Deskriptif dan Informatif adalah merupakan ciri utama yang ingin
dimunculkan dalam sertifikat hasil Ujian Nasional terbaru, Seperti yang
diungkapkan oleh Bapak Menteri Pendidikan Anies Baswedan bahwa nanti
Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional yang akan diserahkan natinya
sebanyak 2 lembar, yang terdiri dari Nilai/angka dan deskripsi capaian
Ujian Nasional, diharapkan dengan adanya perubahan tersebut baik siswa,
orangtua, masyarakat,pengelola pendidikan di tingkat pusat maupun daerah
mendapatkan informasi yang tepat dan akurat dari form baru tersebut.
SKHUN yang akan diserahkan kepada siswa pada lembar pertama akan memuat nilai masing-masing siswa untuk setiap mata pelajaran yang diujikan, nilai rerata sekolah, nilai rerata nasional dan memuat deskripsi nilai ujian yang mencakup empat kategori yaitu : sangat baik, baik, cukup dan kurang, sedangkan pada lembar kedua akan memuat deskripsi kompetensi siswa pada masing mata pelajaran yang diujikan.deskripsi kompetensi siswa dimaksudkan agar siswa dapat mengetahui potensi diri dan informasi tentang nilai yang didapat.
SKHUN yang akan diserahkan kepada siswa pada lembar pertama akan memuat nilai masing-masing siswa untuk setiap mata pelajaran yang diujikan, nilai rerata sekolah, nilai rerata nasional dan memuat deskripsi nilai ujian yang mencakup empat kategori yaitu : sangat baik, baik, cukup dan kurang, sedangkan pada lembar kedua akan memuat deskripsi kompetensi siswa pada masing mata pelajaran yang diujikan.deskripsi kompetensi siswa dimaksudkan agar siswa dapat mengetahui potensi diri dan informasi tentang nilai yang didapat.
Dalam bentuk terbaru nantinya tidak akan ada istilah "LULUS" ataupun
TIDAK LULUS" tetapi akan lebih menonjolkan angka yang sudah sesuai
standar kompetensi atau tidak sesuai dengan standar kompetensi, Surat
Keterangan Hasil Ujian yang diterimakan kepada siswa/orangtua akan
berbeda dengan yang diterima instansi/sekolah,untuk siswa dan orangtua
akan diterimakan dalam bentuk nilai tes, analisa perbaikan dan
kategorisasi serta deskripsi, sedangkan yang akan diterima sekolah dan
pemerintah daerah akan berupa posisi daerah terhadap nilai rerata siswa
terhadap siswa/sekolah lain.baik di lokal area ataupun nasional area.
Sebagai contoh ketika seorang siswa A mendapatkan nilai 6,5 di mata pelajaran Bahasa Indonesia nantinya akan ada deskripsi mengenai nilai yang didapatkan, sehingga diharapkan siwa A, orangtua siswa A maupun pengelola pendidikan dapat menyimpulkan kekurangan maupun kelebihan siswa tersebut dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, hal ini berguna dalam pemetaan tindakan kelanjutan pendidikan siswa tersebut.
Dengan ini diharapkan siswa dan orangtua akan bisa merencanakan pembelajaran yang lebih efektif dan guru pun akan dapat memetakan kebutuhan pembelajaran yang dibutuhkan masing-masing siswa.
Sebagai contoh ketika seorang siswa A mendapatkan nilai 6,5 di mata pelajaran Bahasa Indonesia nantinya akan ada deskripsi mengenai nilai yang didapatkan, sehingga diharapkan siwa A, orangtua siswa A maupun pengelola pendidikan dapat menyimpulkan kekurangan maupun kelebihan siswa tersebut dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, hal ini berguna dalam pemetaan tindakan kelanjutan pendidikan siswa tersebut.
Dengan ini diharapkan siswa dan orangtua akan bisa merencanakan pembelajaran yang lebih efektif dan guru pun akan dapat memetakan kebutuhan pembelajaran yang dibutuhkan masing-masing siswa.
0 comments:
Post a Comment