Thursday, May 28, 2015

Mau Beasiswa S2 untuk Guru SD Tahun 2015, Baca Syarat Lengkap dan Panduannya

Posted by Blogger Name. Category: , , ,

Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P2TK) Pendidikan Dasar (Dikdas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tahun 2015. Beasiswa / program bantuan peningkatan kualifikasi S-2 bagi guru SD ini merupakan beasiswa dalam negeri yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi yang telah ditunjuk.
Adapun bantuan / beasiswa S2 bagi guru SD berupa biaya pendidikan, biaya hidup, biaya pengadaan buku, biaya penelitian dan biaya penyelenggaraan program. Rekrutmen dan seleksi calon peserta program beasiswa S2 jenjang guru SD tahun 2015 akan melibatkan Direktorat P2TK Dikdas Ditjen Dikdas Kemendikbud, dinas  pendidikan  provinsi/kabupaten/kota  dan  perguruan tinggi yang diberi mandat. 

Syarat Mengikuti Seleksi Beasiswa S2 bagi Guru SD Tahun 2015

  1. Semua Guru, Kepala Sekolah atau pengawas berstatus PNS atau guru tetap Yayasan yang terdaftar aktif di Sekolah Dasar (SD)
  2. Berusia maksimal 37 tahun pada tanggal 1 September 2015, khusus mereka yang mengajar di daerah terluar, maksimal berusia 42 tahun dengan syarat tambahan.
  3. Lulusan jenjang sarjana (S-1) dari program studi yang relevan dan terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan IPK minimal 2,75 (dalam skala nilai 0-4) yang dibuktikan dengan fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang dilegalisasi oleh pejabat berwenang
  4. Memiliki pengalaman mengajar minimal 2 (dua) tahun yang dibuktikan dengan fotokopi SK pengangkatan pertama yang dilegalisasi oleh pejabat berwenang
  5. Memperoleh   izin   dari  pejabat   yang   berwenang   untuk  mengikuti   program pemberian bantuan peningkatan kualifikasi S2, dibuktikan dengan Surat Tugas Belajar dari pejabat berwenang
  6. Sanggup dan bersedia mengikuti studi di PTP yang ditunjuk oleh Direktorat P2TK Dikdas Ditjen Dikdas Kemendikbud (UPI, UNY, UNESA, UM) dengan menandatangani surat pernyataan bermaterai

Prosedur Seleksi Calon Peserta Beasiswa S-2 Bagi Guru SD

Seleksi calon peserta penerima bantuan peningkatan kualifikasi S-2 PTK Dikdas tahun 2015 dilakukan melalui tiga tahap;
  1. Pendaftaran calon peserta
  2. Seleksi administratif
  3. Seleksi akademik
Adapun prosedur rekrutmen dan pendaftaran calon peserta beasiswa S2 dilakukan melalui;
  1. Direktorat P2TK Dikdas Ditjen Dikdas Kemendikbud bersama perguruan tinggi penyelenggara menginformasikan tentang tawaran  program  bantuan  peningkatan  kualifikasi  S-2  PTK  Dikdas tahun 2015 kepada  Dinas  Pendidikan  Provinsi  serta  Dinas  Pendidikan  dan  Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten/Kota.
  2. Dinas   pendidikan   kabupaten/kota   mengumumkan   tawaran   bantuan peningkatan kualifikasi S-2 P2TK  Dikdas tahun 2015 kepada guru SD di daerah setempat.
  3. Guru SD yang berminat mengirimkan berkas pendaftaran ke Direktorat P2TK Dikdas dengan melampirkan surat rekomendasi dari Dinas pendidikan kabupaten/kota setempat.

Jadwal Pendaftaran Seleksi Beasiswa S2 Guru SD 


Berkas Pendaftaran Calon Peserta Beasiswa S2 guru SD dikirim paling lambat 15 Juli 2015. Kemudian Ditjen Dikdas Kemendikbud melakukan seleksi administratif terhadap berkas pendaftaran  calon peserta dari setiap provinsi / kabupaten / kota pada Juni sampai dengan minggu ketiga Juli 2015. Calon peserta yang lulus seleksi administratif akan di undang pada minggu pertama bulan Agustus 2015 untuk mengikuti seleksi akademik.

Adapun berkas persyaratan calon peserta seleksi beasiswa S2 bagi guru SD dikirim ke:
Subdit PTK SD Dit. P2TK Dikdas
Kompleks Kemendikbud Ged. C Lantai 18
Jalan Jenderal Sudirman Senayan Jakarta
Telp./Faks (021) 57853741, 57851921

Bagi yang memerlukan Pedoman Program Pemberian bantuan Peningkatan Kualifikasi S-2 bagi Guru SD Tahun 2015 dapat download DISINI

Salam 10 Data!!!

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Wong Ndelok

Blog Archive