Thursday, September 13, 2018

Cara Cetak Surat Mutasi pada Manajemen Dapodik


Cara Cetak Surat Mutasi pada Manajemen Dapodik - Pada waktu yang lalu ada teman operator yang bertanya, Bagaimana cara cetak Surat Mutasi melalui Manajemen Dapodik, karena saya tidak tahu maka saya melempar langsung ke Operator Dinas.
 
Untungnya pada kesempatan kali ini saya malah mengalami apa yang teman OPS saya alami, yaitu mengenai  Cetak Surat Mutasi pada Manajemen Dapodik.
 
Saat kita melakukan mutasi/pindah anak biasanya kita dimintakan Surat Mutasi dari Dapodik. Untuk awal semester 1 kemarin masih seperti biasa muncul di dasboard langsung saat melakukan registrasi atau bisa juga kita cetak pada menu Peserta Didik Keluar. Namun untuk beberapa bulan ini, dilempar ke laman Manajemen Dapodik.
 
 
Karena saya penasaran, lalu saya mencoba masuk ke laman https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id
1. Manajemen Dapodik
2. Kelola data Pokok
3. Peserta Didik
    Pada menu di atas muncul Status (ada 3 yaitu Aktif, Keluar, Tanpa Rombel)
    Aktif artinya berada di dalam Anggota Rombel/Kelas
    Keluar artinya Peserta didik pindah/mutasi/lulus
    Tanpa Rombel artinya Peserta didik belum dimasukkan ke dalam Anggota Rombel/Kelas



Bisa diambil kesimpulan bahwa agar kita dapat mencetak Surat Mutasi selain dari Dapodik, tapi juga bisa pada laman Manajemen Dapodik yaitu di Status kita ganti menjadi Keluar
 
 
 
Nanti akan muncul siswa yang Lulus/Mutasi/Pindah/Keluar dsb.

4. Lihat/geser ke samping
 
5. Klik tanda Printer, maka akan langsung muncul Surat Mutasi dari Manajemen Dapodik
 

Sekian mungkin hanya itu saja yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf yang setulus-tulusnya jika ada kata yang kurang berkenan. Terima kasih sudah berkunjung!

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Wong Ndelok

Blog Archive