Tuesday, May 10, 2016

File Excel Pengolahan Nilai Ujian Sekolah SD Tahun 2015/2016


File Excel Pengolahan Nilai Ujian Sekolah SD Tahun 2015/2016 - Meskipun waktu Ujian Sekolah tinggal menghitung hari namun sudah banyak Sekolah khususnya jenjang SD melakukan pengumpulan nilai sejak bulan-bulan lalu.

Karena saya tidak mendapatkan tugas jadi terpaksa mengikuti saja perkembangan saat ini apa ada perintah apa tidak, namun salah satu guru senior meminta saya mengerjakan Pengolahan Nilai Ujian Sekolah SD Tahun 2015/2016 ini.

Kendala pada Aplikasi ini adalah secara manual, namun itu juga sudah mendapatkan perbaikan, meskipun tampilannya sederhana Aplikasi Pengolahan Nilai ini sudah saya pakai selama 2 tahun ini yaitu 2013/2014 dan 2014/2015.

Nilai yang diolah adalah nilai sejak siswa berada di kelas 4 semester 1 sampai dengan siswa di kelas 6 semester 1 jadi jika dihitung maka ada 5 semester untuk dasar pengolahan nilai atau lebih tepatnya semester 7-11 yang akan menjadi sumber pengolahan nilai Ujian Sekolah Tahun 2015/2016 ini.

Meskipun sebenarnya masih ada kendala lain misalnya pada di tempat saya sekarang sudah tidak menggunakan Kurikulum 2013, pada saat itu siswa yang sekarang akan menghadapi Ujian Sekolah pernah mengalami menggunakan Kurikulum 2013. Kita tahu bahwa penggunaan Kurikulum 2013 ini tidak masuk ke dalam raport sehingga untuk mendapatkan nilai harus mendapatkan koversi nilai.

Raport hasil dari Kurikulum 2013 hanya diprint menggunakan secarik kertas dengan perolehan nilai siswa adalah menggunakan huruf (misal A, B-, C, D). Untuk itu perlu dilakukan koversi nilai misal nilai siswa adalah A dengan skala 4 berarti nilai siswa diantara 86-100. Jika anda ingin melihat koversi nilai menurut Juknis Kurikulum 2013, berikut pada gambar.

Jika sudah mendapatkan nilai koversi maka selanjutnya kita masukkan ke dalam Aplikasi Pengolahan Nilai Ujian Tahun 2015/2016 ini secara manual.

Tata cara penggunaan Aplikasi Pengolahan Nilai Ujian Tahun 2015/2016:

1. Download Aplikasi DISINI
2. Jika sudah anda download selanjutnya adalah memasukkan Nilai Raport hasil koversi dari Kurikulum 2013 menjadi nilai biasa, dan untuk raport untuk nilai tetap 2 angka dibelakang koma (8.00).
3. Masukkan dari semester 7-11 sesuai dengan urutan siswa tersebut.
4. Untuk mendapatkan jumlah siswa anda tinggal paste kolom siswa agar muat untuk seluruh siswa
5. Pada kolom Nilai Ujian Sekolah (NUS) isikan sesuai dengan nilai siswa tersebut jangan lupa nilai bukan puluhan melainkan satuan dengan 2 angka dibelakang koma (8.00).
6. Bobot Nilai Raport (NR) sesuaikan dengan Juknis saat ini, dan juga pada Bobot Nilai Ujian
7. Pada kolom Penetapan Nilai sesuaikan dengan SKL di Sekolah anda, hal ini dapat menentukan apabila dibawah SKL maka pada kolom Lulus/Tidak Lulus akan langsung memberikan sinyal.
8. Misal jumlah nilai total sudah ditambahkan dan hasilnya dibawah nilai penepatan maka siswa dianggap tidak lulus, sebaliknya jika nilai diatas nilai penepatan maka siswa dianggap lulus.
9. Usahakan data siswa sesuai dengan DNT, karena saya sendiri yakin nantinya untuk Petugas yang biasa mengisi ijazah tidak kebingungan jika ada kekeliruan meskipun bukan untuk acuan karena Petugas sudah dibekali dengan Diklat dan Akte siswa yang bersangkutan dan juga DNT.
10. Usahakan pada kolom yang saya tandai dengan warna jangan dihapus karena sistem masih manual tidak saya beri protect.

Jika anda ingin mengedit silahkan karena ini saya juga dapatkan dari salah satu sahabat saya di Operator lalu saya edit kembali supaya lebih mudah dan simple dengan penambahan Nilai rata-rata dan Lulus/Tidak Lulus.

Demikian mengenai "Aplikasi Pengolahan Nilai Ujian Tahun 2015/2016" semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini supaya dikenal baik lagi. Terima kasih atas kunjungannya.

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Wong Ndelok

BBM Contact