1. Aplikasi Rapor dapat dipergunakan untuk menampung kompetensi dasar danindikator yang diorganisasikan per sub tema, per tema dan per kelas.
2.Sebagai data awal, aplikasi ini sudah dilengkapi dengan kompentensi dasar danindikator sebagaimana tercantum pada buku guru.
3.Apabila diperlukan, guru dapat menambahkan kompentensi dasar dan atauindikator yang diperlukan untuk memperkaya pembelajaran. Apabila kompentensidasar atau indikator yang ditambahkan tersebut tidak diperlukan lagi, dapatdihapus dari daftar kompentensi. Guru tidak dapat menghapus kompentensi dasaryang telah disiapkan sebagai data awal aplikasi ini.
4. Aplikasi Rapor menampung nilai hasil proses pembelajaran.
5.Nilai yang ditampung oleh aplikasi Rapor ini adalah nilai untuk indikator pada tiap kompetensi dasar.
6. Aplikasi Rapor akanmengolah nilai indikator menjadi nilai kompetensi dasar.
7. Aplikasi Rapor akan menyeleksi kompetensi dasar yang menonjol positif dan negatif untuk tiap siswa.
8.Aplikasi Rapor akan mencetak deskripsi kompentensi dasar sesuai hasil butir 4.
9.Sebelum dijalankan,aplikasi ini harus disinkronkan terlebih dahulu dengan dapodik untuk pengisian data sekolah, pendidik dan tenaga kependidikan (ptk),rombel dan siswa.
10.Aplikasi dapat di unduh di SINI
Menu Utama Pada Aplikasi Rapor SD ini adalah sebagai berikut:
1. Referensi
Melalui menu ini, pengguna dapat mengolah data referensi yang akan digunakan pada menu lainnya, seperti: Aspek Kesehatan, Tema, Sub Tema, Kompetensi Inti, Kompentensi Dasar dan Indikator.
2.Ekstrakurikuler
Melalui menu inipengguna dapat menambah, mengubah atau menghapus jenis kegiatan ekstrakurikuler dan anggota ekstrakurikuler.
Menu Ekstrakurikuler terdiri dari sub-menu
Master Ekstrakurikuler dan Anggota
Ekstrakurikuler.
3. Pemetaan
Melalui menu ini pengguna dapat melakukan pemetaan Mata Pelajaran yang ada pada Sub tema, Pemetaan Kompetensi Dasar dan Pemetaan Indikator. Pemetaan ini akan menetukan aspek yang akan dinilai pada setiap jenis penilaian.
https://www.dropbox.com/s/px8xzn2pdyzp1ve/manual-rapor-sd.pdf
0 comments:
Post a Comment