Wednesday, October 28, 2015

Daftar Sekolah Pengimplementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di Jawa Tengah Tahun 2015

Posted by Blogger Name. Category: ,

Daftar Sekolah Pengimplementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di Jawa Tengah Tahun 2015 - Kali ini saya akan berbagi info mengenai “Daftar Sekolah Pengimplementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di Jawa Tengah Tahun 2015”.


Apa itu MBS?

Di dalam suatu organisasi juga harus memiliki manajemen. Manajemen adalah sesuatu yang mendasari semua kegiatan dalam sebuah organisasi. Dengan adanya manajemen maka diharapkan organisasi dapat mencapai tujuan yang diinginkan dan dapat terjaga keseimbangan antara tujuan yang bertentangan dan dapat mencapai efisiensi dan efektifitas. Organisasi yang akan kita bahas kali ini adalah di dalam Sekolah yang menggunakan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS).

Menurut pendapat para ahli MBS adalah:1.    Nurkolis (2006:11) mengemukakan bahwa Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) adalah model pengelolaan sekolah dengan memberikan kewenangan yang lebih besar pada tingkat sekolah untuk mengelola sekolahnya sendiri secara langsung.2.    Mulyasa (2002), Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) merupakan suatu konsep yang menawarkan otonomi pada sekolah untuk menentukan kebijakan sekolah dalam rangka meningkatkan mutu, efisiensi, dan pemerataan pendidikan agar dapat mengakomodasi keinginan masyarakat setempat serta menjalin kerja sama yang erat antara sekolah masyarakat dan pemerintah.3.    Sudarwan Danim (2005) MBS dapat didefinisikan sebagai suatu proses kerja komunitas sekolah dengan cara menerapkan kaidah-kaidah, otonomi, akuntabilitas, partisipasi, dan sustainabilitas untuk mencapai tujuan penddikan dan pembelajaran secara bermutu. (kompasiana.com)
Daftar Sekolah Pengimplementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di Jawa Tengah Tahun 2015

Dapat disimpulkan bahwa Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) adalah proses kerja komunitas sekolah yang memberikan kewenangan lebih besar pada sekolah dalam rangka mutu pendidikan, efisiensi, pemerataan agar supaya lebih baik dan lebih memadai sehingga dapat mengakomodasi keinginan masyarakat setempat serta dapat menjalin kerjasama yang erat antara sekolah, masyarakat dan pemerintah. Daftar Sekolah Pengimplementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di Jawa Tengah Tahun 2015

Tujuan Sekolah mengadakan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) adalah untuk mendongkrak prestasi belajar siswa selain sebagai pemberdayaan sekolah. MBS berhasil jika sekolah sudah dikelola dengan baik sementara prestasi belajar bukan efek tujuan utama diadakannya MBS.

Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di Sekolah akan berjalan baik apabila komunitas sekolah juga ikut berpartisipasi. Yang dimaksud dengan Komunitas Sekolah disini adalah mencakup Kepala Sekolah, Guru, dan Komite Sekolah. Masing-masing Komunitas Sekolah juga harus memiliki rasa tanggung jawab dan tugas pokok sesuai dengan fungsinya.

Dengan di adakannya Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) pekerjaan akan semakin mudah. Komunitas juga tidak disuruh bekerja berat sesuai peraturan namun mereka bekerja dengan efektif dan efisien dan niat yang ikhlas. Dengan cara seperti itu maka Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dipastikan berjalan mudah dan lancar.

Daftar Sekolah Pengimplementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di Jawa Tengah Tahun 2015:
Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah akan menyelenggarakan kegiatan Workshop Implementasi MBS Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2015, berikut diinformasikan tentang :
  • Format Permintaan Data Daftar Sekolah Pengimplementasi MBS Jenjang SD dan SMP di Jawa Tengah Tahun 2015, dapat diunduh di sini.

Untuk lebih mudahnya anda dalam pengadaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) maka kami lampirkan "Instrumen Penilaian Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)" merupakan instrumen yang dapat digunakan sebagai alat ukur keterlaksanaan atau implementasi MBS di sekolah dasar (SD). 
 Lampiran 2013 UNICEF Instrumen 01 Komponen Kurikulum & Pembelajaran.pdf 2013 UNICEF Instrumen 02 Komponen Peserta Didik.pdf 2013 UNICEF Instrumen 03 Komponen PTK.pdf 2013 UNICEF Instrumen 04 Komponen Sarpras.pdf 2013 UNICEF Instrumen 05 Komponen Pembiayaan.pdf 2013 UNICEF Instrumen 06 Komponen Humas.pdf 2013 UNICEF Instrumen 07 Komponen Budaya & Lingkungan.pdf

Daftar Pustaka
Mulyasa. 2002. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurkolis. 2006. Manajemen berbasis Sekolah. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Sudarwan Danim. 2005. Visi Baru Manajemen Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.


Sekian artikel yang berjudul "Daftar Sekolah Pengimplementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di Jawa Tengah Tahun 2015" terima kasih atas kunjungannya semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Wong Ndelok

BBM Contact