Berdasarkan
share Info dari Padamu Negeri
Kemdikbud pada Rakor BPSDMPK - PMP Kemdikbud di P4TK Penjas dan BK yang masih
berlangsung pada tanggal 24 - 27 Februari 2015 yang lalu, bahwasanya akan
dilaksanakan kegiatan Uji Kompetensi Kepala Sekolah dan Pengawas khusus naungan Kemdikbud se-Indonesia pada
tanggal 23 - 28 Maret 2015.
Kompetensi Pengawas Sekolah/Madrasah terdiri dari 4
Dimensi yang tentu saja berbeda yakni:
1.
Supervisi
Manajerial
2.
Supervisi
Akademik
3.
Penelitian
dan Pengembangan
4.
Evaluasi
Pendidikan
Dari
masing-masing Kompetensi Pengawas Sekolah/Madrasah di atas memiliki beberapa
Kompetensi, dan masing-masing kompetensi terdapat beberapa Indikator.
Berikut
Kisi-kisi Uji Kompetensi Pengawas Sekolah/Madrasah Tahun 2015 selengkapnya :
1. SUPERVISI MANAJERIAL
a. Menguasai
metode, teknik dan prinsip- prinsip supervisi dalam rangka meningkatkan mutu
pendidikan di sekolah
· Menerapkan
prinsip-prinsip supervisi manajerial untuk peningkatan mutu pendidikan di
sekolah
· Menerapkan metode
supervisi manajerial
· Menerapkan teknik
supervisi manajerial untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah
· Menerapkan teknik
supervisi manajerial untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah
b.
Menyusun
program kepengawasan berdasarkan visi-misi-tujuan dan program pendidikan di
sekolah
· Menganalisis
kebutuhan program kepengawasan supervisi manajerial
· Membagankan program
kepengawasan supervisi manajerial berdasarkan visi, misi, tujuan dan program
pendidikan di sekolah
· Merancang program
kepengawasan supervisi manajerial berdasarkan visi, misi, tujuan dan program
pendidikan di sekolah
c.
Menyusun
metode kerja dan instrumen yang diperlukan untuk melaksanakan tugas pokok dan
fungsi pengawasan disekolah
· Merancang metode
kerja pengawasan yang efektif
· Menerapkan metode
kerja dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi pengawasan
· Menerapkan metode
kerja dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi pengawasan
· Menyusun instrument
kepengawasan
· Mengunakan insrumen
kepengawasan
d. Menyusun
laporan hasil-hasil pengawas dan menindaklanjutinya untuk perbaikan program
pengawasan berikutnya di sekolah
· Menganalisis hasil
supervisi manajerial
· Menyusun laporan
hasil supervisi manajerial
· menyusun program
tindaklanjut hasil kepengawasan
e. Membina
kepala sekolah dalam pengelolaan dan administrasi satuan pendidikan berdasarkan
manajemen peningkatan mutu pendidikan di sekolah
· Melaksanakan
pembinaan dalam pengelolaan satuan pendidikan sesuai 8 SNP
· Melaksanakan
pembinaan dalam penyusunan administrasi sekolah
· Membina kepala
sekolah dan guru dalam melaksanakan bimbingan konseling di sekolah
· Mengarahkan kepala
sekolah dan guru dalam menganalisis permasalahan layanan bimbingan konseling di
sekolah
· Mengarahkan kepala
sekolah dan guru dalam melaksanakan bimbingan konseling
f. Mendorong
guru dan kepala sekolah dalam merefleksikan hasil- hasil yang dicapainya untuk
menemukan kelebihan dan kekurangan dalam melaksanakan tugas pokoknya di sekolah
· Meningkatkan motivasi
guru untuk melakukan refleksi terhadap tugas pokoknya
· Meningkatkan motivasi
kepala sekolah dalam merefleksikan proses dan hasil-hasil pengelolaan dan
administrasi sekolah
g.
Memantau
pelaksanaan standar nasional pendidikan dan memanfaatkan hasil-hasilnya untuk
membantu kepala sekolah
· Menilai pencapaian
pelasanaan 8 Standar Nasional Pendidikan di sekolah
· Membuat rekomendasi
hasil pemantauan untuk penyusunan program sekolah dalam upaya pemenuhan 8 SNP
2. SUPERVISI AKADEMIK
a. Menyusun
rencana pengawasan akademik (RPA)/ rencana pengawasan bimbingan konseling
(RPBK)
· Menegaskan
jenis-jenis kegiatan yang akan dilakukan
· Merumuskan tujuan
supervisi akademik
· Menganalisis
kesesuaian antara komponen dan isi pada RPA/RPBK
b.
