Friday, January 26, 2018

Tahapan Verifikasi dan Validasi PIP Tahun 2018 Simple dan Cepat

Posted by Blogger Name. Category: , , ,

Tahapan Verifikasi dan Validasi PIP Tahun 2018 Simple dan Cepat - Kali ini saya akan memberikan informasi mengenai Verifikasi dan Validasi PIP Tahun 2018, yang sudah memasuki tahap 14 namun belum dapat diaktivasi karena masuk ke tahap awal.

Sudah lama saya tidak aktif mengerjakan soal dan cara-cara dalam blog SDN Tambaharjo ini, karena banyaknya pekerjaan di luar menjadikan saya kurang konsisten dan fokus pada 1 blog, sedangkan saya masih memegang lebih dari 1 blog ini, maka dari itu saya mohon maaf yang setulus-tulusnya apabila selama ini ada pesan masuk saya tidak pernah membalas karena pekerjaan saya yang tidak hanya mengurusi data sekolah tapi juga data pekerjaan saya di rumah.

Dan saya mengucapkan terima kasih yang setinggi-tinggi atas partisipasi anda di dalam blog ini yang konon blog ini sudah hampir terbengkalai sejak November 2017. Mungkin nanti saya akan mengupdate beberapa atau mungkin saya usahakan untuk selalu upload cara atau mengenai hal lainnya seputar pendidikan.

Sebelum masuk ke inti cerita, terlebih dahulu simak pesan dari Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar di bawah ini:

Penting!!!
  • Validasi SK 2017 
    Yth , Operator sekolah. Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar mohon bantuan kepada bapak/ibu operator sekolah untuk memvalidasi kembali siswa pip 2017 yang telah kami SK kan 
     Berkaitan dengan hal tersebut , bapak/ibu bisa mengakses menu Validasi di aplikasi ini dan mulai memvalidasi siswa yang masih layak / tidak layak di SK kan di tahun anggaran 2018
Data dibawah Ini adalah data Siswa yang menerima PIP tahun 2017, Apabila terdapat siswa yang tidak layak untuk mendapat PIP ditahun 2018 harap segera Update menjadi tidak layak agar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tidak meng SK kan kembali siswa tersebut.


Pertama yang harus anda lakukan adalah login pada laman di bawah ini:
2. Setelah anda melihat seperti gambar di bawah ini
User :  masukkan Email Dapodik anda
Password : Password Dapodik anda


3. Setelah itu anda akan melihat 3 menu utama, pilih paling bawah Validasi Data

4. Setelah itu akan muncul jumlah siswa dari tahap awal sampai akhir yang pernah menerima pada Tahun 2017

5. Jika anda bingung hanya melihat 10 baris anak, anda bisa rubah menjadi paling maksimal 100 baris tampilan dalam 1 halaman

Ubah menjadi 100


6. Jika sudah, biasanya siswa kelas 6 karena sudah lulus tidak mungkin akan diusulkan di SD lagi karena mereka sudah di SMP, sebaiknya anda ajukan sebagai Status Tidak Layak, karena sudah Lulus/Tamat SD, dan pada bagian paling kanan klik Ubah Menjadi Tidak Layak, maka akan diproses secara otomatis

7. Lakukan hanya pada siswa yang memang tidak layak, seperti anak tidak diketahui keberadaannya dan sebagainya anda bisa lihat pada menu "Alasan Tidak Layak"

Jika Ada Kesalahan Pembatalan siswa, Silakan Refresh/Reload Halaman kemudian ajukan lagi sebagai siswa Layak PIP

Update!
  • Menu Download SK PIP 2017 Sudah Tersedia.

8. Biasanya setelah anda melakukan konfirmasi mengenai Verifikasi dan Validasi PIP Tahun 2018, selanjutnya adalah download,

9. Pada menu bagian kanan ada tulisan, Download Data, silahkan pilih
    a. Download SK 2017 pertahap, untuk melihat jumlah siswa dan tahap berapa

    b. Download keseluruhan (berarti semua pada tabel baik layak maupun tidak layak) ini yang 
        akan kita download

    c. Sedangkan untuk Download Hasil Validasi, ini hanya yang kita buat tidak layak saja

10. Jika sudah didownload selanjutnya adalah tinggal edit dan lengkapi supaya data yang nanti kita kirim tidak salah.

Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf karena dengan cara ini saya menjadi terlambat melakukan Verifikasi dan Validasi, tapi yang jelas saya sangat senang bisa berbagi mengenai artikel yang berjudul "Tahapan Verifikasi dan Validasi PIP Tahun 2018 Simple dan Cepat", terima kasih atas kunjungannya.

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►