Thursday, April 7, 2016

Peluang Usaha Bagi Honorer GTT/PTT Sebagai Tambahan Penghasilan

Posted by Blogger Name. Category:

Peluang Usaha Bagi Honorer GTT/PTT Sebagai Tambahan Penghasilan - Sesuai dengan judul artikel ini saya akan memberikan tips dan trik juga beberapa sedikit usulan bagi anda yang suka dengan komputer/bongkar pasang komputer/PC serta suka dengan mengetik dan sebagainya.

Tentunya kumpulan peluang usaha ini bisa anda lakukan pada jam-jam aman bukan jam mengajar dan sebagainya karena hanya membutuhkan niat dan konsisten dengan pekerjaan yang dilakukan. Sebagai sedikit penyemangat kabar baiknya blog SDN Tambaharjo Alhamdulillah bisa menutup uang bulanan dan lain sebagainya meskipun sedikit tapi cukup untuk seorang Honorer.

Sebelum saya membagikan mengenai peluang usaha apa saja yang bagus untuk Honorer GTT/PTT sebagai tambahan penghasilan, simak beberapa peluang yang sudah saya jalankan selama 4 tahun belakangan ini, berikut:


Peluang Usaha saya selama menjadi Honorer GTT/PTT sebagai Tambahan Penghasilan:

1. Operator Sekolah

Selain saya sebagai Guru Kelas saya juga merangkap menjadi Operator Sekolah, bagi anda yang biasa mengerjakan Dapodik, VervalPD, NUPTK, Bio System, PIP, dan lain sebagainya tentunya tahu sendiri berapa honor/gaji untuk mengerjakan semua aplikasi yang diberikan kepada Operator Sekolah. Kalo saya sih lumayan untuk membeli kebutuhan BBM saya selama sebulan dicukup-cukupkan.

2. Penulis

Kalo yang ini ada berbagai macam cara jika anda menjadi penulis, misalnya menulis sebuah majalah cerita dalam Bahasa Jawa dan sebagainya. Bisa juga dengan menjadi rewriter (bahasa gaol nya penulis brooo). Untuk mencari pelanggan anda bisa langsung bergabung dengan group-group penyedia jasa penulis. Tentunya anda juga harus menguasai bahas EYD yang benar, untuk masalah harga biasanya untuk artikel original di majalah dihargai dengan Rp 500.000 sekali tayang, itu dulu kurang tahu kalau sekarang. Dan untuk anda yang suka menulis bahkan bisa berbahasa Inggris kemungkinan besar biaya jasa penulisan artikel sangat mahal. Misal untuk 500 kata dalam Bahasa Indonesia dengan niche bermacam-macam bisa kesehatan/health, pendidikan/education, asuransi/insurance, design rumah/home design, tips dan trik, keuangan/finance. Harganya dalam Bahasa Indonesia 500 kata adalah Rp 6.000. Untuk 1000 kata bisa mencapai Rp 10.000.

Dan bila menggunakan artikel Bahasa Inggris dan tanpa copas dari blog misal membuat sendiri dan bebas plagiat anda bisa menghasilkan untuk 500 kata Rp 12.000 dan 1000 kata Rp 17.000. Biasanya penulis akan membuat daftar paket, biasanya teman saya memesan artikel Berbahasa Inggris sebanyak 100 artikel dengan jumlah kata sebanyak 300-500 kata dihargai Rp 350.000. Jadi peluang besar anda jika suka menulis artikel sendiri dan bebas plagiat seperti membuat Abstrak pada Laporan Tugas Akhir atau PKP.

3. Mengelola Blog

Anda jangan kaget kalau saya baru mengenal platform blogger sejak 2013 dan itu berkat salah satu kerabat yang sekarang sudah pisah karena masalah pribadi. Sebetulnya bukan masalah besar, namun hanya soal kepercayaan. Untuk mengelola Blog dibutuhkan Laptop/PC/Komputer/HP, modem, baik lagi kalo sudah ada wifi (niatnya pengin pasang, apa daya di Desa saya belum ada jaringan), selain itu juga email untuk membuat suatu blog kita membutuhkan email fresh usahakan masih fresh belum pernah digunakan, dan jangan email pribadi karena nanti bersifat publik.

