Tuesday, March 24, 2015

Soal Uji Kompetensi Guru SD PPGJ TA 2014/2015

Posted by Blogger Name. Category: , ,

1.  Dalam Pembelajaran IPS diperlukan sejumlah ketrampilan dalam rangka menyusun generalisasi kemampuan untuk melakukan hubungan antar manusia, misalnya bekerja sama dalam satu tim, berinteraksi dan berkomunikasi baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam lingkup tertentu, adalah contoh dari ketrampilan ...
1.
2.
3.
4.
2.  Surat dari Ibu Jika bayang telah pudar Dan Elang laut pulang ke sarang Angin bertiup ke benua Tiang-tiang akan kering sendiri Dan nahkoda sudah tau pedoman Boleh engkau datang padaku Makna lambang dari nahkoda suah tahun pedoman adalah ...
1.
2.
3.
4.
3.  Tahap operasional / operasi konkrit adalah teori Pembelajaran yang dikemukakan Peaget pda tahap usia ...
1.
2.
3.
4.
4.  Asesmen formatif dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut ...
1.
2.
3.
4.
5.  Luas bangun di bawah ini adalah ...
1.
2.
3.
4.
6.  Keliling belah ketupat ABCD adalah 80 cm. Panjang diagonal AC = 24 cm, luas belah tersebut adalah ...
1.
2.
3.
4.
7.  Hasil dari 5 x ( -4 + 5 )
1.
2.
3.
4.
8.  Karakteristik perencanaan pengajaran yang baik hendaknya mengandung prinsip sebagai berikut ...
1.
2.
3.
4.
9.  Rizky mengendarai mobil dengan kecepatan rata-rata 35 km/jam. Ia berangkat dari kota Jakarta menuju kota Bandung pukul 04.00. Jik ia tiba di kota Bandung pukul 07.00. Berapa km-kah jarak yangtelah ditempuh Rizky ?
1.
2.
3.
4.
10.  Balon-balon yang berisi udara penuh jika dibiarkan panas matahari lama kelamaan akan meletus. Hal tersebut adalah contoh perubahan sifat benda dikarenakan ...
1.
2.
3.
4.
11.  Objek belajar matematika dibagi kedalam objec langsung dan objek tak langsung. Hal tersebut adalah teori belajar matematika menurut ...
1.
2.
3.
4.
12.  Bila terdapat 2 garis misal K, dan L dengan kemiringan yang berbeda, maka bila kedua garis tersebut terus diperpanjang akan menghasilkan garis yang ...
1.
2.
3.
4.
13.  Sebuah kendaraan melaju dari Bogor ke Jakarta dengan kecepatan 60 km/jam. Jika jalan Bogor Jakarta 180 km, berapa jam waktu yang dibutuhkan kendaraan tersebut untuk sampai ke Jakarta ?
1.
2.
3.
4.
14.  1/3 x n = 9, nilai n adalah ...
1.
2.
3.
4.
15.  Suatu pembelajaran menulis permulaan yang didasarkan atas pendekatan cerita yakni cara memulai mengajar menulis dengan menampil cerita yang diambil dari dialog siswa dan guru atau siswa dengan siswa disebut dengan metode ...
1.
2.
3.
4.
16.  Berikut ini adalah fungsi Assesmen dalamm Pembelajaran IPA Sekolah Dasar, kecuali ...
1.
2.
3.
4.
17.  Matahari sebelumnya telah ada sebagai salah satu dari bintang-bintang yang banyak di langit.Suatu etika bintang berpapasan dengan Matahari dalam jarak yang dekat. Karena jarak yang dekat, tarikan gravitasi bintang yang lewat sebagian bahan dari Matahari (mirip lidah raksasa) tertarik ke arah bintang tersebut. Fenomena di atas termasuk ke dalam teori ...
1.
2.
3.
4.
18.  1 - 1/5 - 1/4 = . . . + 1/4
1.
2.
3.
4.
19.  Berdasarkan letak planet terhadap bumi, planet dikelompokkan menjadi planet dalamdan planet luar. Berikut adalah planet yang ada di bagian dalam, kecuali ...
1.
2.
3.
4.
20.  Pendekatan untuk mendapat tanggapan emosional pembaca ataupun kesan pembaca adalah contoh Pendekatan Deskripsi jenis ..
1.
2.
3.
4.
21.  Berikut data niai raport salah seorang siswa : 8, 6, 7, 8, 9, 7, 8 , 9 , 6, 8. Rata-rata nilai raport siwa tersebut adalah ...
1.
2.
3.
4.
