan 2 contoh lingkungan alam dan 2 contoh lingkungan buatan?
12. Apa saja penyebab terjadinya banjir?
13. Apa manfaat tanah yang subur?
14. Apa saja penyebab terjadinya pencemaran udara?
15.  Apa yang dimaksud dengan lingkungan buatan? Sebutkan 3 contohnya?



KUNCI JAWABAN:
I.
1. buatan
2. alam
3. jalan yang terputus
4. tidak boleh 
5. berlindung/tinggal
6. banjir/erosi
7. dijaga
8. kita semua/semua makhluk hidup
9. sejuk
10. mati

II.
11. Lingkungan alam (gunung dan hutan), lingkungan buatan (waduk dan pemukiman)
12. erosi, penebangan hutan secara liar
13. bisa untuk menanami sayuran
14. -
15. Lingkungan buatan ialah lingkungan yang terbentuk/terbuat dari manusia, contohnya pemukiman, pasar, jalan


Download Panduan dan Instrument PMP

Download Panduan dan Instrument PMP - Malam ini saya akan membagikan mengenai Penjaminan Mutu Pendidikan. Sebelumnya saya mohon maaf karena beberapa hari off sebab ada kesibukan yang tidak ada hentinya. Berbicara mengenai PMP sebelumnya saya sudah pernah membagikan maksud dan tujuan besar serta langkah mengerjakan PMP.

Untuk malam ini saya mencoba melakukan hal yang berbeda, yaitu saya akan membahas mengenai Panduan dan Instrument PMP. Apa saja yang ada dalam Panduan PMP, yang jelas pengisian PMP berdasarkan pada kuesioner yang diberikan kepada:
1. Kepala Sekolah
2. Guru
3. Komite
4. Siswa
5. Pengawas

Masing-masing mengisi kuesioner yang diberikan sebelumnya saya menggunakan kuesioner yang diberikan berupa jawaban angka dari 1,2,3,4 dan sekarang berbeda yaitu langsung sesuai yang ada pada Aplikasi PMP yang saya instal.

Yang membutuhkan Aplikasinya silahkan download dibawah ini

LINK INI

Untuk link dibawah ini juga merupakan panduan dari Pengerjaan PMP

DISINI

Sedangkan yang membutuhkan Kuesioner

DISINI


Selanjutnya anda juga membutuhkan instrument kuesioner yang wajib dibagikan kepada Kepala Sekolah untuk mengisi data sekolah, Guru kelas sebanyak 6 orang, Komite bisa diwalikan oleh wali siswa sebanyak 6 orang, siswa hanya untuk kelas tinggi 4,5,6 saja dan masing-masing kelas jumlahnya hanya diambil 10 sebagai sempel, pengawas sebagai validasi.

Lihat perbedaan instrument yang ada pada Panduan PMP dan Aplikasi PMP, silahkan anda pilih sendiri.

Panduan PMP
Aplikasi PMP



Selamat mencoba dan jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung

KABAR PENGURANGAN ANGGARAN TUNJANGAN PROFESI GURU TIDAK BERARTI HAK TUNJANGAN PROFESI HILANG

KABAR PENGURANGAN ANGGARAN TUNJANGAN PROFESI GURU TIDAK BERARTI HAK TUNJANGAN PROFESI HILANG - Menjawab kekhawatiran terhadap pengurangan anggaran Tunjangan Profesi Guru (TPG) Pegawai Negeri Sipil Daerah (PNSD), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memastikan pengurangan anggaran tersebut tidak mengurangi tunjangan profesi bagi guru yang berhak menerima tunjangan. Pengurangan anggaran tunjangan profesi guru yang dimaksud adalah mengurangi alokasi dana yang berpotensi tidak akan terserap pada tahun 2016.

“TPG PNSD tahun 2016 tetap dijamin akan dibayarkan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan, karena pengurangan anggaran Rp. 23,3 Triliun sebagaimana disampaikan Menteri Keuangan tidak akan menygurangi hak guru penerima TPG, namun hanya mengurangi alokasi dana yang berpotensi tidak akan terserap,” demikian disampaikan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Sumarna Surapranata, di kantor Kemendikbud, Jakarta, Jumat (26/08/2016).

