Wednesday, February 11, 2015

Profil Sekolah di Padamu Negeri Tahun 2015 Part 1


Sebetulnya, untuk kecamatan saya belum ada sosialisasi mengenai pengerjaan Padamu Negeri untuk semester 2 Tahun Pelajaran 2014/2015. Namun disini saya mencoba menjelaskan sedikit kepada teman-teman Operator bagi yang baru seperti saya dan para master Dapodikdas dan Padamu Negeri.

Saya akan sedikit berbagi pengalaman mengerjakan Padamu Negeri dengan membuat beberapa tahapan. Untuk ini saya awali dengan pembuatan profil sekolah. Namun untuk selanjutnya saya akan lanjutkan pada Kurikulum dan Jadwal Mingguan.

Saat saya membaca di Facebook Operator Dapodik tampaknya hampir semua sudah mengerjakan tahap awal yaitu mengisi profil sekolah, bukan saya lancang atau lainnya, tapi sifatnya hanya berbagi pengalaman saja.

Sebelum saya memasuki tahapan pembuatan Profil Sekolah, saya akan berbagi mengenai laman di Padamu Negeri, memang untuk daftar PTK yang coba saya buka mengalami perubahan terutama pada bentuk bintangnya yang berubah menjadi warna ungu.

Seperti ini


Dari situ saya membaca lagi dengan mencari tahu status PTK di Padamu Negeri dengan cara memasukkan Nama dan nama Kab/Kota dan muncul warna ungu pada sisi kanan.

Artinya bahwa Pakta Integritas pada Semester 1 sebelumnya sudah disetujui oleh Admin Dinas/sudah aktif masa Periode sebelumnya.

Namun itu untuk semester 1, selanjutnya dengan memperhatikan Surat Edaran Agenda Kegiatan PMP semester 2 2014-2015 maka saya akan mengerjakannya saat ini.

Berikut penjelasan mengenai pembuatan Profil Sekolah melalui Login Admin/Operator Sekolah:
1. Login Admin/Operator Sekolah, bisa menggunakan email/NUPTK Admin/Operator Sekolah yang ditunjuk Kepala Sekolah

2. Akan masuk pada Dashboard Layanan Padamu Negeri, Pilih SEKOLAH

3. Yang muncul pertama kali adalah anda diwajibkan mengisi Profil Sekolah, jika sudah selesai Klik Lanjut

4. Muncul Peta Lokasi, cari peta lokasi tempat sekolah anda. Cara lainnya bisa dengan menggunakan Google Maps agar ketahuan koordinatnya, Klik Simpan

5. Jika berhasil maka akan muncul tulisan "Aplikasi berhasil menyimpan data Alamat & Lokasi Sekolah Anda" Klik OK

6. Anda akan digiring ke dalam Dashboard di Padamu Negeri, banyak menu di dalamnya termasuk anda disuruh untuk membuat Kurikulum dan Jadwal Mingguan. Hal lainnya seperti EDS siswa, kelas, penilaian bagi saya mudah. Untuk hal ini tunggu selanjutnya


Terima kasih

1 comments:

MIS MA'ARIF NU CUMPLENG said...

punya saya di langkah ke 4 tidak muncul pet gan, gmn yaa?

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Wong Ndelok

Blog Archive