Posted by Blogger Name. Category: 
Download Kisi-Kisi UN 2015
 , 
Kisi-Kisi SMA
 , 
Kisi-Kisi SMK
 , 
Kisi-Kisi SMP
Kisi Kisi
Ujian Nasional (UN) 2015 SMP/MTs/SMPLB, SMA/MA/SMALB, Paket B, Paket C, dan SMK
Badan Standar
Nasional Pendidikan (BSNP) telah menerbitkan Kisi-Kisi Ujian Nasional (UN) Tahun
2015, melalui Peraturan BSNP Nomor: 0027/P/BSNP/IX/2014
Download
Kisi-Kisi UN 2015 DI SINI
A.
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs
1. BAHASA
INDONESIA SMP/MTs
NO  
 | 
  
KOMPETENSI  
 | 
  
INDIKATOR 
 | 
 
1 
 | 
  
Membaca dan memahami berbagai teks
  nonsastra (biografi, artikel, berita, iklan, tabel/diagram, bagan, grafik,
  peta, denah), berbagai karya sastra (puisi, antologi puisi, cerpen, buku
  kumpulan cerpen, cerita anak, buku cerita anak, novel remaja, novel angkatan
  20 – 30-an, dan drama).  
 | 
  
Mengidentifikasi isi dan bagian suatu
  teks. 
 | 
 
Menentukan persamaan isi berita. 
 | 
 ||
Menentukan perbedaan penyajian berita. 
 | 
 ||
Mengidentifikasi isi teks
  biografi/iklan. 
 | 
 ||
Menentukan kalimat fakta/opini dalam
  teks iklan. 
 | 
 ||
Menyimpulkan isi paragraf. 
 | 
 ||
Mengidentifikasi isi grafik, tabel,
  bagan, denah. 
 | 
 ||
Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi. 
 | 
 ||
Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita
  pendek/cerita anak. 
 | 
 ||
Mengidentifikasi perbedaan karakteristik
  dua novel. 
 | 
 ||
Mengidentifikasi unsur intrinsik drama. 
 | 
 ||
2 
 | 
  
Menulis dan menyunting teks nonsastra
  dengan menggunakan 
kosakata yang bervariasi dan efektif dalam bentuk buku harian, surat pribadi, surat dinas, narasi dan pesan singkat, laporan, pengumuman, petunjuk, rangkuman, teks berita, slogan/ poster, iklan, resensi dan karangan, surat pembaca, teks pidato, dan karya ilmiah; menulis teks sastra dalam bentuk puisi, pantun, dongeng, cerpen, dan drama.  | 
  
Menulis catatan pengalaman pada buku
  harian. 
 | 
 
Menulis pesan singkat sesuai konteks. 
 | 
 ||
Menulis laporan/pengumuman/resensi. 
 | 
 ||
Melengkapi surat pribadi/surat
  dinas/surat pembaca. 
 | 
 ||
Menulis rangkuman. 
 | 
 ||
Menulis teks berita sesuai konteks. 
 | 
 ||
Menulis slogan sesuai konteks. 
 | 
 ||
Menulis iklan sesuai konteks. 
 | 
 ||
Menyusun petunjuk melakukan sesuatu. 
 | 
 ||
Menulis teks pidato. 
 | 
 ||
Menulis rumusan masalah karya
  ilmiah/saran karya ilmiah/daftar pustaka. 
 | 
 ||
Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca,
  pilihan kata. 
 | 
 ||
Melengkapi pantun. 
 | 
 ||
Melengkapi puisi. 
 | 
 ||
Melengkapi naskah drama. 
 | 
 
2. BAHASA
INGGRIS SMP/MTs
NO  
 | 
  
KOMPETENSI  
 | 
  
INDIKATOR 
 | 
 
1 
 | 
  
READING
  (Membaca) 
Memahami makna dalam wacana tertulis pendek baik teks fungsional maupun esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari.  | 
  
Menentukan gambaran
  umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi
  tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif
  dalam teks fungsional pendek berbentuk caution/notice/warning, greeting card,
  letter/e-mail, short message, advertisement, announcement, invitation,
  schedule. 
 | 
 
Menentukan gambaran
  umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi
  tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif
  dalam teks berbentuk procedure. 
 | 
 ||
Menentukan gambaran
  umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi
  tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif
  dalam teks berbentuk descriptive. 
 | 
 ||
Menentukan gambaran
  umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi
  tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif
  dalam teks berbentuk recount. 
 | 
 ||
Menentukan gambaran
  umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi
  tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau pesan moral/tujuan
  komunikatif dalam teks berbentuk narrative. 
 | 
 ||
Menentukan gambaran
  umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi
  tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif
  dalam teks berbentuk report. 
 | 
 ||
2 
 | 
  
WRITING (Menulis) 
Mengungkapkan makna secara tertulis teks fungsional pendek dan esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari.  | 
  