Dirjen GTK mengatakan, pengurangan anggaran tersebut merupakan usulan Kemendikbud yang disampaikan oleh Sekretaris Jenderal melalui surat nomor 33130/A.A1.1/PR/2016 kepada Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tentang Permohonan Penghentian Penyaluran Tunjangan Profesi Guru dan Tambahan Penghasilan Guru Tahun Anggaran 2016 bagi sebagian daerah.

“Surat tersebut disampaikan ke Kemenkeu berdasarkan hasil rekonsiliasi yang telah dilakukan pada bulan Mei 2016 antara Kemendikbud, Kemenkeu, dan Pemda. Jumlah guru PNSD yang menerima SK Tunjangan Profesi sesuai dengan persyaratan peraturan perundang-undangan sekitar 90%, sehingga ada kemungkinan dana tidak akan terserap,” jelas Dirjen GTK yang lebih dekat disapa Pranata.

Lebih lanjut Pranata menjelaskan beberapa faktor penyebab pengurangan anggaran, antara lain guru pemilik sertifikat profesi yang telah pensiun, mutasi, promosi, tidak dapat memenuhi beban mengajar 24 jam, dan tidak linier dengan sertifikat pendidiknya. 

Untuk pembayaran TPG PNSD termin ketiga tahun 2016 (Juli sampai dengan September) akan dibayarkan sekitar bulan Oktober oleh Pemda. “Tunjangan profesi dan insentif bagi guru non PNS aman. Pembayarannya akan dilakukan oleh Ditjen GTK ke rekening masing-masing guru sesuai dengan ketentuan,” pungkas Pranata. ***


Jakarta, 26 Agustus 2016
Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Wednesday, August 24, 2016

Cara Membuka Akun Guru Pembelajar dan Melihat Raportnya

Cara Membuka Akun Guru Pembelajar dan Melihat Raportnya - Pengumuman penting bagi Guru/Kepala Sekolah/Pengawas yang belum mendapatkan password guru pembelajar silahkan gunakan cara berikut :
1. Siapkan No UKG 2015 (Lembar kecil saat kita melakukan Tes UKG)
2. Ingat ingat tanggal lahir 
4. Isikan No UKG dan tgl lahir, jangan lupa centrang "v" I'm not a robot,

setelah itu akan muncul seperti pada gambar, klik setuju

5. Pastikan isian sesuai, baru klik register
6. Otomatis kita dapat (download otomatis) sebuah file pdf, surat rahasia berisi username dan password

7. Ingat baik baik ussername dan password tsb. Bila perlu dicatat. 
8. Buka link berikut dg cara klik : http://sim.gurupembelajar.id
9. Isikan email (username) dan password sesuai dengan yang tertulis di surat.
10. Raport UKG 2015 nya pun muncul.


Sedikit info jika akun Guru Pembelajar anda sudah pernah diaktifkan maka cara diatas tidak berlaku, anda akan meminta username dan password dari Admin Dinas Pendidikan/P4TK/Ketua KKG/MGMP.

Muncul peringatan seperti pada gambar.

Selamat mencoba.

Cara Mendapatkan Akun Untuk Masuk ke Aplikasi Guru Pembelajar

Cara Mendapatkan Akun Untuk Masuk ke Aplikasi Guru Pembelajar - Untuk peningkatan kompetensi guru maka Ditjen GTK menyiapkan Aplikasi Guru Pembelajar. Peningkatan Kompetensi melalui Program Guru Pembelajar berdasarkan nilai UKG, sehingga setiap guru akan berbeda-beda modul yang akan dipelajari.

Semua guru yang ikut UKG bisa akses ke aplikasi dengan terlebih dahulu registrasi seperti cara digambar. Untuk lebih efektif disarankan agar semua guru masuk/terdaftar sebagai anggota KKG/MGMP/MKPS dsb.

