Sunday, September 6, 2015

Proses Pencairan BSM dan Kelengkapannya di BRI Adimulyo

Posted by Blogger Name. Category:

Setelah lama menunggu tanggal 5-24 akhirnya datang juga tadi waktu berangkat sekolah saya menyempatkan dulu untuk ngeprint kelengkapan pencairan BSM yang pada daftar Tahap II SDN Tambaharjo mendapatkan BSM sebanyak 50 anak dengan total yang lumayan banyak.

Awalnya saya hanya mencoba untuk membawa kelengkapan seperti yang pernah di jabarkan oleh pihak Bank BRI di Meles yaitu:
1. Surat Keterangan Tidak Mampu dari Kepala Sekolah (Kolektif) Download
2. Daftar Penerima BSM dari UPTD yang kemarin diberikan
3. Rapot Siswa (pada identitasnya saja)
4. KTP Orang Tua/Wali siswa

sebanyak 2 rangkap dan semuanya sudah saya persiapkan jauh-jauh hari sebelum menyetorkan ke BRI Unit Kecamatan Adimulyo tepatnya di Adikarto.

Pukul 09.00 saya meluncur ke BRI dengan membawa berkas diatas asli semua, namun setelah sampai di BRI saya diberi tahu bahwa pencairan nya bisa dilakukan secara kolektif oleh yang diberi kuasa, yang terpenting adalah pihak dari Kepala Sekolah memberikan kuasa kepada salah satu guru atau PNS yang dipercaya.

Kemarin menurut petugas BRI Adikarto juga menyebutkan ada dari SD entah mana membawa perlengkapan yang ada diatas namun karena bukan merupakan yang ditunjuk menurut surat kuasa jadi tidak diberikan.

Langsung saja ini proses yang diberi tahu kepada saya langsung tadi oleh Pegawai Bank BRI Unit Adimulyo di Desa Adikarto:
1. Kelengkapan diatas dibawa ditambah dengan surat kuasa yang menunjuk adalah Kepala Sekolah kepada guru (jangan penjaga sekolah) yang ditugaskan untuk membuat buku tabungan baru (sesuai rekomendasi BRI) sarannya sih tabunganku yang minimal pendaftarannya adalah 20.000 rupiah dengan kelengkapan yaitu Surat Kuasa penunjukkan tugas dan guru yang ditunjuk sebagai berikut


2. Jika sudah membuat rekening baru, maka dari pihak Bank BRI akan memberikan Print hasil yang akan dibawa oleh guru yang ditunjuk untuk menandatangankan kepada anak yang menerima BSM secara langsung.

3. Jika Print-print an sudah di tanda tangani penerima BSM dalam hal ini adalah anak yang menerima lalu guru bisa kembali ke BRI dan uang dapat dicairkan seluruhnya jika tidak terjadi koneksi eror di server BRI.

Nah itu saja kira-kira mengenai Proses Pencairan BSM dan Kelengkapannya di BRI Adimulyo, Saya sendiri sudah semangat mau buat tapi apa boleh buat Kepala Sekolah yang mau mengelola sendiri, sudah tidak percaya dengan kinerja saya di SDN Tambaharjo, nerimo ing pangdum.......

Salam 10 Data!!!

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Wong Ndelok

Blog Archive