Sebenarnya saya akan memberikan tutorial mengenai cara membuat Blog mudah dan cepat tanpa repot, namun karena saya sendiri ada pekerjaan lain jadi saya undur dulu, besok menunggu ada waktu luang lagi. Sebetulnya mudah namun membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menghasilkan sebuah money. Untuk blog SDN Tambaharjo yang sekarang saya kelola ini, Visitornya tidak lebih dari 2K alias (rongewu) dan Pageview nya hanya sekitar 5K (mangewu). Itupun kalo saya sering update, namun jika tidak ya jangan harap punya kelebihan, justru sebuah blog bisa mendapatkan pengunjungnya adalah dari; a. artikel fresh (baru) ; b. social; c. doa.

Semuanya sangat bermanfaat guna memajukan blog kita supaya menjadi number one di Jajaran Google. Tentunya jika sudah nangkring di Page One semua orang bisa melihat, contohnya saja di blog ini dengan kata kunci "cara scan ijazah" kemarin saya cek sih masih di Page One entah sekarang apa masih nangkring atau tidak. Yang jelas semakin kita sering update dan memberikan kualitas pengetikkan menggunakan khas bahasa kita sendiri. Orang-orang akan datang dan memberikan licensi bahwa blog kita asli bukan hasil plagiat.

Untuk estimasi blog SDN Tambaharjo saya berikan sedikit bocoran, anda jangan kaget karena hasilnya belum cukup umur. Untuk 1 hari blog ini lumayan menghasilkan sebesar $ 1 - 2, itupun jika sebulan bisa dicairkan, terkadang membutuhkan waktu hingga 3 bulanan. Nasib blog musiman yah.

Sebagai tambahan anda jangan membuat blog musiman, apa maksudnya?
Blog musiman seperti blog Download Soal dan Kunci Jawaban Ujian Nasional SD dan sebagainya, dipastikan setelah musim ujian selesai blog anda akan zonk alias bolong tidak ada pengunjung yang mampir, jadi usahakan buat blog dengan title misalkan recomended banget (kesehatan, asuransi, keuangan, dsb) masih banyak lagi dan tidak bisa saya sebutkan.

4. Youtuber

Ini sama dengan Mengelola Blog, bahkan bisa disatukan dalam 1 email, untuk tutorialnya kita tunggu waktu yang tepat. Youtuber adalah sebutan bagi mereka yang bergelut didunia Youtube/upload video. Hal ini sama dengan mengelola blog, karena hasil yang didapat juga lumayan besar. Bedanya kalau blog itu berupa artikel atau tulisan sedangkan untuk Youtube adalah sebuah visual berupa video yang dapat dimafaatkan untuk: a. promosi; b. jual barang; c. review produk; d. pamer.

Jika anda ingin bermain Youtube, sangat mudah sekali hanya membutuhkan email, untuk tutorial menunggu saya ada waktu luang. Hanya saja untuk video kita harus membuat video tersebut menjadi unik dan mengandung banyak arti. Misal hanya upload video dengan durasi kurang dari 15 detik maka pengunjung yang melihat tidak akan kembali lagi.

Usahakan video yang anda buat memiliki waktu panjang sekitar 2 menit atau lebih dan jangan lupa untuk mengedit video. Video yang paling banyak di cari adalah mengenai hal-hal yang lucu dan aneh. Misalkan dengan kata kunci Riches Kids Billionare in Dubai atau Lamborghini Girl Gold Prank atau Exotic cars in Dubai dan masih banyak lagi.

Jika video yang anda buat unik dan lucu maka orang akan memberikan subscribe dan tentunya anda akan mendapatkan money dari video tersebut, caranya adalah dengan mendaftarkan akun, tutorialnya menunggu bro.

