Wednesday, May 13, 2015

Soal OSN Matematika Tingkat 4 SD 2015

Posted by Blogger Name. Category: , , ,

Nomor 1
Aloysius dan Benyamin bersama-sama mempunyai $150. Ibu Aloysius memberikan $40 lagi kepadanya dan Benyamin membelanjakan uangnya $10 untuk sebuah buku. Pada akhirnya, uang Benyamin $10 lebih banyak daripada uang Aloysius. Berapakah uang masing-masing pada awalnya?

Nomor 2
Seekor anjing pemburu mengintai mangsanya pada jarak 50 m. Ia berlari mendekati mangsanya dengan kecepatan 12 m/detik, sedangkan si mangsa hanya dapat berlari dengan kecepatan 7/detik. Berapa waktu yang diperlukan si anjing pemburu untuk bisa menangkap mangsanya?

Nomor 3
Pada sebuah rak terdapat 120 buku. Rak bagian atas menampung 11 buku lebih banyak daripada rak bagian tengah. Rak bagian bawah menamping 5 buku lebih sedikit daripada rak bagian tengah. Berapa banyak buku pada setiap rak?

Nomor 4
Panjang sisi sebuah gedung berbentuk persegi adalah 10 m. Seekor kucing pada titik A mulai mengejar seekor tikus yang berada di titik B dan kemudian mereka berlari mengelilingi gedung tersebut. Si kucing berlari dengan kecepatan 2m/detik dan si tikus berlari dengan kecepatan 1 m/detik. Berapa lama waktu yang diperlukan si kucing untuk bisa mengejar si tikus?

Nomor 5
Jika seorang siswa dipindahkan dari kelas 3A ke kelas 3B, maka kedua kelas itu memiliki murid yang sama banyaknya. Jika seorang siswa dipindahkan dari kelas 3B ke kelas 3C, kelas 3C akan memiliki dua siswa lebih banyak daripada kelas 3B. Antara kelas 3A dan kelas 3C, manakah yang memiliki siswa lebih banyak?

Nomor 6
Seekor ikan berenang dengan kecepatan 1m/detik untuk menghindari burung kingfisher (burung pekakak). Jarak antara ikan dan burung adalah 4 meter ketika burung tersebut bisa menangkap si ikan dalam waktu 2 detik. Berapakah kecepatan burung kingfisher ketika ia menukik untuk menangkap ikan?

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Wong Ndelok

BBM Contact