Gunakan kesempatan ini untuk meningkatkan kompetensinya karena tugas bapak/ibu guru sangat berat yaitu menyiapkan peserta didik yang akan mengisi masadepan bangsa. Saat ini Ditjen GTK sedang rakor dengan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan Kab/Kota seluruh indonesia agar bisa mendorong para gurunya untuk ikut program Guru Pembelajar.

Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini yang dirangkum oleh Bapak Tagor Alamsyah Harahap.

2). Setiap Guru yang sudah mengikuti UKG langsung bisa masuk ke Aplikasi Guru Pembelajar yaitu dengan cara:
  1. Secara Mandiri (Akses Alamat Webnya)
  2. Melalui Ketua KKG/MGMP/MKPS/dst
  3. Melalui Dinas Pendidikan
  4. Melalui P4TK

3). Distribusi Cetak Akun pada Guru Pembelajar ada 4 cara:
  1.Registrasi Mandiri
  2. Admin P4TK
  3. Admin Dinas
  4. Ketua KKG/MGMP


4). Pastikan anda masuk pada anggota KKG/MGMP untuk dapat mempermudah masuk ke akses Guru Pembelajar


5). Bagi Guru yang belum bisa masuk menjadi anggota, silahkan arahkan ke yang sudah ada atau bentuk kelompok baru


Jika ada pertanyaan silahkan langsung hubungi Bapak Tagor Alamsyah Harahap, kurang lebihnya mohon maaf dan jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat.

Baca Juga : Cara Membuka Akun Guru Pembelajar dan Melihat Raportnya

Selamat mencoba

Tuesday, August 23, 2016

Garis Besar Tujuan dan Langkah Mengerjakan PMP

Garis Besar Tujuan dan Langkah Mengerjakan PMP - Pagi ini saya melakukan syncronisasi lagi karena ada perubahan pada anak pindahan, manfaatnya adalah untuk memasukkan peserta didik yang berhasil di tarik online.

Sesuai dengan perintah pada saat sosialisasi PMP, para Operator Sekolah diwajibkan menyelesaikan terlebih dahulu pengerjaan pada Aplikasi Dapodik, guna untuk mengerjakan PMP. Jika sudah selesai selanjutnya anda melakukan instal ulang PMP pada laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan atau bisa langsung menuju LINK INI.

Klik gambar untuk mengunduh:

Cara instal ulangnya hampir mirip dengan Aplikasi Dapodik V.2016. Untuk melakukan login anda tidak usah khawatir karena sistem loginnya sama dengan username dan password untuk masuk ke Aplikasi Dapodik,

Untuk lebih jelasnya berikut hasil sosialisasinya:


PMP (Penjamin Mutu Pendidikan)



1.       Pembukaan

2.       Prakata 
Bapak Tasiyo, pemutahiran Dapodik 2016/2017. Harapannya nanti data dapodik segera diisi.
Sekolah wajib mengisi aplikasi PMP yang sudah terintegrasi dengan aplikasi Dapodik. Untuk mengisi PMP, harapannya dapodik sudah terisi.

Sekolah wajib mengisi reponden, diantaranya oleh:
1. Responden siswa, yaitu Kelas 4,5,dan 6, masing masing kelas maksimal 10 siswa. Kalau kurang dari 10 tidak masalah. Jadi maksimal 30.
2. Responden Guru. Guru kelas 1 – 6, baik PNS maupun Non.
3. Responden Komite sekolah hanya perwakilan dari komite kelas 1, kelas 2, kelas 3, kelas 4, kelas 5, kelas 6. Kalau tidak cukup komitene, bisa diwakili paguyuban Kelas (ortu) Komite dibuatkan email.
4. Responden Kepala Sekolah
5. Responden pengawas Dabin Pengawas sudah ada email e sendiri

Khusus untuk Kepala Sekolah, minggu2 ini dan seterusnya PKKS. Hari ini ada yang dipending yaitu SDN Bonjok. Diundur tanggal 13 September 2016. Hari Senin, yoiku Pekuwon dan Mangunharjo diundur tanggal 8 september. Tanggal 30 Agustus diundur tanggal 10 September. Tanggal 1 september diundur tanggal 12 September. 2 september diundur tanggal 13 september.

