Tuesday, September 15, 2015

Cara Isi Daftar Riwayat Keluarga, Nomor BPJS dan Akta Nikah di PUPNS 2015

Posted by Blogger Name. Category: ,

Awalnya saya menduga data e-PUPNS 2015 hanya beberapa saja tidak muluk-muluk ada data lain yang banyak sekali seperti Dapodikdas. Namun kenyataannya yang terjadi di lapangan melebihi akal pikiran saya saat sedang melakukan input data di PUPNS 2015.

Tadi saing di Sekolah Tambaharjo saya sempat berbincang dengan salah satu PNS sepuh, beliau mengatakan dalam bahasa jawa "Kaya kiye wes tua esh kon garap apa kiye jenenge lah". Dalam hati saya bergumam, "Ujare sing garap sapa sih". Namun bagaimana lagi karena mengandalkan PNS yang bersangkutan sepertinya yang terjadi adalah pasrah.

Merasa punya tanggung jawab dan membantu mengisikan saya mencoba sabar tanpa harus menunggu perintah dari Kepsek. Biarpun Kepsek belum memberikan perintah namun saya sudah coba login di semua Guru menggunakan Registrasi PUPNS 2015.

Yang paling membuat saya kecewa adalah tidak adanya koordinasi dengan Kepala Sekolah, mungkin karena saking pinternya jadi tidak kepikiran untuk memberikan tanggapan mengenai PUPNS 2015 yang sudah saya registrasikan masing-masing PNS di SDN Tambaharjo.

Kembali ke judul cerita ini, yaitu mengenai Daftar Riwayat Keluarga yang saya rangkum menggunakan gambar seperti di bawah ini, tentunya dengan penjelasan mengenai pengisian Daftar Riwayat Keluarga termasuk untuk Suami dan Anak, untuk orang tua juga ada kolom Nomor BPJS. Yang pertama adalah pada kolom Suami, Bagaimana cara menambahkan Nomor BPJS, berikut ulasannya.

1. Klik pada menu Daftar Keluarga Suami/Istri, lalu klik ubah

2. Akan muncul Form untuk Suami/Istri, dan isikan sesuai dengan keadaan saat ini
Jika data Suami/Istri adalah PNS maka centang tepat depan PNS dan cari NIP nya, namun jika bukan PNS maka lanjutkan edit, berhati hati saat anda mengisi karena ada banyak kolom termasuk Akta Nikah dengan Tanggal Nikah dan seterusnya harus diperhatikan jangan salah isi
Jangan lupa untuk Nomor BPJS sama dengan nomor ASKES, jika sudah diisi semua lalu klik simpan

3. Sama halnya dengan Data Suami/Istri, untuk data anak sendiri juga harus mengisi banyak sekali, ikuti gambar dibawah ini

4. Untuk Tabel anak sepertinya ada menu siswa tidak sekolah dengan alasan tertentu, jika tidak mau diisi yang terpenting, jika berhasil ada tulisan "Data Anak berhasil disimpan"

Sekian dari saya, mata saya sudah mulai berkedip (ngantuk)

2 comments:

agung said...

om, data anak itu yang diimput hanya yang masuk daftar gaji? apa semuanya?
suwun...

singgih said...

artikel yng bernafaat bagi saya, terutama info no askes sama dengan bpjs,, trims,, salam sukses

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Wong Ndelok

Blog Archive