Tuesday, July 25, 2017

Apa Saja Pembaruan di Aplikasi Dapodik Versi 2017d?


Apa Saja Pembaruan di Aplikasi Dapodik Versi 2017d - Kabar ini saya lanjutkan berdasarkan sumber yang ada di group facebook, Whatsapp, BBM mengenai pembaruan di Aplikasi Dapodik versi 2017d. Menu baru bakal muncul di aplikasi versi d ini sehingga operator wajib menyiapkan laptop tempur dengan spesifikasi yang mumpuni. Kenapa harus memiliki laptop yang mumpuni karena pada Aplikasi Dapodik Versi 2017d nantinya akan mendapatkan menu yang setiap hari kita harus sering membuka Aplikasi Dapodik yang kabarnya akan lahir pada awal Agustus mendatang.

Tentu saja info mengenai bocoran ini tidak sembarangan atau main-main, melainkan sumber yang saya ambil berdasarkan informasi dari Nazarudin GTK & Dadan Hamdani yang merupakan penggagas Aplikasi Dapodik.

Menu baru yang akan muncul nantinya seperti,
1.      Jadwal Pembelajaran
2.      Absen Guru

Untuk menu baru absen kehadiran guru nantinya belum jelas apakah akan dilakukan setiap hari atau hanya tiap minggu saja, yang jelas dengan adanya menu baru mengenai “Absen Guru” ini menjadikan operator/guru pada khususnya harus sering melakukan login untuk memastikan kehadiran guru.

Kemungkinan besar pada menu baru di Aplikasi Dapodik 2017d, guru akan melakukan login secara mandiri, dengan cara login mandiri ini guru nantinya melakukan entah centah entah nanti dalam bentuk lain. Saran saja jika mengisi nantinya jangan terlewat bulan berikutnya, misal daftar hadir bulan Juli anda baru mengisi pada bulan Agustus. Kabarnya menu baru mengenai “Absen Guru” ini mempengaruhi Tunjangan Profesi/Sertifikasi.


Terkait dengan Tunjangan Profesi atau yang lebih dikenal dengan Sertifikasi, Nazarudin GTK dan Dadan Hamdani memberikan informasi bahwa dengan menu baru “Absen Guru” ini akan menghubungkan PTK atau Guru yang bersangkutan yang mendapatkan Sertifikasi pada semester ini akan mulai diterbitkan yaitu pada bulan September berbentuk SK, oleh karena itu Guru yang mendapatkan Sertifikasi wajib mengumpulkan data yang perlu dipersiapkan, misalnya:
1.      Entry pembelajaran pada Aplikasi Dapodik,
2.      Sertifikat Pendidik wajib linier dengan mapel yang diampu,
3.      Jika UKG tahun kemarin mapelnya tidak sesuai dengan ijazah maka lebih baik mengulang lagi UKG nya, karena nanti terhadap kelanjutan dapat mempengaruhi sertifikasi,
4.      Mulai bulan Agustus info GTK sudah dapat diakses kembali untuk dapat mengetahui info GTK masing-masing mengenai sertifikasi,
5.      Guru wajib masuk menjadi Anggota Komunitas SIM PKB (melalui akun masing-masing),
6.      Kepala Sekolah terhadap info GTK point jenis PTK wajib tahu Kepala Sekolah dan di Dapodik jenis PTK juga wajib diisi Kepala Sekolah,
7.      Tugas tambahan diisi Kepala Sekolah,
8.      Kecuali guru jenis PTK wajib guru tugas tambahan apakah sebagai Kaperpus atau Kalab atau lain-lain,
9.      Awal Agustus Aplikasi Dapodik Versi 2017d akan lahir, dan pada akhir Agustus operator wajib melakukan syncron,
10.  Karena pada bulan September akan terbit SKTP,
11.  SKTP yang 1 tahun terbit 2x kecuali semester 1 tidak terbit maka nantinya akan hangus.

Di atas adalah mengenai syarat pencairan Serifikasi Guru untuk Triwulan III.

Selain mengenai penjelasan di atas, nantinya dengan adanya Aplikasi Dapodik Kehadiran Guru yang sejatinya harus melakukan login dan mengisi kehadiran guru, kecuali nantinya ada guru yang ijin, dan mengisinya jangan terlewat bulan berikutnya, kecuali absen tidak diisi maka Tunjangan Profesi atau Serifikasi tidak dapat terbit.