Saat raplat pleno, sosialisasikan visi, sosiaslasikan misi, KS Tampil, kalau masalah keuangan baru Komite yang tampil.


3.       Sistem Informasi Mutu Pendidikan
SPMP = Sistim Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah). Dalam SPMP, terbagi menjadi 2.

1.       SPMI (Sistem penjaminan mutu internal)

Kegiatan difokuskan pada satuan dasar baik dasar maupun menegah, yaitu SD, SMP, SMA.
Terjaminnya budaya mutu pendidikan yaitu dengan mengisi kuesioner oleh:
a.       KS
b.      Guru
c.       Tenaga kependidikan/administrasi
d.      Komite/Diwakili paguyuban siswa

5 tahap SPMP
1.       Pemetaan mutu.
Pengisian kuesioner Siswa per kelas minimal 10 siswa
Pengisian kuesioner guru ada 6
Pengisian kuesioner komite ada 6

Pengisian EDS sebagai dasar pengisian pemetaan. Makanya dibutuhken :
Kejujuran
Transparan
Isi sesuai tabel
Data kudu akhirat, ehh..akurat/tepat.
Njuk ujung2e pengisian pemataan nyangkut ke 8 standar.

Visi misi dibuat setelah sekolah menyusun EDS
2.       Penyusunan/perencanaan program
3.       Implementasi  peningkatan mutu
4.       Evaluasi

2. SPME (Sistem Penjaminan Mutu Eksernal)

 Maksudnya adalah seperti pada Badan Akreditasi dan lembaga kependidikan lainnya yang melakukan survey pada tiap-tiap sekolah agar penjaminan mutu pendidikan di sekolah dan berkembang dan sesuai dengan SPM (Standar Pelayanan Minimal).

4.       Persiapan PMP
Langkahnya :
a.       Harus menyelesaikan Dapodik
b.      Menginstal aplikasi PMP
c.       Mengunduh instrumen, diisi, dicek KS, pengawas ngecek, kalau sudah palid baru dionlinekan. Kevalidan data tanggungjawab kepala sekolah, bukan OPERATOR.
d.      Jumlah responden disesuaikan
e.      Dampingi saat pengisian
f.        Instrumen yang sudah diisi diteliti KS, lalu diserahkan ke Pengawas (Bapak Tasiyo), diverifikasi, kalau ada yang diperbaiki ya didandani sit. Kalau sudah valid baru dionlinkan.
g.       BATAS TANGGAL 15 SEPTEMBER 2016

Keterangan pada pengisian PMP kepada responden harus sesuai dengan perintah, misalnya:
Jawaban untuk pilihan angka dilakukan dengan melingkari
Jawaban untuk pilihan bertandan O dilakunan dengan menyilang (X) satu atau lebih tanda
Jawaban untuk pilihan bertanda kotak dilakukan dengan menyilang (X)
Peningkatan Budi Pekerti diisi dengan data sesunguhnya.

Ini untuk Kecamatan Adimulyo, ditempat lain terserah                KS Mengumpulkan instrumen dan dikumpulkan ke pengawas mulai tanggal 29 agustus, tanggal 5 dikembalikan ke SD, njuk tinggal tugas operator.


Sekian mengenai "Garis Besar Tujuan dan Langkah Mengerjakan PMP", semoga dengan penjelasan diatas anda dapat menyerap intisari dari Aplikasi PMP yang baru ini. Jangan lupa share jika artikel ini bermanfaat dan like facebook ini.

Perbedaan Warning dan Invalid Pada Aplikasi Dapodik V.2016

Perbedaan Warning dan Invalid Pada Aplikasi Dapodik V.2016 - Sebelum saya membahas mengenai PMP, terlebih dulu saya menjelaskan mengenai tanda baca pada Aplikasi Dapodik. Karena masih ada teman-teman OPS yang bingung dengan 2 tanda yang di munculkan oleh Aplikasi Dapodik V.2016.