22.  Reaksi yang berlangsung di dalam stroma yang membentuk gula dan bahan dasar  CO2 yang diperoleh dari udara dan energi pada fotosintesis disebut dengan ...
1.
2.
3.
4.
23.  Dalam Pembelajaran IPS diperlukan sejumalh ketrampilan dalam rangka menyusun generalisasi, ketika siswa membuat tabel, diagram, gambar, peta, denah, melakukan wawancara, observasi, membuat model, mencatat hal-hal penting, membuat resensi, membuat laporan, dan melaporkannya adalah contoh dari ketrampilan ...
1.
2.
3.
4.
24.  Percobaan di atas menunjukkan salah satu sifat cahaya, yaitu ...
1.
2.
3.
4.
25.  Asesmen diagnostik dapat dilakukn dengan cara sebagai berikut ...
1.
2.
3.
4.
26.  Kebun botani (raya), arboretum, kebun binatang dan aquarium adalah metode konservasi dengan cara ...
1.
2.
3.
4.
27.  Menulis kartu huruf, kartu suku kata, kartu kata dan kartu kalimat sementara sebagian siswa mencari huruf, sukukata dan kata, guru dan sebagian siswa menempel kaa-kata yang tersusun sehingga menjadi kalimat yang berarti contoh metode ...
1.
2.
3.
4.
28.  6 : n = 1/4, nilai n adalah ...
1.
2.
3.
4.
29.  Tahap pembelajaran Matematika menurut Van Hallie adalah sebagai berikut, kecuali ...
1.
2.
3.
4.
30.  Permabatan panas tanpa diikuti pelanara apapun disebut dengan ...
1.
2.
3.
4.
31.  Pemain bola menendang bola, sai menarik pedati, dan sebagainya. Adalah contoh dari gaya ...
1.
2.
3.
4.
32.  Jumlah seluruh siswa kelas IV, V, dan VI adalah ...
1.
2.
3.
4.
33.  Metode yang merupakan penyempurnaan metode alphabet dengan mengajarkan bunyi-bunyi bahsa sebagai pengganti huruf-huruf berdasarkan ucapan hurufnya adalah metode membaca permulaan ...
1.
2.
3.
4.
34.  Kelenjar yang berfungsi menghasilkan enzim pencernaan yang dialirkan menuju dodenum, yaitu enzim amilase, enzim tripsinogen, enzim lipase dan NaHCO3 adalah kelenjar ...
1.
2.
3.
4.
35.  1) Mengenalkan kata 2) Merangkaikan kata antar suku kata 3) Menguraikan suku kata atas huruf-hurufnya 4) Menggabungkan huruf menjadi kata (Djauzak, 1996:5) Tahapan di atas adalah Tehnik Menulis Permulaan dengan metode ...
1.
2.
3.
4.
36.  Suatu peristiwa bisa disebut fakta ditandai dengan cara-cara sebagai berikut, kecuali ...
1.
2.
3.
4.
37.  1. Menentukan tema atau amanat apa yang akan disampaikan. 2. Menetapkan sasaran pembaca. 3. Merancang peristiwa utama yang akan ditampilakn dalam bentuk skema perkembangan, dan akhir cerita. 4. Memerinci peristiwa-peristiwa utama ke dalm detail-detail peristiwa sebagai pendukung cerita. 5. Menyusun tokoh dan perwatakan, serta latar dan sudut pandang. Karakkteristik di atas adalah pengembangan dari paragraf ...
1.
2.
3.
4.
38.  Uang digunakan untuk keperluan membayar barang dan jasa yang menjamin kebutuh hidup sehari-hari. Kebutuhan akan uang tersebut merupakan aerti uang untuk ...
1.
2.
3.
4.
39.  Saat acara api unggun pada kegiatan Pramuka di sekolah, kita dapat merasakan bahangat di sekitar nyala api unggun. Hal ini merupakan contoh perpindahan kalor yang disebut ...
1.
2.
3.
4.
40.  Diketahui keliling persegi = 32 cm Luas persegi tersebut adalah ...
1.
2.
3.
4.
41.  Anak dapat menampilkan sfiat ingin tahu adalah karakteristik perkembangan anak usia SD ditinjau dari segi ...
1.
2.
3.
4.
42.  Jika cahaya menganai benda yang gelap (tidak bening) misalnya pohon, tangan, mobil, maka akan membantuk bayangan. Percobaan di atas menunjukkan salah satu sifat cahaya yaitu ...
1.
2.
3.
4.
43.  Hutan  Lindung adalah metode konservasi dengan cara ...
1.