Menentukan kata yang
  tepat untuk melengkapi teks rumpang bentuk recount/narrative sederhana. 
 | 
 
Menentukan kata yang
  tepat untuk melengkapi teks rumpang bentuk descriptive/procedure sederhana. 
 | 
 ||
Menentukan susunan
  kata yang tepat untuk membuat kalimat yang bermakna. 
 | 
 ||
Menentukan susunan
  kalimat yang tepat untuk membuat paragraf yang padu dan bermakna. 
 | 
 
3. MATEMATIKA
SMP/MTs
NO  
 | 
  
KOMPETENSI  
 | 
  
INDIKATOR 
 | 
 
1 
 | 
  
Menggunakan konsep operasi hitung dan sifat-sifat
  bilangan, perbandingan, bilangan berpangkat, bilangan akar, aritmetika
  sosial, barisan bilangan, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah. 
 | 
  
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
  operasi tambah, kurang, kali, atau bagi pada bilangan. 
 | 
 
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
  perbandingan. 
 | 
 ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
  operasi bilangan berpangkat atau bentuk akar. 
 | 
 ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
  perbankan atau koperasi dalam aritmetika sosial sederhana. 
 | 
 ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
  barisan bilangan dan deret. 
 | 
 ||
2 
 | 
  
Memahami operasi bentuk aljabar, konsep
  persamaan dan pertidaksamaan linier, persamaan garis, himpunan, relasi,
  fungsi, sistem persamaan linier, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah. 
 | 
  
Menentukan pemfaktoran bentuk aljabar. 
 | 
 
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
  persamaan linier atau pertidaksamaan linier satu variabel. 
 | 
 ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
  himpunan. 
 | 
 ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
  fungsi. 
 | 
 ||
Menentukan gradien, persamaan garis, atau
  grafiknya. 
 | 
 ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
  sistem persamaan linier dua variabel. 
 | 
 ||
3 
 | 
  
Memahami konsep kesebangunan, sifat dan unsur
  bangun datar, serta konsep hubungan antarsudut dan/atau garis, serta
  menggunakannya dalam pemecahan masalah. 
 | 
  
Menyelesaikan masalah menggunakan teorema
  Pythagoras. 
 | 
 
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
  luas bangun datar. 
 | 
 ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
  keliling bangun datar. 
 | 
 ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
  kesebangunan atau kongruensi. 
 | 
 ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
  hubungan dua garis: besar sudut (penyiku atau pelurus). 
 | 
 ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
  garisgaris istimewa pada segitiga. 
 | 
 ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
  unsur-unsur/bagian-bagian lingkaran atau hubungan dua lingkaran. 
 | 
 ||
Memahami sifat dan unsur bangun ruang, dan menggunakannya
  dalam pemecahan masalah. 
 | 
  
Menentukan unsur-unsur pada bangun ruang. 
 | 
 |
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
  kerangka atau jaring-jaring bangun ruang. 
 | 
 ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
  volume bangun ruang. 
 | 
 ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
  luas permukaan bangun ruang. 
 | 
 ||
4 
 | 
  
Memahami konsep dalam statistika, serta
  menerapkannya dalam pemecahan masalah. 
 | 
  
Menentukan ukuran pemusatan atau menggunakannya
  dalam menyelesaikan masalah sehari-hari. 
 | 
 
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
  penyajian atau penafsiran data. 
 | 
 ||
5 
 | 
  
Memahami konsep peluang suatu kejadian serta
  menerapkannya dalam pemecahan masalah. 
 | 
  
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
  peluang suatu kejadian. 
 | 
 
4. ILMU
PENGETAHUAN ALAM SMP/MTs
NO  
 | 
  
KOMPETENSI  
 | 
  
INDIKATOR 
 | 
 
1 
 | 
  
Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan
  menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan
  sehari-hari. 
 | 
  
Menentukan besaran pokok, besaran turunan dan
  satuannya atau penggunaan alat ukur dalam kehidupan sehari-hari. 
 | 
 
2 
 | 
  
Menerapkan konsep zat dan kalor serta
  kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari. 
 | 
  
Menentukan sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya
  atau penerapan dalam kehidupan sehari-hari. 
 | 
 
Menentukan konversi suhu pada termometer. 
 | 
 ||
Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan
  suhu atau penerapan perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari-hari. 
 | 
 ||
3 
 | 
  
Mendeskripsikan dasar-dasar mekanika (gerak,
  gaya, usaha, dan energi) serta penerapan konsep tekanan dalam kehidupan
  sehari-hari. 
 | 
  
Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan
  hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari. 
 | 
 
Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi
  . 
 | 
 ||
Menentukan penerapan pesawat sederhana dalam
  kehidupan sehari-hari. 
 | 
 ||
Menentukan besaran fisis yang terkait dengan
  tekanan pada suatu zat. 
 | 
 ||
4 
 | 
  