Kali ini 2 tanda ini berada pada menu Validasi yang didalamnya terdapat sub menu yaitu Sekolah, Sarpras, peserta didik, PTK, Rombongan belajar, dan pembelajaran.

Awal masuk kita mengklik Validasi maka akan ada perintah suruh untuk membuka semua tabulasi agar muncul dengan jelas submenu mana yang masih terkena tanda warning dan invalid.

Sekarang kita bahas mengenai perbedaan Warning dan Invalid:

No
Warning
Invalid
1.
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Warning berarti memperingati
Sedangkan Invalid dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti “cedera/cacat

2.
Dari makna memperingati berarti masih bisa di lakukan
Sedangkan kata cedera/cacat berarti harus diganti

3.
Dalam Aplikasi Dapodik jika ada tanda Warning berarti masih bisa di betulkan/diisi dengan benar/bisa juga mengisi data secara lengkap


Seperti kasus pada Jumlah Rombel, jika rombel di sekolah anda kurang dari 20 anak maka di Aplikasi Dapodik muncul tanda warning.
Sedangkan jika pada Aplikasi Dapodik muncul keterangan Invalid maka kita wajib mengganti asalkan memang sesuai dengan keadaan sekolah kita pada Aplikasi Dapodik.



Sedangkan jika muncul tanda Invalid maka kita harus merubah/mengganti/mengisi data dengan benar.

Jelasnya adalah jika kita membuka ada tanda warning pada "Rombongan Belajar", maka kita klik submenu pada Rombongan belajar, nanti dibawahnya akan ada keterangan mengenai apa yang mendapatkan peringatan sehingga kita masih bisa mengganti atau jika sudah sesuai dengan kenyataan jumlah siswa kurang dari 20 biarkan saja.

Kesimpulannya adalah jika muncul tanda Warning kita masih bisa melakukan Syncronisasi, namun jika muncul tanda Invalid maka kita wajib untuk mengganti/merubah/mengisi secara lengkap kolom yang masih kosong.

Selamat mencoba, jika masih ada pertanyaan silahkan lakukan komentar pada FB : https://www.facebook.com/sdntambaharjo654/

Terima kasih atas kunjungannya dan jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat.

Soal Latihan Operasi Hitung Pecahan Kelas 5 SD Matematika

 Soal Latihan Operasi Hitung Pecahan
Jawablah soal-soal di bawah ini dengan uraian yang benar!
1.      Pak Hasan mempunyai ladang seluas  ha ,  ha ditanami jagung,   ha ditanami singkong, dan sisanya ditanami kacang. Berapa hektarkah bagian yang ditanami kacang?
2.      Jarak kota P dan Q adalah 360 km. Jarak pada peta adalah 9 cm Tentukan skala peta tersebut!

3.      Uang Adi berbanding uang Tono adalah 5 : 7. Jika uang Tono Rp50.000,00 lebih banyak dari uang Adi, berapakah uang Adi?

JAWABAN

Pembahasan Soal Latihan Operasi Hitung Pecahan
1.      Bagian yang ditanami kacang =   -  -  =  ha
2.      Skala peta   9 cm  : 360 km = 9 : 36.000.000 = 1 : 4.000.000
3.      Uang Adi  = x Rp50.000,00 =Rp 70.000,00
4.      Jarak kota P dan Q pada peta =  180 km : 1.200.000 cm = 18.000.000 km : 1.200.000 = 1,5 cm
5.      perbandingan jumlah lingkaran yang diarsir dengan jumlah seluruh lingkaran = 7 : 20