2.
3.
4.
44.  Untuk operasi bilagnan bulat negatif, kita bisa menggunakan media ...
1.
2.
3.
4.
45.  Jarak kota Singaraja ke kota Denpasar pada sebuah peta adalah 9 cm. Jika skala yang dipergunakan peta tersebut adalah 1 : 50.000. Berapakah jarak kota Denpasar sesungguhnya ?
1.
2.
3.
4.
46.  Ibu membeli  dua buah pensil dan dua buah buku, seharga 12.000 Ayah membeli satu buku dan empat pensil seharga 15.000 Berapakah harga satu buah pensil ?
1.
2.
3.
4.
47.  REPUBLIKA CO.ID, Jakarta Lima siswa Indonesia yang dikirim ke ajang Olimpiade Fisika atau International Physics Olympiad (IPHO) ke-41 di Zagreb, Kroasia, 17-25 Juli, berhasil menyabet medali emas dan satu perak. Pelajar yang menyumbang emas adalah Muhamad Sobibul Marami (SMAN 1 Pamekasan, Madura), Christian Goerge Emor (SMA Lakon ST. Nikolaus Tomahan), Sulawesi Utara), David Giovasi (SMAK Penabur Gading Serpong, Banten), dan Kevin Soedyatmiko (SMAN 12, Jakarta). Sedangkan medali perak berhasil diraih oleh Ahmad Ataika Awwlur Rizqi (SMAN 1, Yogyakarta). Prestasi ini jauh lebih baik dibandingkan jajang Olimpiade Fisika ke -40 di  Merida Yucatan, Meksiko, 2009 yanglalu. Saat iut, delegasi siswa Indonesia meerebut satu medali emas, dua medali perak, dan satu perunggu. Hasil empat medali emas dan satu ini, hampir menaymai prestasi terbaik sebelumnya pda ajang Olimpiade Fisika ke-37di Singapura saat itu siwa Indonesia tidak hanya berhasil menyabet 4 medali emas, namun juga meraih predikat "ABSOLUTE WINNER" atas anama Mailoa Jonathan Pradana (SMAK 1 BPK Penabur Jakarta). Tapi yang terpenting lagi, pelajar Indonesia berhasil mempertahankan tradisi emas di setiap ajang Olilmpiade Fisika. Red : Endro Yuwanto Lima siswa Indonesia berhasil mendapatkan ...
1.
2.
3.
4.
48.  Berikut adalah hasl yang harus diperhatikan dalam operasi hitung bilangan campuran, kecuali ...
1.
2.
3.
4.
49.  Faktor kendala yang mempengaruhi keterampilan berbahasa anak adalah sebagai berikut, kecuali ...
1.
2.
3.
4.
50.  Siswa melakukan penyelidikan dan pengamatan melalui observasi untuk menemukan jawaban-jawaban dari rasa ingin tahu yang dimiliki oleh siswa. Dalam kegiatan ini guru menyiapkan lembar pengamatan bagi siswa agar siswa mencatat semua proses pengamatannya sehingga mendapatkan kesimpulan akhir berkenaan dengan pembelajaran IPA. Model pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan tahap di atas disebut dengan metode...
1.
2.
3.
4.
51.  Suatu ide yang menggambarkan hubungan antara dua atau lebih fakta seperti konsep "kebutuhan manusia" yang berkaitan dengan berbagai hal, misalnya pakaian, makanan, keselamatan, pendidikan, cinta dan harga diri, disebut dengan ...
1.
2.
3.
4.
52.  Rangka tubuh manusia memiliki fungsi utama sebagai berikut, kecuali ...
1.
2.
3.
4.
53.  Untuk mengukur kuat atus listrik kita menggunakan ...
1.
2.
3.
4.
54.  Pada kompetensi pembelajaran "Gerhana Bulan dan Matahari". Metode pembelajaran IPA yang paling tepat digunakan adalah...
1.
2.
3.
4.
55.  Diketahui pola bilangan sebagai berikut : 1, 3, 7, 15, . . . Angkat berikutnya yang tepat mengisi titik-titik di atas adalah ...
1.
2.
3.
4.
56.  Konservasi suatu species di luar habitas aslinya disebut dengan konservasi ..
1.
2.
3.
4.