Info lainnya yang ada di Aplikasi Dapodik versi 2017d, berikut:
1.      Tahun 2018 NIK di GTK dapat di sinkronkan bersama dengan data dukcapil,
2.      Kalau ada berkas inpassing yang tidak sah maka lebih baik dikirim ulang seluruh berkas yang baru sehingga lebih enteng pengecekannya, untuk alamat mengecek sk inpassing yang belum diakui di info gtk : www.mutasi.sdm.kemdikbud.go.id
3.      Uang Tunjangan Profesi atau Sertifikasi masuk di bank kecuali sudah status SP2D, atau kecuali 2 minggu belum keluar baru komplain ke cabdinas, jika Username dan password tidak sesuai.

Untuk info di atas ini juga ada untuk PTK yang bersangkutan terutama adalah pada inpassing karena sangat berpengaruh pada Tunjangan Profesi.

Nazarudin GTK dan Dadan Hamdani memberikan beberapa bocoran mengenai permasalahan pada Aplikasi Dapodik 2017d yang akan segera release, berikut:
1.      Masalah  :  Kode Registrasi salah ketik?
       Solusi      :  Clear history browser,
                          Cek kesesuaian user dan password dengan KKDATADIK,
                          Lakukan reset password jika perlu.

2.      Masalah  :  Terdapat lebih dari 1 akun dengan email yang sama?
       Solusi      :  Pemberitahuan ke KKDATADIK untuk menghapus salah satu akun.

3.      Masalah  :  PTK hilang?
             Solusi      :  kirim email ke email helpdesk Dapodik.
     
     4.      Masalah  :  Data PTK tidak ketemu saat tarik PTK sebab terlalu banyak pencarian atau kata kunci salah?
       Solusi      :  Cukup isi salah satu parameter atau cari nama saja atau NUPTK saja.

5.      Masalah  :  Tidak bisa konfirmasi tarik PTK sebab gagal push data ke server utama?
       Solusi      :  Telah dibuatkan tool untuk membantu konfirmasi tarik PTK, atau bisa
                   menghubungi cabdin.

6.      Masalah  :  Salah input NUPTK?
       Solusi      :  Lakukan sinkronisasi, nanti akan muncul di validasi pusat, akan ada
                   kesempatan tapi hanya 1x, di VervalGTK tidak ada perbaikan NUPTK.

7.      Masalah  :  Tidak bisa login Peserta didik?
       Solusi      :  Buatkan akun login siswa, username menggunakan NISN, password
                   menggunakan tahun bulan tanggal

8.      Masalah  :  Status BOS berubah jadi tidak karena sebelumnya belum mengisi data
                   periodik?
       Solusi      :  Isi data periodik sekolah pastikan pilih ya...

Sekian dari saya mengenai artikel “Apa Saja Pembaruan di Aplikasi Dapodik Versi 2017d”, namun ada baiknya kita juga menunggu kehadiran atau kelahiran Aplikasi Dapodik 2017d terbaru yang akan memberikan kesegaran untuk memudahkan operator sekolah bekerja.

Tentunya selain pembaruan Aplikasi Dapodik tahun 2017, harapan kami operator juga mendapatkan tunjangan khusus operator, meskipun sedikit namun cukup untuk membantu kami untuk mengerjakan Aplikasi Dapodik 2017 nantinya.

Berharap permintaan kami operator di seluruh Indonesia di dengar oleh pemimpin khususnya mengenai tunjangan bagi operator. Namun saya sangat bersyukur dengan adanya blog ini menjadikan saya berbagi ilmu dengan semua operator di seluruh pelosok Tanah Air, Negara Indonesia ku tercinta ini.

Seperti halnya “Buku adalah Jendela Dunia”, Blog kami ini dan saya sebagai Admin dari blog sdn-tambaharjo.blogspot.com berharap semua isi materi yang ada di dalamnya dapat dimanfaatkan secara bijak dan dapat membantu semuanya khususnya mengenai materi pendidikan, buku pembelajaran kurtilas terbaru, soal-soal dari kelas 1 SD sampai kelas 6 SD, tutorial atau penjelasan Dapodik, SK, dan lain sebagainya tentu menguras banyak waktu bagi saya, namun semua sudah di balas oleh semua teman-teman yang sudi berkunjung ke blog sdn-tambaharjo.blogspot.com ini.

Terima kasih atas kepercayaannya kepada kami melalui blog sdn-tambaharjo.blogspot.com, semoga kedepannya saya pribadi sebagai Admin akan lebih semangat lagi mengembangkan informasi menarik dan bermanfaat.

Sumber : Kang Martho

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Wong Ndelok

BBM Contact