Selengkapnya Soal Latihan Operasi Hitung Pecahan dan unduh

Soal dan Pembahasan Volume Matematika Kelas 5 SD TA 2016/2017

Soal Latihan Volume
Selesaikan soal-soal di bawah ini dengan tepat!
  1. Volume sebuah kubus adalah 35.937 cm3. Tentukan
a.       Panjang rusuknya.
b.      Luas alas kubus
  1. Diketahui kubus kecil dengan panjang sisi 3 cm. berapa banyak kubus kecil yang dapat dimasukkan ke dalam kubus besar yang berukuran 30 cm x 30 cm x 21 cm?
  2. Sebuah kubus berukuran 50 cm x 28 cm x 42 cm. jika kubus tersebut berisi air setengah bagian, berapa liter volume air tersebut?
  3. Diketahui tinggi dan volume balok adalah 11 cm dan 176 cm3. Panjang balok tersebut adalah 3 kali dari lebar balok tersebut.
a.       Tentukan luas alas balok.
b.      Tentukan panjang dan lebar balok.
  1. Diketahui volume balok 243 cm3. jika luas alas balok adalah 27 cm2, berapakah tingginya?

 JAWABAN

Pembahasan Soal Latihan Volume
  1. A. panjang rusuk = 33
Luas alas = 33 x 33 = 1089cm2
  1. Volume kubus kwcil = 27
Volume kubus besar = 30 x 30 x 21 = 18900.
Jadi, banyaknya kubus kecil = 18900:27 = 700 buah
  1. Volume kubus = 58800
Setengah volume kubus = 58800:2 = 29400
  1. Tinggi = 11
Volume = 132
a.       Berarti luas alas = 12
b.      Lebar = 2
Panjang = 3 x l = 3 x 2
  1. Tinggi =243 : 27 = 9 cm
Jadi, tingggi balok adalah 9 cm.





Selengkapnya Soal Latihan Volume dan unduh

Friday, August 12, 2016

Langkah Memasukkan Peserta Didik Baru ke Rombel pada Aplikasi Dapodik V.2016

Langkah Memasukkan Peserta Didik Baru ke Rombel pada Aplikasi Dapodik V.2016 - Banyak orang yang bertanya bagaimana langkah kita memasukkan peserta didik baru melalui aplikasi dapodik. Aturan mainnya jangan salah karena bisa menyebabkan data tidak valid sehingga kita tidak bisa melakukan syncronisasi.

Sebenarnya mudah saja namun juga kita harus selalu mengikuti langkah yang ditentukan berdasarkan FAQ dari Aplikasi Dapodikdasmen yang akan kita bahas pada pagi hari ini.

Disini sekarang hujan deras padahal sudah masuk ke musim kemarau, sehingga lomba-lomba 17-an banyak yang diundur.

Langsung saja sekarang kita coba "Langkah Memasukkan Peserta Didik Baru ke Rombel pada Aplikasi Dapodik V.2016", berikut:
1. Setelah anda benar-benar selesai melakukan input data peserta didik baru misalnya ini saya dengan menggunakan tutorial video bagaimana cara memasukkan peserta didik baru DISINI
2. Jika sudah sekarang anda masuk ke beranda aplikasi selanjutnya masuk ke Peserta Didik
3. Setelah masuk ke Peserta Didik selanjutnya adalah menuju ke data siswa kelas 1 baru, yang anda lakukan adalah dengan mengklik salah satu siswa baru supaya siswa benar-benar aktif lalu klik registrasi pada sisi atas

4. Jika sudah semuanya sekarang anda langsung menuju ke rombongan belajar, klik kelas 1 baru lalu klik anggota rombel
5. Tinggal blok semua siswa yang belum masuk ke rombel dan jangan lupa itu adalah siswa baru
6. sekarang menuju ke beranda dan lanjutkan dengan lihat pada tabel sebelah kanan Jumlah Peserta Didik per Rombel
7. Jika sudah muncul sekarang yang anda lakukan adalah masuk ke validasi/syncronisasi
8. Jika masih banyak invalid, silahkan lengkapi

Lihat videonya DISINI

Sudah beres dan semoga berhasil
◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Wong Ndelok

Blog Archive

Copyright 2013 SD Negeri Tambaharjo: August 2016 Template by Desa. Powered by Blogger