57.  - Mengkaji GBPP IPA untuk menganalisis konsep-konsep penting yang akan diajar - Membuat bagan konsep yang menghubungkn konsep satu dengan konsep lainnya - Memilih tema sentral yang dapat menjadi payung untuk memadukan konsep-konsep tersebut - Memuat TPK dan deskripsi kegiatan pembelajaran yang disesuaikan dengan tingkat perkembangan untuk setiap konsep - Menyusun bahan bacaan cerita yang mengacu pada tema, disertai gambar dan permainan - Menyusun jadwal kegiatan dan alokasi yang diperlukan secara proposional - Menyusun kisi-kisi perangkat dan soal tes Karakteristik model pembelajaran di atas seusai dengan metode pembelajaran :
1.
2.
3.
4.
58.  Garis tengah lingkaran sebuah tabung 14 cm dan tingginya 10 cm. Volumenya adalah ...
1.
2.
3.
4.
59.  Luas bangun di bawah ini adalah ...
1.
2.
3.
4.
60.  Indonesia bergabung dengan AFTA pada KTT ASEAN ke-4 di Singapura. Peran Indonesia dalam AFTA adalah ...
1.
2.
3.
4.
61.  Pada Kompetensi Pembelajaran "gerak benda", Metode pembelajaran IPA yang paling tepat digunakan adalah ...
1.
2.
3.
4.
62.  Jika kita berada di dalam ruangan berkaca berwarna bening dan kita memandang ke halaman kita dapat milihat anak-anak yang sedang bermain di halaman. Percobaan di atas menunjukkan salah satu sifat cahaya yaitu ...
1.
2.
3.
4.
63.  Pengangguran, Keadialn, Hukum, Kemiskinan adalah contoh ...
1.
2.
3.
4.
64.  Berikut adalah keunggulan metode Ceramah, kecuali ...
1.
2.
3.
4.
65.  Volume prisma segitiga pada gambar di bawah adalah ...
1.
2.
3.
4.
66.  Langkah menyusun paragraf deskripsi yang benar adalah . . . (1) Tentukan objek atau tema yang akan dideskripsikan (2) Mengumpulkan data dengan mengamati objek yang akan dideskripsikan (3) Menyusun data tersebut ke dalam urutan yang baik (menyusun kerangka karangan) (4) Menguraikan kerangka karangan menjadi deskripsi  yang sesuai dengan teman yang ditentukan (5) Tentukan tujuan
1.
2.
3.
4.
67.  Kita memperhatikan jumlah hari pada setiap bulan pada tahun Masehi kemudian menyimpulkan bahwa : Semua bulan Masehi mempunyai tidak lebih dari 31 hari. Berdasarkan penarikan kesimpulan tersebut, dapat dikategorikan ke dalam jenis generalisasi ...
1.
2.
3.
4.
68.  Untuk operasi bilangan bulat perkalian, media yang paling tepat digunakan adalah ...
1.
2.
3.
4.
69.  Memiliki kemampuan dalam melakukan koordinasi dan keseimbangan badan. Misalnya ketika berjalan atau berlari dengan berbagai pola adalah karakeristik perkembangan bahasa anak usia SD ditinjau dari segi ...
1.
2.
3.
4.
70.  Untuk operasi bilangan pecahan, kita bisa menggunakan meida berikut, kecuali ...
1.
2.
3.
4.
71.  Atap suatu rumah berbentuk limas. Alasannya berbentuk persegi panjang dengan panjang 20 m dan lebar 10 m. Jika tinggi limas 2 m, berapa meter kubik udara yang ada dalam ruangan atap tersebut ?
1.
2.
3.
4.
72.  Untuk mengukur tegangan listrik kita menggunakan ...
1.
2.
3.
4.
73.  Ciri karangan Narasi yang benar adalah ...
1.
2.
3.
4.
74.  Tehnik menulis cerita terdiri atas hal-hal sebagai berikut, kecuali ...
1.
2.
3.
4.
75.  Tahap mengumpulkan informasi tentang keadaan objek evaluasi (siswa) dengan menggunakan tehknis tes atau non tes disebut tahapan ...
1.
2.
3.
4.
76.  Kebudayaan, Peradaban, Kepercayaan, Folklore, adalah contoh konsep yang dipelajari dalam ilmu ...
1.
2.
3.
4.
77.  Perbandingan banyaknya buah jeruk Dedi denganDino adalah 3 : 5. Jika jumlah buah jeruk Dino 45 buah, jumlah buah jeruk keduanya adalah ...
1.
2.
3.
4.
78.  Sel yang hidup memiliki dinding primer dengan lubang kecil disebut ...
1.
2.
3.
4.
79.  Laut terdalam di Indonesia adalah ...
1.
2.
3.
4.
80.  Membaca sesuatu atas kehendak sendiri tanpa adanya unsur paksaan dari luar. Unsur dari luar misalnya guru, orang tua, teman, atau pihak-pihak lain, termasuk jenis membaca ...