Memahami konsep-konsep dan penerapan, getaran,
  gelombang, bunyi, dan optik dalam produk teknologi sehari-hari. 
 | 
  
Menentukan besaran fisis pada getaran atau
  gelombang. 
 | 
 
Menjelaskan sifat bunyi atau penerapannya dalam
  kehidupan sehari-hari. 
 | 
 ||
Menentukan sifat cahaya, besaran-besaran yang
  berhubungan dengan cermin/lensa atau penerapan alat optik dalam kehidupan
  sehari-hari. 
 | 
 ||
5 
 | 
  
Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan
  serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. 
 | 
  
Menjelaskan gejala listrik statis dalam
  penerapan kehidupan sehari-hari. 
 | 
 
Menentukan besaran-besaran listrik dinamis
  dalam suatu rangkaian (seri/paralel, Hukum Ohm atau Hukum Kirchhoff) serta
  penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. 
 | 
 ||
Menentukan besaran fisis energi atau daya
  listrik dalam kehidupan sehari-hari. 
 | 
 ||
Menjelaskan cara pembuatan magnet dan
  kutubkutub yang dihasilkan. 
 | 
 ||
Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik
  atau penerapannya pada transformator. 
 | 
 ||
6 
 | 
  
Memahami sistem tata surya dan proses yang
  terjadi didalamnya. 
 | 
  
Menjelaskan ciri-ciri anggota tata surya atau
  peredaran bumi-bulan terhadap matahari. 
 | 
 
7 
 | 
  
Mendeskripsikan konsep atom, ion dan molekul
  dihubungkan dengan produk kimia sehari-hari. 
 | 
  
Mendeskripsikan atom, ion, dan molekul serta
  hubungannya dengan produk kimia sehari-hari. 
 | 
 
8 
 | 
  
Memahami klasifikasi zat serta perubahannya. 
 | 
  
Mendeskripsikan larutan asam, basa, atau garam. 
 | 
 
Mendeskripsikan unsur, senyawa dan campuran
  termasuk rumus kimia 
 | 
 ||
Mendeskripsikan sifat kimia atau fisika zat
  tertentu serta perubahannya. 
 | 
 ||
9 
 | 
  
Mendeskripsikan pemakaian bahan kimia tertentu
  dalam kehidupan sehari-hari.  
 | 
  
Mendeskripsikan bahan kimia tertentu yang
  terdapat dalam beberapa produk kimia. 
 | 
 
Mendeskripsikan bahan kimia adiktif dan obat
  psikotropika serta cara menghindarinya. 
 | 
 ||
10 
 | 
  
Mendeskripsikan ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup, serta
  pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan. 
 | 
  
Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup. 
 | 
 
Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan
  ciricirinya. 
 | 
 ||
11 
 | 
  
Mendeskripsikan komponen ekosistem, interaksi
  antarmakhluk hidup dalam lingkungan, serta peran manusia dalam pengelolaan
  lingkungan.  
 | 
  
Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam
  ekosistem. 
 | 
 
Menjelaskan usaha manusia untuk mengatasi
  pencemaran/kerusakan lingkungan. 
 | 
 ||
Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi
  manusia dengan kualitas lingkungan berdasarkan hasil pengamatan/kasus. 
 | 
 ||
12 
 | 
  
Menjelaskan sistem organ pada manusia. 
 | 
  
Menjelaskan sistem gerak pada manusia dan
  penyakit yang berhubungan dengannya. 
 | 
 
Menjelaskan sistem pencernaan manusia dan
  enzimenzim yang berperan pada proses pencernaan. 
 | 
 ||
Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia dan
  penyakit yang berhubungan dengannya. 
 | 
 ||
Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia
  dan penyakit yang berhubungan dengannya. 
 | 
 ||
Menjelaskan sistem ekskresi dan reproduksi pada
  manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya. 
 | 
 ||
Menjelaskan sistem saraf dan alat indera pada
  manusia. 
 | 
 ||
13 
 | 
  
Menjelaskan sistem organ dalam kehidupan
  tumbuhan 
 | 
  
Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan
  (organ) pada tumbuhan. 
 | 
 
Menjelaskan cara beradaptasi (respon) tumbuhan
  terhadap pengaruh lingkungan luar. 
 | 
 ||
Menjelaskan proses fotosintesis melalui
  percobaanpercobaan tentang proses tersebut. 
 | 
 ||
14 
 | 
  
Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan
  perkembangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisme serta
  kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat.  
 | 
  
Memberi contoh adaptasi makhluk hidup dan
  seleksi alam dalam kelangsungan hidup makhluk hidup. 
 | 
 
Menginterpretasi proses persilangan berdasarkan
  hukum Mendel. 
 | 
 ||
Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk
  kehidupan manusia. 
 | 
 

0 comments:
Post a Comment