Memahami
konsep, prinsip, teori dasar, karakteristik, dan kecenderungan perkembangan
tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran.
· Mencerahkan guru
tentang konsep, prinsip, teori dasar, karakteristik, dan kecenderungan
perkembangan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran
· Melatih guru
menggunakan konsep, prinsip, teori dasar, karakteristik, dan kecenderungan
perkembangan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran
c.
Memahami
konsep, prinsip, teori/teknologi, karakteristik, dan kecenderungan perkembangan
proses pembelajaran/bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran
· Mencerahkan guru
tentang konsep, prinsip, teori/teknologi, karakteristik, dan kecenderungan
perkembangan proses pembelajaran/bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata
pelajaran
· Melatih guru
menggunakan konsep, prinsip, teori/teknologi, karakteristik, dan kecenderungan perkembangan
proses pembelajaran/bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran
d. Membimbing
guru dalam menyusun silabus tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran
berlandaskan standar isi, standar kompetensi dan kompetensi dasar, dan
prinsip-prinsip pengembangan KTSP.
· Membimbing guru
menganalisis SK dan KD
· Mencerahkan guru
merumuskan indikator pencapaian kompetensi
· Membimbing guru dalam
menentukan materi pelajaran.
· Membimbing guru
menentukan kegiatan pembelajaran.
e. Membimbing
guru dalam memilih dan menggunakan strategi/ metode/ teknik pembelajaran/
bimbingan yang dapat mengembangkan berbagai potensi siswa melalui tiap bidang pengembangan
atau mata pelajaran.
· Membimbing guru dalam
menentukan strategi/ metode/ teknik pembelajaran yang dapat mengembangkan
berbagai potensi siswa
· Mencontohkan guru
pelaksanaan strategi/ metode/ teknik pembelajaran yang dapat mengembangkan
berbagai potensi siswa.
f.
Membimbing
guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) untuk tiap bidang
pengembangan atau mata pelajaran.
· Membimbing guru
memperkirakan strategi/ metode/ teknik pembelajaran yang dapat mengembangkan
berbagai potensi siswa.
· Membimbing guru dalam
merumuskan tujuan pembelajaran
· Mengarahkan guru
dalam menyusun materi pembelajaran
· Mengarahkan guru
dalam menyusun kegiatan pembelajaran
· Membimbing guru
menentukan sumber belajar
· Membimbing guru merancang
penilaian hasil belajar.
g.
Membimbing
guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran /bimbingan (di kelas,
laboratorium, dan/ atau di lapangan) untuk tiap bidang pengembangan atau mata
pelajaran.
· Mencerahkan guru
dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang telah disusun pada RPP
· Membimbing guru
melaksanakan penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur
h. Membimbing
guru dalam mengelola, merawat, mengembangkan dan menggunakan media pendidikan
dan fasilitas pembelajaran/ bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata
pelajaran.
· Mengarahkan guru
dalam mengatur fasilitas pembelajaran.
· Membimbing guru
mencontohkan media pembelajaran. yang paling tepat sesuai dengan karakteristik
masing-masing KD
· Membimbing guru
menemukan media pembelajaran
i. Memotivasi
guru untuk memanfaatkan teknologi informasi dalam pembelajaran/ bimbingan tiap
bidang pengembangan atau mata pelajaran.
· Mengarahkan guru
memanfaatkan teknologi informasi komunikasi (TIK) dalam pembelajaran
· Menilai guru untuk
memanfaatkan TIK dalam pelaksanaan proses pembelajaran.
3. PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN
a.