5. Admob-er

Untuk satu ini membutuhkan banyak modal karena kita harus memiliki akun di playstore, masih bergelut dengan modal awal sekitar $25 untuk saat ini saya kurang begitu update karena sudah jarang bermain. Namun perlu anda ketahui bahwa jika anda bermain Admob, hasil yang didapatkan juga sebanding dengan kerjaan anda. Admob dapat menghasilkan banyak money jika kita membuat Aplikasi. Entah itu berupa Aplikasi Game, Education, Buku, dll kita bisa menghasilkan Dollar yang tidak sedikit jumlahnya.

Contoh saja, anda memiliki HP Android! Pernah download Game di Playstore? Pasti saat anda memainkan game sering muncul banyak iklan di smartphone anda. Dan anda terkadang tidak sengaja mengklik iklannya. Itu yang dinamakan dengan Aplikasi Admob, butuh keterampilan dan usaha yang besar namun usaha anda tidak akan sia-sia jika ada 50K orang mendownload Aplikasi baik itu berupa Game atau lainnya anda bisa menghasilkan money yang banyak estimated $1000/month.

6. Jual Beli Fresh Email

Yang satu ini anda membutuhkan banyak Laptop/PC/Komputer bahkan saya pernah melihat Smartphone hingga mencapai ratusan. Mungkin anda hanya mencemooh, Apa iya email di jual?
Awal saya mendengar sepertinya aneh dan ajaib. Padahal tahu sendiri kan untuk membuat email itu gampang-gampang susah. Untuk membuat satu email kita hanya membutuhkan waktu kurang dari 5 menit. Yang paling lama adalah menunggu verifikasi kode dari nomor telepon anda.

Sudah jelas bukan hal mudah untuk melakukan jasa pembuatan Fresh Email, kalau saya sendiri tidak begitu suka dengan pekerjaan ini karena membutuhkan smartphone banyak dan juga waktu saya terbuang. Harga yang dipatok untuk satu buah email antara Rp 500 - 2000/email tergantung dari kartu perdana yang digunakan. Apabila membelinya borongan pastinya akan mendapatkan diskon besar-besaran. Biasanya saat saya masuk ke Group yang hubungannya dengan Blog ada orang menjual email sebanyak 10.000 Fresh Email dengan harga kisaran Rp 2 juta.

Bisa dibayangkan berapa banyak alamat email dan password yang dibuat untuk 1 orang. Email sebanyak itu bukan dibuat sendiri namun membutuhkan banyak orang  untuk membuatnya. Coba bagaimana jika 1 orang membuat email sebanyak itu, yang pasti tangan pegel-pegel, butuh waktu sampai berbulan-bulan, belum smartphone anda kalau rusak dan bagaimana dengan pekerjaan anda sebagai Honorer GTT/PTT. Amburadul.

7. Jual Beli Tanaman Bunga dan Buah

Untuk hal ini saya sudah pernah jual beli tanaman buah yang dapat diletakkan di dalam rumah seperti apel india, klengkeng, dan lain sebagainya. Namun karena prospek di Desa sangat susah oleh karena itu kali ini saya berhenti menjadi penjual Tanaman dan Buah. Jika anda berminat untuk bergabung dengan usaha saya ini anda bisa menghubungi saya di Facebook

8. Freelancer

9. Pajeg Motore Tanggane

10. Beternak Lele, Kroto, dll

11. Liburan

12. Jualan Kripik Tempe


Gambar diatas hanyalah ilustrasi saja, jangan tertarik dengan banyak uang dan lain sebagainya. Jika kita benar-benar melakukan usaha pasti kita akan menemukan jalan untuk menuju SUKES, untuk itu jangan hanya omdo (omong doank) tapi lakukan dan kerjakan.

Tunggu kabar selanjutnya saya mau kerja dulu, salam sukses...

1 comments:

Guru Kelas said...

yang bikin ngilu itu no 9 pak,, pajak motore tanggane,,, wkwkwkwkw salam mzringgo.com
peluang usaha Ops juga ada di http://www.mzringgo.com/2015/12/cara-mudah-menghasilkan-uang-untuk.html

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Wong Ndelok

Blog Archive