1.
2.
3.
4.
81.  Peristiwa terbentuk Pelangi menunjukkan salah satu sifat cahaya yaitu ...
1.
2.
3.
4.
82.  1. Jadikan terlebih dahulu pecahan tersebut dalam jenis yang sama (pecahan biasa atau pecahan decimal) 2. Diurutkan baik dari mulai terkecil ke terbesar atau sebaliknay 3. Diubah menjadi pecahan biasa, penyebut semua pecahan itu harus disamakan dulu. Urutan yang tepat dalam operasi pecahan beda penyebuat adalah ...
1.
2.
3.
4.
83.  Perhatikan contoh berikut ! Guru menjelaskan persegi panjang diserta juga kemungkinan jajaran genjang dan segi empat lainnya selain persegi panjang. Dengan demmikian siswa daat membedakan apakah segi empat yang diberikan padanya termsuk persegi panjang atau tidak. Contoh tersebut dikemukakan Bruner dalam Teorema Pembelajaran Matematika.
1.
2.
3.
4.
84.  Untuk menghitung dan keliling bangun datar, media yang paling tepat digunakan adalah ...
1.
2.
3.
4.
85.  Pada kompetensi pembelajaran " SIFAT BENDA " . Metode pembelajaran IPA yang paling tepat digunakan adalah ...
1.
2.
3.
4.
86.  Umur ayah 35 tahun, sedangkan umur kakek 63 tahun. Perbandingan umur ayah dengan kakek adalah ...
1.
2.
3.
4.
87.  Tahapan proses belajar membaca bagi siswa sekolah dasar kelas awal biasanya menggunakan metode membaca ...
1.
2.
3.
4.
88.  Membaca jenis ini biasanya dilaku9kan seseorang membaca demi kesenangan, membaca bacan ringan yang mendatangkan kesenangan, kegembiraan sebagai pengisi waktu senggang. Berdasarkan karakteristik di atas, kegiatan tersebut ke dalam membaca jenis ...
1.
2.
3.
4.
89.  Perhatikan contoh berikut : penjumlahan bilangan positif dan negatif siswa mencoba sendiri dengan menggunakan garis bialngan. Contoh tersebut dikemukakan Bruner dalam Teorema Pembelajaran Matematika.
1.
2.
3.
4.
90.  Luas persegi = 4x cm2 Sisi persegi = 8 cm Nilai x yang tepat adalah ...
1.
2.
3.
4.
91.  Berikut ini adalah contoh perubahan energi, dari energi cahaya menjadi energi kimia yaitu pada ...
1.
2.
3.
4.
92.  Volume bangun di bawah ini adalah ...
1.
2.
3.
4.
93.  Luas lingkaran dengan jari-jari 7 cm adalah ...
1.
2.
3.
4.
94.  Kulit buah yang semua berwarna kuning akan berubah menjadi cokelat kehitaman. Apabila dipegang daging buahnya terasa lunak. Hal tersebut adalah contoh perubahan sifat benda dikarenakan ...
1.
2.
3.
4.
95.  Seorang siswa menghapus papan tulis, ketika kita mengerem sepeda, ayah mengasah pisau. Adalah contoh dari gaya ...
1.
2.
3.
4.
96.  Tata surya terbentuk oleh efek pasang gas-gas Matahari akibat gaya gravitasi  bintang besar yang melintasi Matahar. Gas-gas tersebut terlepas dan kemudian mengelilingki Matahari. Gas-gas panas tersebut kemudian berubahmenajdi di bola-bola cair dan secara perlahan mendingin secara membentuk lapisan keras menjadi planet dan satelit.  Fenomena di atas termasuk ke dalam teori ...
1.
2.
3.
4.
97.  Dalam Pembelajaran IPS diperluakn sejumlah ketrampilan dalam rangka menyusun generaliasi, ketika siswa menggunakan konsep dan membuat generalisasi adalah contoh dan ketrampilan ...
1.
2.
3.
4.
98.  Produsen memproduksi dan menjual barang dan jasanya sehingga memperoleh keuntungan dalam bentuk uang pada investasi kapitalnya. Kebutuhan akan uang tersebut merupakan arti penting uang untuk ...
1.
2.
3.
4.
99.  Berikut adalah cara penghematan listrik yang baik, kecuali ...
1.
2.
3.
4.
100.  Membaca adalah kegiatan menulis lanjutan di kelas tinggi, kecuali ...
1.
2.
3.
4.

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Wong Ndelok

Blog Archive