Menguasai
berbagai pendekatan, jenis, dan metode penelitian dalam pendidikan
· Membandingkan
karakteristik berbagai pendekatan dalam penelitian
· Mengklasifikasi
berbagai jenis penelitian
b. Menentukan
masalah kepengawasan yang penting diteliti baik untuk keperluan tugas pengawasan
maupun untuk pengembangan karirnya sebagai pengawas
· Melatih kepala
sekolah dalam mengidentifikasi masalah penelitian pendidikan
· Merumuskan masalah
penelitian pendidikan
c. Menyusun
proposal penelitian pendidikan baik proposal penelitian kualitatif maupun
penelitian kuantitatif
· Mencerahkan tujuan
penelitian
· Menyusun landasan
teori
· Menentukan metodologi
penelitian
d. Melaksanakan
penelitian pendidikan untuk pemecahan masalah pendidikan, dan perumusan
kebijakan pendidikan yang bermanfaat bagi tugas pokok tanggung jawabnya
· Memilih dan
Mengembangkan instrumen penelitian
· Mengumpulkan data
e. Mengolah
dan menganalisis data hasil penelitian pendidikan baik data kualitatif maupun
data kuantitatif
· Mentabulasi data
hasil penelitian
· Menganalisis data
penelitian
· Menginterpretasikan
data hasil penelitian
f. Menulis
karya tulis ilmiah (KTI) dalam bidang pendidikan dan atau bidang kepengawasan
dan memanfaatkannya untuk perbaikan mutu pendidikan
· Menyusun penulisan
karya ilmiah (artikel) hasil penelitian
· Menyusun penulisan
karya ilmiah (artikel) non hasil penelitian
· Mempublikasikan karya
tulis ilmiah untuk perbaikan mutu pendidikan
g. Menyusun
pedoman/panduan dan atau buku/modul yang diperlukan untuk melaksanakan tugas
pengawasan di sekolah
· Menyusun buku pedoman
tugas kepengawasan
· Menyusun buku pedoman
kinerja kepengawasan
h. Memberikan
bimbingan kepada guru tentang penelitian tindakan kelas, baik perencanaan
maupun pelaksanaannya di sekolah menengah kejuruan
· Mencerahkan guru
dalam mengidentifikasi masalah PTK
· Menemukan topik/judul
PTK
i.
Memberikan
bimbingan kepada guru tentang penelitian tindakan kelas, baik perencanaan
maupun pelaksanaannya di sekolah menengah kejuruan
· Merumuskan masalah
penelitian PTK
· Mengarahkan
alternatif tindakan dalam PTK
· Mengarahkan guru
dalam penyusunan kerangka teori yang berhubungan dengan topik penelitian
· Mencerahkan guru
tentang tahapan siklus dalam PTK
4. EVALUASI PENDIDIKAN
a. Menyusun
kriteria dan indikator keberhasilan pendidikan dan pembelajaran/bimbingan tiap
mata pelajaran dalam rumpun mata pelajaran yang relevan
· Menentukan kriteria
ketuntasan minimal kompetensi dasar
· Menentukan indikator
keberhasilan pembelajaran
b. Membimbing
guru dalam menentukan aspek-aspek yang penting dinilai dalam
pembelajaran/bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran dalam
rumpun mata pelajaran yang relevan
· Membimbing guru dalam
membedakan aspek-aspek penting yang dinilai sesuai dengan karakteristik peserta
didik
· Membimbing guru dalam
mengkategorikan aspek-aspek penilaian yang sesuai dengan tuntutan pencapaian
kompetensi dasar
· Melatih guru dalam
menentukan aspek-aspek penting yang dinilai dalam pembelajaran sesuai dengan
karakteristik mata pelajaran/ bidang pengembangan
c. Menilai
kinerja kepala sekolah, kinerja guru dan staf sekolah lainnya dalam
melaksanakan tugas pokok dan tanggung jawabnya untuk meningkatkan mutu
pendidikan dan pembelajaran
· Menentukan
aspek-aspek penilaian kinerja kepala sekolah, guru, dan staf sekolah
· Memilih perangkat
penilaian yang tepat digunakan untuk menilai kinerja kepala sekolah, guru, dan
staf sekolah
· Menilai kinerja
kepala sekolah, guru, dan staf sekolah dalam melaksanakan tugas pokok dan
tanggung jawabnya
d. Memantau
pelaksanaan pembelajaran/ bimbingan dan hasil belajar siswa serta
menganalisisnya untuk perbaikan mutu pembelajaran/bimbingan tiap bidang
pengembangan atau mata pelajaran
· Menentukan
aspek-aspek pemantauan kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran
· Menyimpulkan hasil
pemantauan kinerja guru dalam pembelajaran
· Menilai tingkat
kesesuaian antara perencanaan dengan pelaksanaan pembelajaran
e. Membina
guru dalam memanfaatkan hasil penilaian untuk kepentingan pendidikan dan
pembelajaran/bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran dalam
rumpun mata pelajaran yang relevan
· Melatih guru dalam
menganalisis hasil penilaian
· Mengarahkan guru
dalam memanfaatkan hasil analisis untuk menyusun program tindaklanjut
f.
Mengolah
dan menganalisis data hasil penilaian kinerja kepala sekolah, kinerja guru dan
staf sekolah
· Menyeleksi data hasil
penilaian kinerja kepala sekolah, guru, dan staf sekolah
· Menganalisis data
hasil penilaian kinerja kepala sekolah, guru, dan staf sekolah
· Menyusun program
tindak lanjut dalam rangka perbaikan kinerja yang bersangkutan
Download
Kisi-kisi Uji Kompetensi Pengawas
Sekolah/Madrasah tahun 2015, silahkan klik pada links sumber artikel
berikut di links berikut
0 comments:
Post a Comment